Tips Memilih TV Monitor yang Pas Buat Mobil Keluarga

Automotive | Rabu, 17 Juli 2019 08:12
Tips Memilih TV Monitor yang Pas Buat Mobil Keluarga

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Berapa harganya?

Dream – Saranan hiburan di kendaraan kini semakin beragam. Jika dulu pengendara dan penumpang hanya bisa menikmati radio, kini mereka bisa dihibur dengan tayangan layar LED yang bisa menangkap siaran televisi atau menonton film.

Kehadiran layar LED memang membantu menghilangkan penat penumpang saat harus menempuh perjalanan panjang. Apalagi jika kamu membawa si kecil.

Mengutip laman Suzuki, Rabu 17 Juli 2019, pilihan TV monitor semakin bervariasi. Tak hanya jenis dan merek, harga, spesifikasi, dan fitur yang disematkan semakin bervariasi.

Jika ingin memasang televisi di mobil, kamu bisa mencari perangkat yang bisa dipasang di headrest dan bermodel clip on. TV monitor yang dipasang di headrest masih diminati terutama pemilik kendaraan yang memiliki anak kecil.

TV monitor ditaruh di belakang sandaran kepala agar anak bisa lebih tenang selama perjalanan.

Ada juga TV monitor yang bermodel clip on. TV ini paling efektif dan tidak merusak headset. Plus, pemasangannya tidak terlalu sulit.

2 dari 6 halaman

Harga TV Monitor untuk Mobil

Harga TV monitor di pasar berkisar Rp3 juta—Rp8 juta. Harga tersebut tergantung dari fitur yang ditawarkan dan kualitas gambar atau resolusi layar tiap produk TV monitor.

Untuk ukurannya, umumnya yang banyak dipilih adalah 9 inch atau 10 inchi.

3 dari 6 halaman

Mudik Happy, Ini Tips Aman Pasang Multimedia di Mobil

Dream – Saranan hiburan dalam kendaraan kini tak hanya terbatas pada radio. Dengan teknologi yang semakin canggih, pemilik mobil kini bisa memasang perangkat multimedia yang sudah menyediakan tayangan televisi.

Perangkat yang satu ini berguna untuk mengusir rasa jenuh saat perjalanan, terutama perjalanan mudik.

Sebab perjalanan mudik bisa makan waktu berjam-jam, bahkan bisa lebih dari sehari gara-gara macet.

 

 Mudik Happy, Ini Tips Aman Pasang Multimedia di Mobil

 

Perwakilan dari Massindo, Jaka, mengatakan televisi bisa diandalkan orang tua yang membawa anak ketika mudik dengan mobil pribadi. Piranti ini membuat anak tidak cepat bosan.

" Multimedia sangat disarankan apalagi yang membawa anak kecil. Anak kecil itu paling sulit duduk diam di kendaraan. Kalau misalnya disetelin film mereka akan lebih betah untuk duduk," kata dia di Jakarta, dikutip dari Otosia.com, Senin 13 Mei 2019.

4 dari 6 halaman

Lokasi Paling Aman Pasang Multimedia

Namun bukan cuma berfungsi agar anak-anak tidak lekas bosan. Keberadaannya juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung keselamatan berkendara.

Sebab, ayah sebagai pengendara bisa lebih berkonsentrasi dengan jalan daripada pusing menanggapi rengekan anak yang sedang bosan.

" Jadi si ayah menyetir lebih konsentrasi, dan ibu juga lebih tenang. Anak-anak juga lebih bisa enjoy selama perjalanan. Mabuk dan pusing bisa dihindari," kata dia.

Satu tips lain darinya adalah soal pemasangan perangkat ini. Sebaiknya, penempatannya mengakomodasi keberadaan anak-anak.

" Kalau cuma pasang di depan, anak-anak mungkin bingung, jadi mau ke tengah dan segala macam. Jadi mengganggu juga," kata dia.

Jaka menyarankan televisi dipasang di headrest atau plafon mobil. 

5 dari 6 halaman

Mau Beli Dashcam Mobil? Pastikan 3 Fitur Ini Tersedia

Dream – Kamera dashboard atau dashcam mulai banyak digandrungi pemilik mobil. Fasilitas ini sering kali dipakai untuk merekam beragam kejadian di depan kendaraan yang sedang melaju. 

Bahkan seorang pengendara pernah lolos dari jerat hukum karena bisa membuktikan jika dia tak melanggar rambu lalu lintas. 

Dikutip dari Auto Evolution, Rabu 10 Juli 2019, dashcam memang telah banyak berubah fungsi. Selain merekam kejadian penting di jalanan, ada juga yang memanfaatkan hasil video rekaman agar terkenal di jejaring sosial.

 

 Mau Beli Dashcam Mobil? Pastikan 3 Fitur Ini Tersedia

 

Apapun tujuan kamu memiliki dasgcam ini, pastikan kamu memiliki perangkata yang terbaik. Salah satu yang harus diingat adalah pastikan barang itu memiliki tiga fitur utama, yaitu fitur loop, sensor G-Force dan mode malam.

Buat kamu yang sering lupa memindahkan hasil rekaman, fitur loop cukup membantu. Ketika kamu lupa memindahkan hasil rekaman dan kartu memori sudah penuh, kamera masih bisa terus merekam.

 

6 dari 6 halaman

Pastikan Ada Sensor G-Force dan Mode Malam

Kedua, sensor G-Force. Fitur ini akan melindungi video yang direkam setelah terjadi deselerasi tiba-tiba. Misalnya, video yang direkam, tetap tersimpan ketika terjadi kecelakaan mobil.

Ketiga, mode malam. Pastikan kameramu punya fitur ini. Mengapa? Pencahayaan yang kurang akan berpengaruh terhadap hasil tangkapan kamera. Kalau punya fitur ini, setidaknya gambar bisa terlihat lebih jelas.

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id