Cara Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil dengan Cepat dan Murah

Automotive | Kamis, 19 September 2019 09:36
Cara Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil dengan Cepat dan Murah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Baret kaca terjadi karena ada goresan wiper dengan debu.

Dream – Kaca merupakan salah satu bagian penting dari yang tak boleh diabaikan. Kejernihannya harus selalu terjaga. Ada goresan sedikit saja, bisa sangat mengganggu.

Bahkan bisa habis banyak uang demi mengembalikan kondisi kaca agar normal lagi. 

Potensi kaca tergores selalu ada. Salah satuny penyebabnya yaitu gesekan wiper.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 19 September 2019, saat menyalakan wiper untuk membersihkan debu atau pasir, pengendara lupa membasahi kaca dulu dengan washer. Hal ini membuat kotoran ikut menggores kaca.

Apalagi jika karet wiper sudah mengeras sehingga membuat fungsinya sudah tidak lagi maksimal. Lalu, bagaimana solusi menghindari baret di kaca?

2 dari 6 halaman

Pakai Kompon

Cara yang paling mudah adalah membawanya ke pakar glass detailing. Tapi, biaya yang dikeluarkan pasti membengkak.

Kalau uang cekak, kamu bisa menghilangkan baret kaca mobil dengan mudah. Caranya, pakai kompon mobil. Barang ini bisa kamu beli di bengkel atau toko perlengkapan mobil.

 

 Pakai Kompon

Kompon bisa digunakan untuk menghilangkan baret yang tergolong ringan. Kamu bisa mengoleskan kompon di bagian kaca yang baret lalu gosok perlahan dengan kain lembut,.

Satu hal yang harus diingat, penggunaan kompon ini ada kekurangannya. Karena terbuat dari oil based (bahan dasar mengandung minyak), bisa membuat kaca buram ketika terkena air hujan.

Tetapi, hal ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja. Setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening.

3 dari 6 halaman

Gunakan Cerium Oxide

Cerium oxide adalah salah satu bubuk poles yang berfungsi untuk membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengkilap. Bubuk poles ini ternyata juga bisa kita pakai untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

Caranya, bersihkan bagian kaca mobil yang baret dari debu dan kotoran, lalu amplas kaca sampai lapisannya menjadi rata. Yang penting diperhatikan saat mengaplikasikannya adalah pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan saat pengamplasan. Setelahnya, bersihkan kaca dan tunggu sampai kondisi kaca mengering.

Selanjutnya, pembuatan campuran poles kaca yang terdiri dari cerium oxide dicampur dengan air sampai bentuknya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya diletakkan alas terlebih dahulu supaya tidak terkena campuran ini.

Setelahnya, poles kaca yang baret memakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Gosokkan dengan cara sedikit ditekan supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca dan menutup baret. Kemudian, bersihkan sisa cairan poles tersebut dengan kain lembut dan bersih.

4 dari 6 halaman

Bolehkah Campur Air Wiper dengan Sampo?

Dream – Cuaca belakangan ini sedang tidak tentu. Terkadang panas terik dan mendadak turun hujan lebat. Kondisi ini tentu membuat pemilik kendaraan harus waspada.

Pengguna mobil harus semakin berhati-hati saat melintas di jalan yang diguyur hujan lebar. Saat situasi ini, wiper adalah salah satu penolongnya. 

 

 Bolehkah Campur Air Wiper dengan Sampo?

 

Kalau hujan, kamu otomatis akan menyalakan perangkat tersebut untuk menyapu air di permukaan kaca bagian depan. Tujuannya agar pandangan tetap terjaga.

Di saat tak hujan, wiper juga sering digunakan untuk membersihkan kaca yang kotor akibat debu atau bekas hujan. Biasanya, pemilik mobil akan menggunakan air wiper yang sudah dicampur dengan sabun atau sampo.

Trik ini disebutkan ampuh membuat kaca tersapu lebih bersih. Namun bolehkah mencampur air wiper dengan sampo atau air sabun?

5 dari 6 halaman

Tak Masalah tapi...

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan tehnik mencampur air biasa dengan saun atau sampo takkan menimbulkan masalah berarti. Tapi, alangkah baiknya diisi dengan cairan yang benar-benar khusus untuk kaca.

Produk ini banyak tersedia di toko aksesoris mobil.

“ Karena kalau dicampur sabun atau sampo untuk manusia, ada kandungan bahan kimia yang lama kelamaan justru merusak permukaan kaca,” kata Suparna di Jakarta, dikutip dari Auto2000, Kamis 2 Mei 2019.

Dalam jangka waktu panjang, permukaan kaca tersebut akan terkikis oleh zat kimia yang terkandung pada sabun atau sampo itu dan timbul baret di kaca yang mengganggu pandangan.

Selain itu, bisa timbul jamur karena adanya bercak bekas sampo di bagian kaca yang tidak terkena sapuan wiper. Dan ini juga tidak kalah mengganggunya.

Jika sudah seperti itu, pemilik mobil harus mengeluarkan uang tambahan untuk membersihkan jamur pada kaca. Jadi sebaiknya, kata Suparna diisi air biasa atau water fluid khusus untuk air wiper.(Sah)

6 dari 6 halaman

Trik Lain Karet Wiper Tetap Awet Saat Diparkir di Luar Ruangan

Dream – Suhu udara di areal parkir luar biasanya sangat panas. Tanpa penghalang, mpbil akan terpapar matahari secara langsung. Kondisi ini tentu tak baik untuk eksterior mobil kamu.

Komponen mobil yang akan terkena dampaknya biasanya bahan yang terbuat dari karet. Salah satu yang paling terasa adalah wiper yang biasanya akan mengeras dan menyebabkan kaca tergores saat digunakan.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 17 Maret 2019, salah satu pencegahan paling awam dilakukan pemilik mobil adalah menegakkan wiper setiap kali parkir di luar ruangan. Dengan cara ini wiper tak menempel langsung di kaca.

Kaca diketahui merupakan konduktor panas ayang akan membuat karet wiper menjadi getas karena terpapar matahari cukup lama. 

Selain menegakkan wiper, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil menggunakan koran atau pelapis lainnya.

Teknik ini dianggap lebih berguna karena pegas tidak cepat rusak akibat terlalu sering mengangkat wiper. Makanya, melapisi wiper dengan barang-barang lain lebih baik daripada mengangkat wiper meskipun caranya cukup repot.

Semoga bermanfaat!

(Sumber: Liputan6.com/Rio Apinino)

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id