5 Komponen Motor yang Harus Segera Dibersihkan Usai Terabas Genangan Air

Automotive | Senin, 4 Oktober 2021 12:48

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan menunda jika nggak mau dompet kamu bobol karena harus membawanya ke bengkel.

Dream – Musim hujan membuat kamu harus punya ekstra tenaga untuk membersihkan sepeda motor. Terlebih jika jalur berangkat kerja atau sekolah banyak melalui genangan air berlumpur yang bisa menempel di body motor kesayangan kamu.

Tak hanya saat hujan, terkadang banyak ruas jalan yang menjadi kotor akibat air yang menggenang dan tak ada jalan lain selain menerabasnya. Menunda membersihkan kotoran yang menempel di body motor hanya akan membuat menjadi noda dan membuat penampilan tunggangan kamu jadi kusam.   

 

Dikutip dari Federal Oil, Senin 4 Oktober 2021, ada beberapa komponen sepeda yang harus dibersihkan setiap kali habis dipakai menerabas hujan atau air genangan. Komponen pertama yang harus menjadi perhatian adalah rem

Letak rem berada di dekat roda dan membuatnya rentan terciprat pasir dan lumpur. Kalau tak segera dibersihkan, kinerja rem akan turun bahkan bisa berdecit ketika motor dijalankan.

Kedua, Blok Mesin

Setelah rem dipastikan aman dan bersih, komponen kedua yang waktunya memeriksa blok mesin. Lumpur yang mengenai mesin juga bisa membuat kinerjanya berkurang. Sahabat Dream tentu tahu mesin harus melepaskan panas dari dalam. Lumpur atau kotoran yang menempel hanya akan membuatnya sulit melepaskan panas.

5 Komponen Motor yang Harus Segera Dibersihkan Usai Terabas Genangan Air
Motor Yang Menerobos Genangan Air Dan Lumpur, Harus Buru-buru Dicuci. (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Ketiga, gir dan rantai

Motor yang sering kehujanan berpeluang besar rusak di bagian rantai dan gir. Komponen ini bisa lekas berkarat. Kondisi ini juga berlaku kalau rantai dan gir sering terciprat lumpur.

 Begini Cara yang Benar Bersihkan Rantai Motor© Dream

Keempat, tutup busi

Meskipun bentuknya kecil, busi punya peran yang cukup penting. Dia berfungsi sebagai alat penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Kalau tutup busi rusak karena air hujan atau lumpur, ini akan menghambat proses pengapian, bahkan membuat motor mogok.

Kelima, suspensi

Ada juga suspensi yang rentan terhadap air hujan dan lumpur. Suspensi yang dibiarkan kotor akan mengeluarkan suara seperti berdecit ketika berkendara. Suspensi biasanya dibalut oleh minyak pelumas. Kalau sering terkena air hujan, ini akan membuatnya lebih cepat kering.

3 dari 5 halaman

Tak Mau Turun Saat Cuci Motor di Layanan Snow Wash, Lihat Endingnya

Dream – Saat mencucikan motor, biasanya pemilik kendaraan menunggu sambil ngopi. Namun apa jadinya jika sang pemiik ikut dicuci dengan snow wash bersama motornya?

Itulah yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram @dagelan. Dalam video itu terlihat seorang pria masuk ke layanan cuci salju untuk membersihkan kendaraannya.

 Cuci motor di snow wash© Dream

Namun bukannya turun, pria berhelm fullface itu tetap nangkring di atas sadel. Jadilah dia disemprot. Motor dan pemiliknya sama-sama tertutup busa sabun.

© Dream
4 dari 5 halaman

Dicuci Beserta Pemiliknya

Tak lama kemudian, karyawan langsung menggosok busa sampo di kendaraan dan pemiliknya hingga bersih. Untuk membersihkan busa, motor dan pria tersebut disemprot dengan air bersih.

 Wah dibersihkan beserta pemiliknya.© Dream

Setelah bersih dan kering, pria itu membayar layanan dengan cara melemparkan uang. Kemudian, dia tancap gas dan keluar dari layanan cuci motor.

Snow wash dulu bos,” tulis @dagelan.

5 dari 5 halaman

Glowing Dua-duanya

Meski video itu kemungkinan besar dibuat hanya untuk keperluan content media sosial, warganet tetap merasa terhibur. Mereka tergelak melihat aksi pria itu yang tidak turun dari motornya.

“ Keren itu glowing dua-duanya,” tulis @erlinda_cheers.

“ Bersih kagak yang ada enterwind nih kak,” tulis @gabrielanoviani.

“ Definisi mensucikan diri dari dosa yang terkutuk,” tulis @alifmuhamad_.

© Dream
Join Dream.co.id