Lagi PDKT dengan Indonesia, Pabrikan Tesla `Selingkuh` dengan India?

Automotive | Kamis, 18 Februari 2021 14:12
Lagi PDKT dengan Indonesia, Pabrikan Tesla `Selingkuh` dengan India?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Nggak jadi di Indonesia?

Dream – Tesla Inc berencana membuat pabrik kendaraan listrik di India untuk pertama kalinya. Keputusan membuka peluang pertumbuhan baru setelah menyiapkan pabrik produksi di Tiongkok.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis 18 Februari 2021, lokasinya berada di Karnataka, India. Pejabat setempat telah bernegosiasi selama enam bulan dan mempertimbangkan untuk merakit mobil di pinggiran Kota Bangalore, ujar sumber.

Menaggapi hal itu, Tesla tak memberikan komentar dan mengkonfirmasi resmi pernyataan pejabat setempat.

Diketahui, Tesla sedang mengkaji untuk pembangunan perkantoran di wilayah ini. Tak hanya itu, perusahaan Elon Musk juga berencana untuk membangun fasilitas pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di negeri Bollywood itu.

Seorang sumber menyebut Tesla akan fokus di Banglore karena akan menjadi pusat teknologi dan kedirgantaraan. Perusahaan ini juga telah memasukkan unit India dan mendaftarkan kantornya di kota tersebut.

CEO Tesla, Elon Musk, memastikan Tesla akan masuk ke India pada Januari setelah berbulan-bulan berspekulasi. Orang terkaya di dunia ini mencuit “ seperti yang dijanjikan” pada 13 Januari 2021. Cuitan ini menanggapi sebua pemberitaan di blog yang menyebut perusahaan ini akan membuka pabrik di India.

2 dari 3 halaman

Tesla Sudah Kirim Proposal Investasi di Indonesia tapi Isinya Masih Rahasia

Dream – Pemerintah telah menerima proposal rencana investasi Tesla di Indonesia. Kini, materi proposal dari perusahaan milik salah satu orang terkaya Amerika Serikat (AS) itu sedang dipelajari.

Rencananya, minggu depan, pemerintah akan bernegosiasi tentang investasi di sektor baterai kendaraan listrik

“ Proposal sudah kami terima kemarin pagi,” kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 5 Februari 2021.

 

 Tesla Sudah Kirim Proposal Investasi di Indonesia tapi Isinya Masih Rahasia
© MEN

 

“ Next week kita ketemuan untuk negosiasi, kita mintai penjelasan secara resmi, secara langsung terkait proposal yang diajukan,” kata dia.

Kendati demikian, Seto masih enggan mempublikasikan isi dari proposal yang telah dikirim Tesla tersebut. Sebab, kata dia, ada dua faktor yang mengharuskan pemerintah untuk kerahasiaan isi materi proposal tersebut.

3 dari 3 halaman

Alasan Rahasiakan Proposal

Pertama, Tesla merupakan perusahaan yang sudah go publik. “ Sehingga tidak bisa dibuka untuk lebih detail, karena mereka senstitif tidak mau dibuka dulu ke publik,” kata dia.

Kedua, dalam materi proposal rencana investasi tersebut, Tesla akan memperkenalkan teknologi baru dalam pembuatan baterai dan energy storage system (ess). Dia mengklaim, ada perbedaan mencolok teknologi milik Tesla dengan Contemporary Amperex Technology (CATL) maupun LG Chemical.

“ Ini alasan kenapa sebenarnya kami sangat kerja sama dengan Tesla,” kata Seto.

Join Dream.co.id