Viral Video Tesla Rp1,5 Miliar Terobos Banjir, Endingnya Mengejutkan

Automotive | Minggu, 1 Agustus 2021 15:01

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa itu tidak berbahaya?

Dream – Belum lama ini Tesla Model 3 menggegerkan dunia maya. Seorang pemilik mobil listrik di Tiongkok diketahui nekat melintasi terjangan menerjang banjir yang melanda Negeri Tirai Bambu itu. 

Dikutip dari Carscoops, Sabtu 31 Juli 2021, video ini memperlihatkan Tesla Model 3 menerobos banjir seolah pengemudinya tidak mengindahkan genangan tersebut. Banjir itu juga membuat kaca depan mobil listrik ini tepercik air.

Namun dugaan warga yang melihat mobil itu akan tenggelam atau bahwa pengemudi tersetrum ternyata tak sesuai kenyataan.

Mobil tesla Model 3 itu ternyata sudah didesain agar bisa melaju di air yang dalam—alias banjir. Pendiri Tesla, Elon Musk, sebelumnya memuji Model S yang bisa “ mengapung” dalam waktu singkat.

Tentu saja video mobil yang dibanderol Rp1,5 miliar menerobos banjir membuat para penggemarnya bertepuk tangan. Mereka membagikan video tersebut di media sosial untuk menunjukkan kehebatan mobil ini.

Viral Video Tesla Rp1,5 Miliar Terobos Banjir, Endingnya Mengejutkan
Penampakan Tesla Model 3 Yang Menerjang Banjir. (Foto: Carscoops)
2 dari 4 halaman

Tetap Saja Tak Disarankan

Meski sudah membuktikan kehandalannya, namun sebagian orang masih menganggap tindakan menerobos banjir sebagai tindakan hal yang bodoh. Bukan tanpa alasan, hal ini dianggap bodoh sebab ketinggian air dapat naik secara dramatis dan ini sering membuat pengendara sepeda motor jatuh bahkan dapat merenggut nyawa.

Selain itu, hampir tidak mungkin menentukan kedalaman air saat banjir sementara Model 3 mungkin dapat bertahan dengan kedalaman air sekitar 1,5 kaki. Lebih dari itu, pengemudi akan terjebak di dalamnya.

Sekadar informasi, Telsa model 3 diklaim memiliki jarak tempuh 400 km. Untuk akselerasinya, 0-100 kpj bisa ditempuh dalam 5,6 detik serta kecepatan puncaknya 225 kpj.


(Laporan: Elyzabeth Yulivia)

3 dari 4 halaman

Baterai Isi Penuh, Truk Listrik Tesla Bisa Ngacir 980 KM

Dream – Tesla Cybertruck telah membuktikan dua kali lebih unggul dari rivalnya, Ford F-150 Lightning. Pikap elektrik ini sanggup melahap jarak hingga 980 km saat baterai kendaraan terisi penuh.

Dikutip dari Zing, Senin 7 Juni 2021, US Patent Office baru saja mengumumkan aplikasi teknis Tesla Cybertruck. Salah satunya adalah informasi mobil truk elektrik untuk varian tercanggih bisa menempuh jarak hingga 980 km.

 

 Baterai Isi Penuh, Truk Listrik Tesla Bisa Ngacir 980 KM
© Dream

 

Capaian ini lebih tinggi dari hasil tes mereka yang dibuat tahun 2019 kala  Cybertruck perdana meluncur. Tesla mengklaim pikap ini bisa berakselerasi 0-96 km dalam waktu 2,9 detik. Dengan baterai penuh, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 800 km.

Torehan Cybertruck ini mengalahkan F-150 Lightning yang bisa menempuh jarak maksimal 480 km, GMC Hummer EV dan Rivian R1T yang menemou 560-640 km.

4 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Sekadar tambahan, Cybertruck memiliki bobot seberat 6.350 kg. Berbekal tiga motor listrik, Cybertruck bisa menarik sebuah trailer yang beratnya 9 ton.

Mobil besutan Tesla ini dipersenjatai dengan fitur-fitur yang tak ada di versi sebelumnya. Misalnya, kamera monitor di depan pengemudi. Kemudian, ada sistem AC yang bisa megnubah temperatur dan kecepatan angin berdasarkan biometrik penumpang.

Mobil ini dijual mulai dengan US$39.900-US$69.900 (Rp568,83 juta-Rp1,28 miliar). Mobil ini akan diantarkan kepada konsumen pada 2022.

Join Dream.co.id