Dibayar Mahal Hanya untuk Endus Bau Mobil Baru

Automotive | Minggu, 24 Mei 2020 08:01
Dibayar Mahal Hanya untuk Endus Bau Mobil Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Begini penjelasannya.

Dream - Dalam mendesain produk baru segala komponen pembuatannya harus diperhatikan, terutama pada sektor otomotif. Mulai dari desain, mesin, fitur, teknologi hingga komponen terkecil lainnya pun harus diperhatikan.

Khususnya, pada mobil-mobil mahal yang mementingkan kenyamanan para konsumennya. Bau khas sebuah mobil yang dikategorikan sebagai mobil mahal menjadi salah satu komponen yang penting pula.

Hal ini seperti yang dilakukan salah satu perusahaan otomotif asal Eropa, Audi. Dikutip dari Jalopnik, Minggu 24 Mei 2020, perusahaan mobil Jerman ini diketahui telah membuka lowongan untuk divisi Nose Team atau Tim Hidung. Divisi ini telah didirikan sejak 1985.

Divisi ini bertujuan untuk mencari serta menjamin standar bau pada produk mobil yang akan dilepas ke pasar.

" Seperti puncak piramida, bagian ini adalah kesejahteraan konsumen dan yang paling bawah terkait dengan bau mobil,” kata Ahli Kimia Audi, Heiko Lüßmann-Geiger.

2 dari 6 halaman

Bau Menjadi Hal Sensitif bagi Konsumen

Heiko menambahkan, bau pada dalam mobil terbilang sensitif bagi para konsumen. Saat konsumen masuk dan ia tidak merasa nyaman dengan bau kabin, konsumen tidak akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang mobil tersebut.

Dalam bekerja, divisi pencium ini mengkualifikasikan bau dalam tingkatan. Mulai dari terendah tingkat 1 hingga bau yang tidak tertahankan tingkat 6.

Sementara untuk bau seperti kaca, keramik, metal biasanya akan lewat dari proses seleksi karena merupakan komponen inti. Sementara bahan lain harus melewati uji bau. Bahkan sampai mobil yang sudah jadi pun harus dijajal oleh tim ini guna mengetahui standar Audi sebelum dipasarkan.

3 dari 6 halaman

Jualan Ayam 8 Tahun & Ditertawakan Tetangga, Kini Boyong Audi

Dream – Kerja keras biasanya akan memberikan hasil yang baik. Jika kamu berupaya dengan baik, tentu hasilnya tak mengkhianati upayamu.

Itulah yang telah dialami oleh pasangan suami istrik asal Malaysia, Lan dan sang istri, Nur Amyza Ismai.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 5 November 2019, pasutri ini merintis usaha distribusi ayam kepada bisnis-bisnis lainnya. Meskipun tak punya pendidikan tinggi, Lan dan Nur terus bekerja keras dan memanfaatkan apa yang dimiliki.

Pada 2003, laki bini ini merintis bisnis di Tanah Merah, Kelantan, Malaysia. Kala itu, mereka hanya mengendarai mobil Perodua Kancil Putih. Outlet jualannya hanya satu.

 Dulu pasutri ini menggunakan Perodua Kanci.© Akun Facebook Lan Berkat Illahi

Orang-orang pun menertawakan bisnis mereka dan mengatakan takkan sukses besar. Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu. Lan cuek dengan komentar miring masyarakat.

“ Agar berhasil, kami tahu harus membuang kebiasaan buruk dan cukup percaya diri bahwa bisa berhasil,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Bisa Beli Mobil Sport Berkat Bisnis Ayam

Berkat kerja kerasnya selama delapan tahunan, bisnis ayam Lan dan Nur berkembang pesat. Dulu, mereka hanya punya satu toko. Kini, ada empat toko yang beroperasi.

Kalau mobil Perodua Kancil—seharga empat ribu ringgit (Rp13,51 juta) di pasar bekas—yang digunakan untuk bekerja, pasutri ini menambah mobil lagi. Nur menghadiahi sang suami dengan Audi RS5 senilai 250 ribu ringgit (Rp844,17 juta).

Agar “ samaan”, Perodua Kancil dicat dengan warna merah. Dengan begitu, Kancil bisa “ kembaran” dengan Audi RS5.

Selain itu, Lan dan Nur juga membeli truk pikap Ford Ranger Raptor. Harganya senilai 199 ribu ringgit (Rp671,93 juta).

Untuk menunjukkan rasa syukur kepada-Nya, pasangan ini sering menjual ayam dengan harga yang lebih murah.

5 dari 6 halaman

Kuburan Nyentrik, Nisan Makamnya Mobil Audi Q5

Dream – Biasanya nisan atau patung dibangun di atas kuburan untuk menjadi penanda atau pengingat keluarga yang ingin berziarah. Kalaupun patung, tak jarang yang dipasang adalah patung berbentuk malaikat.

Tapi sebuah keluarga membuat penanda yang nyentrik bahkan bisa geleng kepala. Bukan patung atau nisa, keluarga dari penghuni kuburan itu menggunakan mobil sebagai penanda.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu 2 November 2019, mobil yang dipasang bukanlah mobil asli, melainkan replika mobil Audi Q5. Dekorasi ini ditanam di atas makam pria bernama Antonio. Selain mobil, ada juga patung perunggu yang menyerupai dirinya.

 

 Kuburan Nyentrik, Nisan Makamnya Mobil Audi Q5© Dream

 

Tak puas dengan penanda tak lazim itu, kuburan itu juga dipasang berbagai replikasi aksesori-aksesori seperti jaket dan sepatu Monclaire, arloji Rolex senilai 42 ribu euro (Rp657,43 juta), gelang Versace, dan beberapa cincin emas di jemari tangan kanannya.

Di sebelah patung, ada sebuah replika perunggu tas Gucci, dua smartphone, dan sebungkus rokok.

6 dari 6 halaman

Bukan Sembarang Pria

Jika dilihat dari dekorasi yang dipajang untuk memperingati kematian, Antonio bukanlah sosok sembarangan. Di dunia kriminal, namanya “ kuat”. Pria berjuluk El Tonto ini merupakan pembajak truk yang terkenal dalam sejarah di Granada, Spanyol.

Pria itu telah ditangkap lebih dari 60 kali sepanjang bekerja sebagai pembajak truk. Antonio kedapatan melarikan truk barang, termasuk parfum dan komputer. Dia juga memelopori perdagangan ganja di Granada dan membuka supermarket berisi barang-barang curian.

 Antonio© Oddity Central

Antonio meninggal dunia pada usia 46 tahun. Uniknya, dia tetap dikenang oleh masyarakat di kota asalnya, Pinos Puente, meskipun merupakan seorang penjahat. Dekorasi makam pun diletakkan untuk mengenannya.

Semula, keluarga memilik Ferrari California untuk ditempatkan di makam Antonio. Tapi, Audi Q5 dipilih karena itu adalah kendaraan yang digunakan untuk “ bekerja” semasa dia hidup.

Join Dream.co.id