Harga Rp150 Jutaan, Intip Spesifikasi LMVP Wuling Formo S

Automotive | Sabtu, 23 Oktober 2021 07:01

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pembeli Wuling Formo S juga bisa langsung mendapatkan potongan harga karena fasilitas PPnBM 0 persen yang masih diberlakukan pemerintah.

Dream – Wuling Motor (Wuling) kembali menghadirkan lini MPV terbarunya, Formo S, ditujukan untuk keluarga Indonesia yang memiliki anggota keluarga banyak atau memenuhi kebutuhan berniaga. Mobil anyar ini bisa dibeli dengan harga lebih murah karena periode PPnBM nol persen yang berlaku sampai akhir 2021. 

Mengusung tagline ‘Andalan Keluarga dan Usaha’, Wuling Formo S menyediakan kabin yang luas tanpa melupakan fitur kenyamanan, keamanan, serta performa yang dapat diandalkan.

“ Kami berharap kendaraan ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari kendaraan pertamanya serta menjadi ‘Andalan Keluarga dan Usaha’ untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” kata Brand and Marketing Director Wuling Motors, Michael Budihardja, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Wuling, Jumat 22 Oktober 2021.

Di bagian kabin, Formo S didesain dengan dua pilihan konfigurasi bangku penumpang yaitu 5-seater dan 8-seater hingga baris ketiga. Jika bagian belakang tak digunakan, pengguna bisa membawa muatan barang untuk mendukung logistik kegiatan usaha.

Harga Rp150 Jutaan, Intip Spesifikasi LMVP Wuling Formo S
Wuling Formo S Meluncur Di Indonesia. (Foto: Wuling)
2 dari 6 halaman

Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keamanan

Untuk menunjang kenyamanan, Wuling Formo S sudah diengkapi fitur seperti electric power steering, Multi Information Display (MID), Electric Power Window. Sementara di bagian hiburan, Head Unit mobil ini sudah dipasang koneksi radio dan konektivitas USB.

Di bagian keamanan, Wuling telah memasang sabuk pengaman hingga baris ketiga, serta child-lock safety door.

Untuk dapur pacu, Wuling Formo S menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.200 cc dengan kekuatan 77,5 HP dan torsi 110 Nm. Tenaga tersebut didistribusikan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan.

Wuling Formo S didukung oleh berbagai layanan purna jual mulai dari garansi umum kendaraan selama tiga tahun atau 100 ribu kilometer sampai dengan garansi komponen utama mesin dan transmisi selama lima tahun atau 100 ribu kilometer.

Produk terbaru ini diniagakan dalam lima pilihan warna, terdiri dari Aurora Silver, Carnelian Red, Pristine White, Dazzling Silver, dan Starry Black.

3 dari 6 halaman

Ini Rincian Harganya

Selama periode peluncuran ini, konsumen juga masih dapat menikmati program relaksasi PPnBM 100 persen untuk setiap pembelian unit Wuling Formo S.

A. Formo S 5-seater

Harga OTR Jakarta: Rp150,8 juta.

Subsidi OTR Wuling: Rp134,8 juta

B. Formo S 8-seater

Harga OTR Jakarta: Rp155,8 juta

Subsidi OTR Wuling: Rp139,8 juta

© Dream
4 dari 6 halaman

Mejeng di China, Mobil Listrik Wuling Dijual Lebih Murah dari Yamaha XMax

Dream – Mobil listrik nan mungil Wuling, Nano EV, akhirnya menampakkan dirinya di Tianjin Auto Show belum lama ini. Menggunakan perhitungan harga jual di China, mobil listrik Wuling yang memiliki bentuk mungil ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Dikutip dari Car News China, Kamis 30 September 2021, harga mobil Nano EV ini dikabarkan mencapai 20 ribu yuan atau sekitar Rp44,43 juta. Mobil mungil ini bisa menempuh jarak hingga 305 km.

