Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Merawat Mobil yang Mudah ala Mitsubishi, Bisa Dikerjakan Wanita

Tips Merawat Mobil yang Mudah ala Mitsubishi, Bisa Dikerjakan Wanita Merawat Mobil Yang Mudah Ala Mitsubishi

Dream - Perawatan mobil sangat diperlukan, agar kondisi mobil tetap prima. Selain itu perawatan yang teratur juga bisa mencegah terjadinya kerusakan.

Nah sebagai pemilik mobil, sebaiknya mengetahui beberapa bagian yang memerlukan pengecekan secara rutin, seperti komponen dengan cairan terutama di bagian mesin.

Perawatan mobil, tidak hanya bisa dilakukan oleh pria saja, namun wanita juga bisa melakukan pemeriksaan dengan mudah.

Menurut Tegar Ardisura Raharja , Head of Marketing & Promotion Strategy Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ada beberapa langkah perawatan ringan yang dapat dilakukan oleh wanita. Salah satunya memanaskan mesin mobil.

Perawatan mobil

 

"Kita harus selalu melakukan perawatan rutin untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Paling tidak, kita harus memanaskan seminggu sekali," ujar Tegar dalam acara konferensi pers virtual, belum lama ini.

Selalu memanaskan mobil minimal selama 15 menit satu atau dua kali seminggu. Sebab, bila terlalu lama diam akan berpengaruh pada oli. Bila terlalu lama diam, oli akan mengendap pada oil pan, sehingga saat pertama kali dipanaskan akan timbul gesekan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa.

Merawat mobil bukan hanya sekadar memanaskan saja, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan, berupa pengecekan bagian lain.

Pertama pengecekan ruang mesin. Periksa level oli mesin dengan menarik stik level oli. Kemudian, bersihkan sedikit menggunakan kain lap atau tisu, lalu masukkan kembali.


Perawatan mobil

Lalu tarik kembali batang stiknya, tujuannya agar level oli dapat terbaca dengan lebih akurat. Tambahkan oli bila levelnya berkurang dari batas minimal. Perlu diingat, upayakan agar level oli jangan melewati batas maksimal.

Selanjutnya, periksa level air radiator. Cara melakukan pengecekan sangat mudah, bisa dilakukan dengan melihat langsung ke tabung cadangan (Reservoir) cairan coolant.

Perawatan mobil

"Pastikan cairan berada di antara level maksimum dan minimum. kalau ada pengurangan cukup menambahkan saja, pastikan pemeriksaan ini dilakukan di tempat rata atau datar," ujar Tegar.

Cara seperti ini bisa juga dilakukan untuk memeriksa cairan wiper dan cairan red (Brake Fluid). Selain itu, cairan rem tak kalah penting, karena berhubungan dengan keselamatan berkendara, biasanya ada di sebelah kiri ruang mesin atau sejajar dengan sisi pengemudi. Lakukan penambahan bila level berkurang

Kemudian periksa battery atau aki Aki, Ini merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Pastikan aki selalu dalam keadaan bersih, terutama bagian kepala aki. Bersihkan dengan kuas atau sikat halus, bila terlihat kotoran atau bahkan jamur.

Perawatan mobil

Selain ruang mesin, bagian yang tak kalah penting untuk dilakukan perawatan adalah ban. Apalagi bila mobil jarang dipakai, tentu tekanan angin menjadi berkurang.

Bila berkurang, maka pengisian angin bisa dilakukan sendiri menggunakan kompresor portabel yang dapat dibeli secara online.
Cara menggunakannya mudah, tinggal colok soket kompresor ke lubang ligther, lalu pasang selang angin ke masing-masing ban secara bergantian. Jangan lupa, pastikan mobil dalam keadaan menyala saat melakukan pengisian angin.

Perawatan mobil

 

Merawat mobil itu tidak hanya membersihkan bagian luar saja, tapi bagian kabin juga perlu dirawat agar tetap nyaman. Tentunya dengan membersihkan kabin juga mencegah kuman penyakit bersarang. Agar udara kabin tetap segar dan bebas dari kuman bisa gunakan anti bacterial.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

Masih dalam kondisi menyewa mobil untuk kebutuhan sehari-hari atau acara penting? Jangan khawatir!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya