Sandang Emblem GR, Ini Lini Toyota Gazoo Racing Teranyar di Indonesia

Automotive | Jumat, 20 Agustus 2021 06:45

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada deretan model mobil yang masuk dalam lini ini.

Dream – Toyota Indonesia resmi menghadirkan deretan Gazoo Racing yaitu deretan kendaraan bernuansa sport. Tak hanya model kelas middle, Toyota juga membawa lini mobil berbiaya rendah seperti Agya di jajaran modifikasi sport car-nya ini.  

“ Melalui Toyota Gazoo Racing, kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan komitmen kami untuk menghadirkan even-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia,” kata President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, dikutip dari keterangan tertulis TAM, Kamis 19 Agustus 2021.

Matsuda menjelaskan lini Gazoo Racing senantiasa mengusung filosofi the harsh environment of racing (pengalaman lingkungan balap mendukung pengembangan mobil yang semakin baik) dan driver centric (pengembudi merupakan fokus utama dalam sebuah pengembangan kendaraan).

Di tahun ini Toyota mengusung delapan model Gazoo Racing yang berhak menyandang emblem “ GR” di body-nya. Model-model ini adalah Yaris GR Sport, Agya GR, Sport, dan Fortuner GR Sport. Ada juga satu model GR yang dijual terbatas, yaitu Veloz GR Sport.

“ Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan serta ketertarikan yang lebih terhadap model kendaraan sport dan sporty,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Henry mengharapkan lini baru Toyota itu bisa memberikan pilihan yang lebih banyak kepada masyarakat Indonesia.

Sandang Emblem GR, Ini Lini Toyota Gazoo Racing Teranyar di Indonesia
Lini Baru Toyota, Gazoo Racing, Resmi Meramaikan Pasar Otomotif Di Indonesia. (foto: Toyota Astra Motor)
2 dari 6 halaman

5 Model Gazoo Racing Anyar Toyota Mengaspal, Ada Versi Agya!

Dream – Toyota belum lama ini meluncurkan lima mobil racing di Indonesia. Kelima mobil sporty car itu adalah Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, mengatakan kelima produk ini sengaja dibuat menjawab respons masyarakat sekaligus memberikan pilihan lebih banyak terhadap produk-produk Toyota Gazoo Racing (GR).

 

 5 Model Gazoo Racing Anyar Toyota Mengaspal, Ada Versi Agya!© Dream

 

Sebelumnya, Toyota hanya memiliki persi GR untuk model Supra dan Raize GR Sport.

“ Agar lebih banyak pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan,” kata dia dikutip dari keterangan tertulis Toyota, Selasa 10 Agustus 2021.

Langsung saja cek rincian dari masing-masing model mobil GR sport anyar itu?

3 dari 6 halaman

Gozoo Versi Rush sampai Agya

Rush GR Sporty tak hanya tampil dengan tampilan eksterior yang sporty, tapi dibekali juga dengan beberapa peningkatan. Ini bertujuan agar mempernyaman pengguna dalam berkendara.

Sementara itu, Fortuner GR Sport diberikan tampilan dan desain yang lebih sporty. Plus, fitur baru disematkan, yaitu new adaptable Auto A/C with dual zone.

Segmen hatchback turut mendapatkan sentuhan gaya sporty. Sebut saja Yaris dan Agya. Toyota menghadirkn Yaris GR Sport dan Agya GR Sport dengan tampilan sporty yang lebih kuat dengan DNA motorsport Toyota Gazoo Racing.

MPV pun tak ketinggalan. Veloz GR Limited ini dihadirkan dalam jumlah yang terbatas. Sama seperti Agya GR Sport dan Yaris GR Sport, Veloz juga mengusung DNA Toyota Gazoo Racing.

“ Kami harap Veloz GR Limited yang kami hadirkan secara eksklusif dan dalam jumlah terbatas ini dapat memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, khususnya bagi yang memiliki jiwa sporty,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

4 dari 6 halaman

Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit

Dream – Kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga 100 persen membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) sumringah. Keringanan fiskal ini mengerek penjualan mobil pabrikan dari Jepang tersebut.

“ Tentang penjualan Januari-Mei 2021, kami bersyukur langkah-langkah pemerintah sangat mendukung produksi atau industri dalam negeri dan penjualan yang membaik,” kata Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy, dalam media gathering virtual, Kamis 17 Juni 2021.

 

 Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit© Dream

 

Anton mengungkapkan penjualan Toyota selama periode Januari-Mei mencapai lebih dari 100 ribu unit dengan pangsa pasar mencapai 31 persen.

" Angkanya tumbuh 24 persen year-on-year (yoy). Kalau penjualan Mei, naik 214 persen secara yoy,” kata Anton.

5 dari 6 halaman

Model Ini Laris Manis

Model-model yang mendapatkan PPnBM, diakui Anton, langsung laku keras. Toyota Avanza yang tahun lalu terjual 19 ribu unit selama Januari-Mei 2020 kini ludes dibeli 23 ribuan pada Januari-Mei 2021.

Disusul Rush yang penjualannya naik dari 15 ribu unit menjadi 19 ribu-20 ribu pada periode Januari-Mei 2021. Peningkatan penjualan juga terjadi pada Toyota Kijang Innova yang laku dari 13 ribu menjadi 18 ribu unit, atau terjual 5 ribu unit.

“ Kalau urutannya masih sama, Avanza masih nomor satu, nomor dua dan tiga itu Rush dan Kijang,” kata Anton.

Begitu juga Toyota Fortuner yang penjualannya meningkat 800 unit dari 4.800 unit selama Januari-Mei 2020 menjadi 5.600 unit pada pada Januari-Mei 2021. “ Penjualannya meningkat merata di hampir semua model,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Toyota Raize 1.200 cc Sudah Bisa Dipesan, Diskon PPnBM 100% Jadi Segini Harganya

Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Raize dengan mesin berkapasitas 1.200 cc pada hari ini, Kamis 17 Juni 2021. Mobil ini dijual mulai dari harga Rp202 jutaan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy, mengatakan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap Raize mendorong Toyota untuk mempercepat peluncuran mobil SUV kompak itu. Diketahui Raize bakal dirilis pada semester 2 2021, tapi dimajukan pada bulan ini.

 

 Toyota Raize 1.200 cc Sudah Bisa Dipesan, Diskon PPnBM 100% Jadi Segini Harganya© Dream

 

“ Mulai hari ini, Toyota Raize 1.200 cc bisa diorder di seluruh diler Toyota,” kata dia dalam media gathering virtual TAM.

Anton mengatakan mobil ini tersedia dalam dua tipe, yaitu 1.200 cc MT dan 1.200 CC CVT. Dua varian mobil ini dijual seharga Rp202 juta untuk 1.200 MT dan Rp215 juta untuk 1.200 CVT.

“ Karena (diskon) PPnBM 100 persen diperpanjang, kami memberikan harga (mulai) Rp202 jutaan,” kata Anton.

Toyota Raize 1.200 cc ini, lanjut dia, hanya tersedia dalam versi single tone dan tidak ada model GR Sport. “ Ini merupakan alternatif bagi konsumen,” kata Anton.

Join Dream.co.id