Kabar baiknya, pengguna bisa mengisi dayanya dengan catu daya tiga colokan 220 V di rumah. Pengisian baterai mobil hingga full makan waktu 4,5 jam.

Nano EV berukuran panjang 2.497 mm, lebar 1.526 mm, dan tinggi 1.616 mm serta wheelbase 1.600 mm. Mobil ini tampil dengan dua pilihan warna, yaitu hijau dan pink-putih.

Rangka bodinya menggunakan baja berkekuatan tinggi. Proporsi baja berkekuatan ultra tinggi dan baja berkekuatan tinggi dari seluruh bodi mobil mencapai lebih dari 40 persen. Delapan bagian struktur baja bodi mobil memakai baja hot formed berkekuatan tinggi lebih dari 1.500 MPa.

Baterai kendaraan ini dilengkapi dengan teknologi pemanasan awal suhu rendah dan isolasi baterai. Baterainya bisa tahan debu dan air hingga IP67.

Dari segi konfigurasi, kendaraan itu dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti airbag, passenger child protection lock, dan ISOFIX child safety seat. Ada juga ESC body electronic stability system, ramp assist, dan rear reversing radar untuk menjamin keamanan penumpang dan pengemudi.

Jika membandingkan dengan harga sepeda motor berpatokan OTR di Jakarta, harga mobil listrik Wuling ini masih lebih murah dibandingkan skuter kelas premium Yamaha yaitu Xmax. Diintip dari situs resmi Yamaha, Skuter Xmax dibanderol seharga Rp62 juta. 

Tentu saja harga mobil listrik Wuling di China ini belum tentu bisa menjadi patokan. Harga mobil impor biasanya akan lebih mahal karena ada beberapa komponen pajak yang harus dibayar.

5 dari 6 halaman

Wuling Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir 2022?

Dream – SAIC-GM-Wuling telah meluncurkan mobil listriknya, MINI Hongguan. Nantinya, produsen otomotif itu akan meluncurkan beberapa model kendaraan listriknya untuk pasar internasional tahun depan. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan di World New Energy Vehicle Congress.

Dikutip dari China Daily, Selasa 28 September 2021, Wuling Hongguan MINI EV ini adalah model mobil listrik terlaris di China. Model ini mengalahkan Tesla Model 3 sebagai kendaraan listrik terpopuler di dunia dalam beberapa bulan terakhir.

 

 Wuling Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir 2022?© Dream

 

Sejak diluncurkan pada 2020, lebih dari 370 ribu Hongguan MINI EV sudah dikapalkan. Eksekutif perusahaan, Shao Jie, mengatakan diler mobil di lebih dari 70 negara dan wilayah berminat terhadap model yang berbasis platform GSEV.

“ Mulai 2022, kami akan meluncurkan beberapa model yang akan diluncurkan bersamaan untuk pasar Tiongkok dan luar negeri,” kata Shao dalam wawancara bersama China Daily.

Shao tidak menyebutkan nama negara yang akan menjadi tempat debut model-model listrik itu. Tapi, dia menyebutkan bahwa produksi model-model mobil listrik berplatform GSEV akan dilakukan di Indonesa pada akhir 2022.

© Dream
6 dari 6 halaman

Juga Jadi Pasar Mobil Terbesar di Asia Tenggara

Anak usaha SAIC-GM-Wuling di Indonesia juga membantu merancang standar dan kebijakan industri NEV (new energy vehicle) lokal.

Sekadar informasi, negara ini sedang mempercepat peralihan ke kendaraan listrik. Indonesia juga menjadi pasar kendaraan terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan negara ini memproduksi kendaraan listrik pada 2022 dan 20 persen di antara total kendaraan yang diproduksi adalah bertenaga listrik pada 2025.

“ Kami akan berpartisipasi aktif dalam penyusunan kebijakan NEV dari standar industri yang relevan. Kami akan berbagi pengalaman di segmen ini dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong pengembangan lokal segmen tersebut,” kata produsen otomotif dalam sebuah pernyataan awal tahun ini.

Join Dream.co.id