Segera Pindahkan! Ponsel Bisa Cepat Rusak Jika Keseringan Kena Getaran Motor

Automotive | Senin, 20 September 2021 11:48

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Lalu, ada solusinya?

Dream – Tak sedikit orang yang menempelkan smartphone di batok motor ketika sedang berkendara. Biasanya gawai ini digunakan untuk navigasi.

Cara ini cukup praktis karena pemotor bisa melihat tujuan seperti sepintas saat melihat speedometer,

Tapi, tahukah kamu bahwa cara itu sebenarnya bisa berbahaya?

Dikutip Otosia, Senin 20 September 2021, Apple menyebut getaran motor akan tersalurkan ke ponsel. Getaran ini membuat komponen di dalamnya rusak.

Segera Pindahkan! Ponsel Bisa Cepat Rusak Jika Keseringan Kena Getaran Motor
HP Sering Rusak Kalau Sering Terkena Getaran Motor. (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Mengapa iOS?

Masalah ini mengacu kepada ponsel yang berteknologi Optical Image Stabilization. Perangkat ini bisa membantu pengguna untuk memfoto dengan giroskop di kamera.

Alat ini berfungsi untuk menekan efek guncangan supaya hasil foto bisa lebih bagus dan jelas.

Teknologi OIS sudah ada sejak Iphone 6 plus di tahun 2014. Saat ini, sudah banyak hp yang beredar dengan OIS, bahkan hp di kisaran harga Rp 5 jutaan seperti Samsung Galaxy A52 atau Vivo V21 sudah dilengkapi peranti penyetabil kualitas gambar.

3 dari 4 halaman

Namun

Motor yang memiliki cc tinggi, akan menghasilkan getaran yang cukup besar. Getaran ini tersalurkan ke sasis, lalu ke setang, dan berakhir ke ponsel. Getaran itu berada di frekuensi tertentu yang tidak ideal dengan teknologi iOS.

Seorang pengguna akun tak bernama di situs Reddit, berbagi pengalamannya. Dia memasangkan ponsel Google Pixel 2 di antara setang motor dengan holder.

Motor yang digunakan adalah Yamaha FZS 600 dan menghasilkan getaran besar. Getaran ini membuat ponselnya terguncang dan kameranya rusak.

Bahkan, orang ini mengaku ganti hp hingga lima kali.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghindarinya

Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk menghindari atau mengurangi getaran mesin ke ponsel. Misalnya mengantongi ponsel ketika sedang berkendara dengan sepeda motor. Atau, menggunakan gawai itu ketika benar-benar dibutuhkan.

Kamu juga bisa menggunakan motor listrik. Mesin motor listrik tidak menghasilkan getaran karena tak ada proses pembakaran internal.

Cara ketiga, kamu bisa menggunakan holder untuk mengurangi getaran di motor. Meskipun tidak sepenuhnya menyerap getaran mesin, setidaknya alat bisa meredamnya.

Join Dream.co.id