Terdaftar di Samsat DKI, Honda Zoomer Bakal Dijual di Indonesia?

Automotive | Jumat, 6 September 2019 19:01
Terdaftar di Samsat DKI, Honda Zoomer Bakal Dijual di Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Motor skuter ini hanya beredar di beberapa negara, lho.

Dream – Pernah dengar merek sepeda motor Zoomer? Penggila roda dua di Indonesia mungkin asing dengan merek yang ternyata buatan Honda ini.

Zoomer ternyata terkenal di Thailand. Motor skuter matik (Skuter) unik ini memang hanya beredar di beberapa negara.

Dikutip dari Otosia, Jumat 6 September 2019, desain skutik ini terbilang berbeda. Sektor depannya mirip naked-bike, berbekal headlight, suspensi upside-down, dan setang naked.

Sementara itu, sektor tengah sampai belakang benar-benar skutik. Hanya terdapat lubang di bawah jok yang cukup besar.

PT Astra Honda Motor (AHM) diam-diam tengah mempersiapkan kehadiran Honda Zoomer di Indonesia. Buktinya, Samsat DKI Jakarta telah mencatat nama skutik tersebut.

2 dari 6 halaman

Harganya Lebih Mahal dari Honda Monkey

Dari situs ini, diketahui bahwa Honda Zoomer memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) sebesar Rp29,3 juta. Nominal tersebut bahkan lebih tinggi dibanding Honda Monkey, Rp21,6 juta, tapi masih di bawah Honda Forza, Rp59,7 juta.

 Wah, sudah terdaftar di Samsat.

Kemungkinan Honda Zoomer-X ini akan berstatus CBU (completely built-up) Thailand, atau diimpor secara utuh. A

Hingga saat ini HM belum memberikan keterangan tentang Honda Zoomer.

3 dari 6 halaman

Mengenal Honda Tact, 'Leluhur' Honda Beat

Dream – Siapa tak mengenal Honda Beat? Motor skutik ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, Beat memiliki desain modern.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 3 September 2019, teknologi skutik bukan barang baru bagi Honda. Motor segmen ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Namanya Honda Tact. Motor ini disebut-sebut sebagai nenek moyang Honda Beat.

 

 Mengenal Honda Tact, Leluhur Honda Beat

 

Motor ini menggunakan mesin dua tak transmisi otomatis. Honda Tact 50 pertama kali mengaspal tahun 1987. Desain yang mungil membuat motor beda generasi ini acapkali dikait-kaitkan.

Motor ini tampil di acara “ Otobursa Tumplek Blek 2019” di Parkir Timur Jakarta. Motor ini dibanderol seharga Rp25 juta.

" Harga untuk Honda Tact 50 itu Rp25 juta. Masih orisinil semua. Dokumen juga lengkap," kata Person in Charge (PIC) Z(one) Core, Panji kepada Liputan6.com.

4 dari 6 halaman

Status CBU

Motor ini berstatus completely built up (CBU). Peredarannya cukup langka di Indonesia. Malah, beberapa pengunjung yang menyambangi stand Z(one) Core tak mengetahui jenis dan merek motor tersebut.

" Ini kan mesinnya 50 cc, saya enggak menyarankan untuk penggunaan jarak jauh ya. Paling bisa digunakan untuk dalam kota saja," ujar Panji.

 

 Onderdil masih ori.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, mesin yang disematkan pada motor matik telah mengalami perubahan karena disematkan Teknologi Continuously Variable Transmission atau CVT, tak terkecuali Honda Beat.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

5 dari 6 halaman

Biar Kekinian, New Honda BeAT Street Rilis Stripe Baru

Dream - New Honda BeAT Street eSP mendapatkan desain stripe anyar. PT Astra Honda Motor (AHM) ingin memperkuat karanter BeAT Street gaya khas anak muda. 

" Penyegaran desain New Honda BeAT Street eSP pada warna Matte Street Black ini merupakan salah satu upaya AHM untuk menghadirkan produk sesuai gaya khas anak muda yang atraktif, menyenangkan dan sporty," kata Direktur Pemasaran AHM, Thomas Widjaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 18 Juni 2019.

 

 Biar Kekinian, New Honda BeAT Street Rilis Stripe Baru

 

Thomas mengatakan stripe anyar ini disematkan untuk motor warna matte black. Konsep urban street style tetap dipertahankan.

" Kami yakin ini akan menjadi pilihan para remaja dalam menemani menggapai mimpi mereka," kata dia.

Berapa harga untuk skutik stripe baru Honda ini? New Honda BeAT Steet eSP ini tersedia tipe CBS Street Matte Black dan Street Silver. Harga OTR DKI Jakarta senilai Rp16,69 juta.

6 dari 6 halaman

Dibekali dengan Fitur Canggih

Sekadar informasi, New Honda BeAT Street eSP telah dibekali fitur ECO Indicator yang menampilkan tanda berkendara secara irit. Saat berkendara dengan irit, ECO Indicator berwana hijau ini akan menyala di panel meter dengan 3 pola untuk memberikan informasi berkendara yang irit termasuk saat lampu dalam kondisi off.

Produsen otomotif ini menyematkan fitur combi brake system (CBS). Fitur ini bisa menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal.

Skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, yaitu standar samping otomatis dan parking brake lockParking brake lock bertujuan untuk mencegah motor loncat ketika dinyalakan atau tetap diam ketika berhenti di tanjakan.

Skutik compact ini memiliki kapasitas u-box (utility box) yang besar yaitu 11 liter. Dengan ketinggian jok yang nyaman setinggi 740mm memberikan kenyamanan pada saat berkendara sendiri maupun berboncengan, baik pria maupun wanita. Fitur unggulan lain juga dipertahankankan seperti pengaman kunci bermagnet (Secure Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian.

New Honda BeAT Street eSP mengaplikasikan mesin 110 cc dengan fitur eSP (Enchanced Smart Power), sehingga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimalisasi gesekan untuk mengurangi emisi bahan bakar yang terbuang percuma. Model ini dibekali dengan teknologi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.

Model ini memiliki beragam keunggulan seperti kapasitas fuel tank besar hingga 4 liter dengan kemampuan jelajah lebih jauh hingga 236 km setelah dilakukan pengisian bahan bakar secara penuh. Dilengkapi dengan stang yang lebih lebar dengan posisi yang lebih tinggi untuk mendukung street style.

Jarak terendah motor ke tanah (ground clearance) terbaik di kelasnya dan penggunaan ban tubeless sehingga lebih tahan kebocoran dan lebih nyaman dikendarai.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id