4 Merek Mobil Ini Berasal dari Kata Singkatan, Tahu Kepanjangannya?

Automotive | Rabu, 29 Januari 2020 11:12
4 Merek Mobil Ini Berasal dari Kata Singkatan, Tahu Kepanjangannya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Seperti merek mobil Jepang, ada nilai sejarah di balik nama-nama merek mobil ternama Eropa ini.

Dream - Penggemar otomotif pasti sudah tahu jika merek mobil dari Jepang seperti Toyota, Suzuki, dan Honda berasal dari potongan nama pendiri perusahaan. Ketiga mobil itu diambil diambil dari nama pendirinya masing-masing Kiichio Toyoda, Michio Suzuki, dan Soichiro Honda.

Jika kamu benar-benar manik otomotif juga pasti tahu ada beberapa nama mobil yang diambil dari singkatan. Sebagian besar kendaraan bermotor ini keluaran Eropa.

 

Mari kita mulai tes pengetahun merek mobil kamu.

1. Alfa Remeo.

Mobil ini didirikan seorang pria kebangsaan Perancis, Alexandre Darracq. Pada tahun 1910, dia menciptakan mobil pertama yang bukan buatan Darracq, melainkan desain dari Giuseppe Merosi.

Pada 1915, Nicola Romeo duduk di perusahaan ini dan kemudian berubah nama menjadi Alfa Romeo, penggabungan nama lama dan pendatang baru.

 Alfa Romeo by Shutterstock

Alfa Romeo telah terlibat dalam balapan mobil sejak tahun 1911, setahun setelah berdiri. Alfa Romeo merupakan perusahaan dari Milan dengan simbol tradisional Milan pada logo salib merah di atas putih digabung dengan ‘biscione’ yang tradisional.

Biscione adalah simbol kejayaan keluarga Visconti yang agung. Keluarga tersebut memerintah Milan pada tahun 1200-an.

Nah tahukah kamu jika nama Alfa adalah singkatan? A.L.F.A merupakan singkatan dari Anonima Lombarda Fabbrica Automobili. 

2 dari 6 halaman

BMW

Mobil yang satu ini pasti sering kamu lihat lalu lalang di jalanan ibukota. BMW dikenal sebagai salah satu merek mobil premium.

Perusahaan BMW mulai berdiri pada tahun 1916 sebagai proyek bersama perusahaan mesin Jerman, Rapp Motorwerken, dengan perusahaan pembuat pesawat terbang, Bayernische Flugzeug-Werken.

 BMW © Dream

BMW nyaris tutup dua tahun kemudian setelah adanya Traktat Versaille yang melarang Jerman untuk mendesain dan memproduksi pesawat terbang.

BMW kemudian bermaksud mendesain dan memproduksi ulang mesin pesawat terbang sampai akhirnya bergeser memproduksi sepeda motor dan mobil. Logo biru dan putih BMW berasal dari penggambaran baling-baling pesawat yang sedang berputar.

Jika kamu jeli kepanjangan dari nama BMW ini sudah disebutkan di atas. BMW diambil dari gabungan nama dua perusahaan pendirian. Kepanjangan dari BMW adalah Bayernische Motor-Werken atau Bavarian Motor Works. 

3 dari 6 halaman

Fiat

 Fiat by ShutterstockFiat by Shutterstock © (Foto: Shutterstock)

Mobil ini pernah mempunyai masa kejayaan di Indonesia. Fiat merupakan salah satu perusahaan mobil terbesar di Italia. 

Fiat didirikan oleh Giovanni Agnelli dan para investor lainnya pada tahun 1899.

Tapi jangan bayangkan Fiat sekecil mobil sedan yang pernah berseliweran di jalanan. Fiat adalah pemegang saham dari produsen mobil spor seperti Ferrari dan Maserati serta pabrikan lain seperti SEAT, Lada, dan Chrysler.

Logo Fiat dibuat oleh seorang tipograger dari Turin dan bentuknya hampir tidak pernah berubah sampai sekarang.

Nama FIAT ternyata berasal dari singkatan Fabbrica Italiana Automobili Torino, atau pabrikan mobil asal Turin, Italia.

4 dari 6 halaman

VW

Selain BMW, merek terkenal mobil Eropa yang cukup terkenal dan masih eksis di Indonesia adalah VW. Merek mobil ini identik dengan model kodok, VW Beetle yang sayangnya harus berhenti berproduksi. 

VW adalah produsen otomotif asal Jerman yang dibangun pada 1937. Perusahaan ini dibangun oleh German Labour Front, bagian dari Nazi. Kantornya berpusat di Wolfsburg, Jerman. Kini, VW menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia. 

 VW © Dream

Kamu pasti sudah bisa menebak jika VW berasal dari singkatan VolksWagen. Namun tahukah kamu apa artinya. Dalam bahasa Jerman, Volkswagen ini berarti mobil rakyat.

(Sumber: Seva.id, Wikipedia)

5 dari 6 halaman

Apes! 3 Mobil Klasik Rp6 Miliar Mau Dilelang, Digasak Duluan Pencuri

Dream - Selain pilihan tepat untuk mencuri perhatian publik, mobil klasik acapkali menjadi investasi yang tepat. Semakin tua usia dan kondisinya masih optimal, harganya akan semakin mahal.

Potensi inilah yang membuat mobil klasik sering menjadi sasaran Si Panjang Tangan. Apesnya, kejadian ini dialami sebuah rumah lelang.

 

 Apes! 3 Mobil Klasik Rp6 Miliar Mau Dilelang, Digasak Duluan Pencuri © Dream

 

Dikutip dari Carscoops, Minggu 19 Januari 2020, pencuri itu menggondol tiga mobil klasik sekaligus. Ketiga mobil ini adalah Cadillac 1953 El Dorado warna merah, Ford Galaxy 500 keluaran 1964, dan Buick Century 1954 berwarna biru muda dan putih.

Diperkirakan mobil-mobil ini memiliki nilai gabungan lebih dari US$500 ribu atau sekitar Rp6,83 miliar.

6 dari 6 halaman

Diletakkan di Satu Truk Trailer

Ketiga mobil ini berada di dalam truk trailer 18 roda. Detektif Ed Troyer dari Department Pierce County, yakin pencurian ini telah direncanakan. Ada dua hal yang menjadi dugaan, yaitu jarang terjadi pencurian kasus truk trailer dan isinya adalah mobil klasik incaran kolektor.

“ Ini kasus yang sangat langka. Truk dengan 18 roda dicuri. Tak banyak orang yang bisa mengemudikannya. Komplotan ini memiliki orang yang memiliki kemampuan itu, serta orang lain yang tahu muatan di belakangnya,” kata Taylor.

Polisi saat ini sedang menghimpun keterangan dari masyarakat setempat. Pihak pelelangan menawarkan imbalan senilai US$1000 (Rp13,66 juta) untuk informasi yang berharga itu.

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id