Wuling Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir 2022?

Automotive | Selasa, 28 September 2021 16:34

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Produsen otomotif ini siap meluncurkan beberapa model mobil listrik berplatform GSEV.

Dream – SAIC-GM-Wuling telah meluncurkan mobil listriknya, MINI Hongguan. Nantinya, produsen otomotif itu akan meluncurkan beberapa model kendaraan listriknya untuk pasar internasional tahun depan. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan di World New Energy Vehicle Congress.

Dikutip dari China Daily, Selasa 28 September 2021, Wuling Hongguan MINI EV ini adalah model mobil listrik terlaris di China. Model ini mengalahkan Tesla Model 3 sebagai kendaraan listrik terpopuler di dunia dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak diluncurkan pada 2020, lebih dari 370 ribu Hongguan MINI EV sudah dikapalkan. Eksekutif perusahaan, Shao Jie, mengatakan diler mobil di lebih dari 70 negara dan wilayah berminat terhadap model yang berbasis platform GSEV.

“ Mulai 2022, kami akan meluncurkan beberapa model yang akan diluncurkan bersamaan untuk pasar Tiongkok dan luar negeri,” kata Shao dalam wawancara bersama China Daily.

Shao tidak menyebutkan nama negara yang akan menjadi tempat debut model-model listrik itu. Tapi, dia menyebutkan bahwa produksi model-model mobil listrik berplatform GSEV akan dilakukan di Indonesa pada akhir 2022.

Wuling Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir 2022?
Seorang Wanita Sedang Mengunci Kendaraan Listrik Yang Sedang Diisi Ulang. (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Juga Jadi Pasar Mobil Terbesar di Asia Tenggara

Anak usaha SAIC-GM-Wuling di Indonesia juga membantu merancang standar dan kebijakan industri NEV (new energy vehicle) lokal.

Sekadar informasi, negara ini sedang mempercepat peralihan ke kendaraan listrik. Indonesia juga menjadi pasar kendaraan terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan negara ini memproduksi kendaraan listrik pada 2022 dan 20 persen di antara total kendaraan yang diproduksi adalah bertenaga listrik pada 2025.

“ Kami akan berpartisipasi aktif dalam penyusunan kebijakan NEV dari standar industri yang relevan. Kami akan berbagi pengalaman di segmen ini dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong pengembangan lokal segmen tersebut,” kata produsen otomotif dalam sebuah pernyataan awal tahun ini.

3 dari 5 halaman

Siap Tantang Hiace, MPV Terluas yang Pernah Dibikin Wuling Resmi Mengaspal

Dream – Setelah beberapa bulan membocorokan mobil 9-seater, SAIC-GM-Wuling resmi merilis All New Wuling Zhengcheng di Tiongkok. Mobil ini bisa memiliki penampakan bongsor dan bisa digunakan untuk kendaraan pribadi atau penggunaan komersial.

Dikutip dari GM Authority, Jumat 3 September 2021, Zhengcheng ini berukuran panjang 202,8 inci, lebar 72,4 inci, dan tinggi 74,6 inci. Jarak antar rodanya 125,2 inci. Ukuran ini membuat MPV itu menjadi kendaraan terluas yang pernah dibuat Wuling.

 

 Siap Tantang Hiace, MPV Terluas yang Pernah Dibikin Wuling Resmi Mengaspal© Dream

 

Untuk interiornya, Zhengcheng punya sembilan kursi dengan pola 2+2+2+3. Kursi belakang Zhengcheng bisa diputar dan dilipat sesuai kebutuhan.

Pintu geser di kedua sisi ini mempermudah penumpang untuk keluar masuk. Model pintu ini juga bisa mempermudah bongkar muat benda.

Nantinya, mobil ini akan berhadapan dengan Toyota Hiace yang sama-sama punya sembilan kursi.

4 dari 5 halaman

Dibekali Mesin 1,5 Liter

Wuling Zhengcheng memiliki mesin turbocharged 1,5 liter. Mesin tersebut bisa mengeluarkan kekuatan 145 hp. Dengan transmisi 6 percepatan manual, Zhengcheng bisa menempuh jarak 100 km dengan 7,3 liter.

 

 Dibekali mesin 1,5 liter.© GM Authority

Mobil itu tersedia dalam empat warna eksterior dan two tone interior. Standarnya, Zhengcheng punya 2 kursi komersial dan 7 kursi station wagon. Tapi bisa diubah menjadi 8-9 kursi yang dikonfigurasi. Perubahan ini makan biaya 1000-2000 yuan (Rp2,21 juta-Rp4,41 juta).

5 dari 5 halaman

Harga Wuling Zhengcheng

 Pintu geser Wuling Zhengcheng© GM Authority

1. Wuling Zhengcheng Commercial: 75.800 yuan (Rp167,34 juta)

2. Wuling Zhengcheng Comfort: 75.800 yuan (Rp167,34 juta)

3. Wuling Zhengcheng Luxury: 83.800 yuan (Rp184,97 juta)

4. Wuling Zhengcheng Luxury Plus: 90.800 yuan (Rp200,44 juta)

Join Dream.co.id