Terlalu Sering Pakai Fitur Defogger, Kaca Mobil Bisa Retak

Automotive | Kamis, 18 April 2019 09:42
Terlalu Sering Pakai Fitur Defogger, Kaca Mobil Bisa Retak

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mengapa?

Dream – Setiap mobil di negara tropis yang sering hujan dan cuaca dingin, biasanya dipersenjatai dengan fitur defogger. Nah, fitur ini merupakan pencegah kabut di kaca bagian belakang. Tapi, fitur ini juga berbahaya kalau digunakan terus-menerus.

Dikutip dari Daihatsu, Kamis 18 April 2019, defogger berfungsi untuk menjaga visibilitas pengemudi dari apa yang terjadi di belakang kendaraan. Fitur ini juga bisa mengurangi embun kaca di bagian belakang mobil.

Fitur defogger ini bentuknya seperti garis-garis tipis yang melintang horizontal dari kedua sisi kaca dan dari atas ke bawah. Garis ini sebenarnya kawat tipis sebagai kondensator panas.

Untuk bisa menggunakannya, kamu cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard mobil.

Tapi, fitur itu jangan digunakan terus-menerus.

2 dari 2 halaman

Mengapa?

Untuk mobil yang belum dilengkapi arus pemutus otomatis, pengendara harus menekan lagi tombol defogger untuk mematikannya.

Kalau terus-menerus digunakan, fitur itu bisa membuat kaca belakang mobil retak. Pemicunya adalah kaca belakang mobil yang memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat itu.

Selain itu, defogger masuk dalam daftar komponen pengguna arus listrik yang cukup besar di mobil. Penggunaannya akan membuat aki harus menyuplai tenaga ekstra. Pemakaian yang tidak terkontrol bisa menyebabkan aki mobil cepat lemah.

Summer Style 2019
Join Dream.co.id