Suzuki XL7 Meluncur, Begini Spek dan Harganya

Automotive | Sabtu, 15 Februari 2020 17:43
Suzuki XL7 Meluncur, Begini Spek dan Harganya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini menyasar untuk SUV kelas menengah.

Dream – Kebutuhan para keluarga di Indonesia menginginkan mobil SUV bisa mendukungkebutuhan sehari-hari. Peluang ini ditangkap oleh Suzuki dengan merilis XL7.

“ SUV akan menjadi pilihan baru bagi pecinta Suzuki di Indonesia,” kata President Director PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama, di Jakarta, Sabtu 15 Februari 2020.

Dengan desain bold dan gagah, mobil ini dilenglapi dengan tempat duduk yang luas dan nyaman. Suzuki XL7 bisa menampung tujuh orang dan dilengkapi dengan fitur canggih yang bisa melengkapi gaya hidup keluarga Indonesia.

Mobil ini dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan saya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Suzuki XL7 berdimensi 4.450 mm x 1.755 mm x 1.710 mm. Jarak sumbu rodanya sepanjang 2.700 mm dan didukung dengan ground clearenance setinggi 200 mm.

2 dari 6 halaman

Tampilan Interior dan Eksterior

Mpbil ini memiliki tampilan eksterior yang gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar front chrome grille design, bold LED headlamp dengan DRL, dan roof rail.

Dari segi interior, mobil ini memiliki kabin yang nyaman dengan warna hitam sporty dan armrest pada baris pertama dan kedua. Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 Inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern

3 dari 6 halaman

Dilengkapi dengan Fitur-fitur Canggih

XL7 menghadirkan fitur-fitur canggih, seperti smart e-mirror. Fitur ini berupa spion tengah untuk merekam kejadian dari sisi depan dan belakang secara langsung. Mobil ini juga sudah menggunakan keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater, serta power outlet pada barisan ketiga.

Pada faktor keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobillizer. Berbasis platfrom HEARTECT membuat kendaraan ini jauh lebih ringan tapi tetap kokoh dan meningkatkan performa berkendara serta efisiensi bahan bakar.

Mobil ini tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Ada 6 varian warna dan 3 jenis, yaitu Zeta, Beta, dan Alpha. Harga di Jakarta dimulai dari Rp230 juta untuk XL MT/T sampai Rp267 juta untuk XL7 Alpha A/T.

4W Marketing Director SIS, Donny Saputra, mengatakan XL7 punya tiga keunggulan, yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, dan fitur yang canggih. Tiga kelebihan ini membuat mobil 7 seater ini tangguh serta tampil modern dan berkarakter. “ Kami berharap mobil terbaru ini mampu mendukung aktivitas keluarga Indonesia yang menyukai petualangan menyenangkan bersama orang-orang tercinta,” kata Donny. (mut)

(Laporan: Shania Suha Marwan) 

4 dari 6 halaman

Dream - Suzuki Indonesia baru saja merilis Suzuki XL7. Kendaraan bermotor ini dilengkapi dengan fitur-fitur kekiian seperti smart e-mirror, power socket di setiap baris, dan keyless push start stop button.

Apakah mobil ini sudah bisa langsung dipesan? Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Makmur, mengatakan pada dasarnya mobil ini sudah didistribusikan ke diler-diler sejak sebulan yang lalu. Saat diluncurkan, mobil ini sudah siap untuk dipesan. Hanya, ada sedikit kendala di bagian perjalanan untuk diler yang jaraknya jauh.

“ Pemesanan mungkin terjadi di beberapa diler. Hanya karena kami belum izinkan untuk delivery, jadi masih ditahan. Tapi, mulai hari ini sudah boleh di-delivery,” kata Makmur di Jakarta, Sabtu 15 Februari 2020.

 

5 dari 6 halaman

Makmur belum bisa memastikan apakah ada inden mobil Suzuki XL7 atau tidak. Dikatakan bahwa ada inden atau tidak bergantung permintaan di daerah.

“ Tergantung daerah tersebut dan masing-masing diler. Kalau untuk berapa lamanya, saya belum tahu. Saya juga belum menerima data,” kata dia.

Mobil ini memiliki 6 varian warna serta 3 varian jenis, yaitu, Alpha, Beta, Zeta serta 2 transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk permasalahan inden atau tidaknya mobil ini itu tergantung dari dealer yang mendistribusikannya ada di daerah mana serta warna dan variannya.

(Laporan: Sania Suha Marwan)

6 dari 6 halaman

Suzuki XL-7 Coba Menantang Terios, Daihatsu: Mau Coba `Kue Manis`

Dream - Suzuki XL7 akan segera hadir untuk pasar otomotif Tanah Air. Mobil kategori SUV ini siap bersaing dengan pemain lama yang sudah membawa kuda pacu unggulannya seperti Daihatsu Terios dan Mitsubishi Xpander.

Jika tak ada halangan, XL-7 akan diperkenalkan secara resmi pada akhir pekan ini, tepatnya, Sabtu, 15 Februari 2020.  

Menanggapi kemunculan Suzuki XL-7, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan kehadiran pesaing baru di industri otomotif adalah fenomena normal.

“ Kalau melihat pasar SUV, semua mau coba ‘kue manis’ ini seperti Xpander kan? Itu saya pikir normal. Yang diuntungkan sudah pasti customer,” kata Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 12 Februari 2020.

 

 Suzuki XL-7 Coba Menantang Terios, Daihatsu: Mau Coba Kue Manis© Dream

 

Daihatsu sendiri masih percaya dengan Daihatsu Terios yang memiliki peminat cukup besar. Amelia mengatakan Terios telah didesain untuk kondisi jalan di Indonesia sehingga yakin bisa bersaing dengan mobil dari pabrikan lain.

“ Buat Daihatsu menanggapinya normal dan biasa saja, karena Terios dibuat sesuai dengan kondisi Indonesia. Jadi mereka yang memilih pasti akan memilih yang terbaik. Kami siap untuk bersaing,” kata dia.

Sekedar informasi, secara tampilan memang tidak ada perbedaan Suzuki XL7 dengan Suzuki XL6 yang telah dirilis di India. Mobil ini tampak kental dengan nuansa crossover berkat terpasangnya body-cladding hitam, gril dan bumper baru, serta roof-rail.

Sementara itu, bagian belakangnya masih menggunakan stoplamp dari Suzuki Ertiga, namun telah memiliki skid-plate silver. Perbedaan kemungkinan besar ada di interior Suzuki XL7

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Join Dream.co.id