Penampakan Suzuki XL6, Penantang Baru Honda BR-V

Automotive | Kamis, 22 Agustus 2019 19:24
Penampakan Suzuki XL6, Penantang Baru Honda BR-V

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Harganya mulai Rp195 jutaan.

Dream – Suzuki India belum lama ini merilis mobil MPV 6 kursi, XL6. Mobil berbasis Ertiga ini terdiri atas dua varian, yaitu Zeta dan Alpha yang masing-masing memiliki fitur dua kursi captain di baris tengah.

Kehadiran mobil Suzuki XL6 diakabarkan untuk menyangi Mahindra Marazzo dan Honda BR-V di pasar India .

Penampilan Suzuki XL6 tidak terlalu berbeda dengan Ertiga standar. Yang mencolok hanyalah grille bergaya sporty dan berukuran lebih besar dengan detail krom.

Mobil MPV ini memiliki lampu LED baru, bumper yang lebih besar, dan pelat skid yang palsu.

Model ini memiliki pelek 15 inci, mirror caps, roof rails, dan plastic side body cladding. Bagian bumper belakang juga berukuran lebih besar.

Suzuki menawarkan enam pilihan warna untuk XL6, yaitu Nexa Blue, Brave Khaki, Aurburn Red, Magma Grey, Premium Silverm dan Arctic White.

Dikutip dari Autocar India, Kamis 22 Agustus 2019, mobil XL6 Zeta dibanderol seharga 980 ribu rupee—1,09 juta rupee atau sekitar Rp195,02 juta hingga Rp216,91 juta, Sedangkan Alpha dilepas seharga 1,03 juta rupee—1,14 juta rupee (Rp206,17 juta—Rp228,06 juta).

2 dari 7 halaman

Interior Serba Hitam

Yang membedakan XL6 dengan Ertiga adalah interior mobil. Model ini memiliki interior serba hitam. Warnanya berbeda dengan Ertiga yang serba krem.

Varian Alpha dan Zeta memiliki unit infotainment SmartPlay Studio Maruti dengan layar 7 inci. Fitur ini cocok dengan Android Auto dan Apple Car Play. Mobik ini memiliki pengontrol iklim otomatis, ventilasi udara di bagian belakang, DRL LED dan keyless entry dengan tombol start/stop.

XL6 juga memiliki fitur cruise control dan kursi penumpang bisa diatur sesuai dengan ketinggian.

Untuk keamanan, mobil ini memiliki kamera parkir dan lampu otomatis. Ada juga airbag depan ganda, sistem pengereman ABS dengan EBD, sistem peringatan kecepatan, pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan co-driver.

Bagaimana dengan mesin? Mobil ini mengusung mesin bensin 1,5 liter yang bisa mengeluarkan kekuatan 105 hp dan torsi 138 Nm. Model XL6 memiliki transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

3 dari 7 halaman

Suzuki Siapkan Ertiga Listrik

Dream – Suzuki Ertiga generasi kedua menjadi mobil low multi purpose vehicle (LMPV) di India. Berkat kepopulerannya itu, Maruti Suzuki akan meluncurkan Ertiga versi mobil listrik.

Dikutip dari Gaadi Waadi, Rabu 17 Juli 2019, Ertiga versi listrik ini akan berbeda dengan mobil yang biasa. Sayangnya, belum ada bocoran tentang fitur mobil listrik Ertiga ini.

Nantinya, mobil Ertiga listrik akan menggunakan baterai lithium ion yang akan diproduksi di Gujarat, India.

 Suzuki Siapkan Ertiga Listrik

Semula, Suzuki akan memproduksi Ciaz untuk disulap jadi mobil listrik setelah Wagon R. Tapi, mobil ini harus banyak dirombak jika ingin dibenamkan drivetrain listrik.

Nantinya, mobil Ertiga listrik akan meluncur setelah Wagon R listrik. Kendaraan itu akan mulai debut globalnya di Auto Expo 2020.

4 dari 7 halaman

Di Negara Ini Harga Suzuki Ertiga Rp125 Juta Lebih Mahal dari Indonesia

Dream – Mobil multi purpose vehicle (MPV) menjadi salah satu incaran bisnis UKM. Kabinnya yang luas bisa digunakan untuk mengangkut barang.

Model mibul MPV Ini tak hanya populer di Indonesia. Di Kenya, tren kendaraan MPV tengah menggeliat.

Dikutip dari Gaadi Waadi, Jumat 5 Juli 2019, Toyota Kenya mengumumkan rencana untuk menjual mobil Suzuki. Kebijakan serupa telah dilakukan Toyota dan Suzuki di India. Lewat kerja sama ini, Toyota menjual Suzuki Ertiga di setiap dilernya.

Managing Director Toyota Kenya, Arvindeer Reel, mengatakan penjualan mobil MPV ini di pasar mobil station wagon Kenya memang terbilang tinggi. Dari 64.179 kendaraan yang terdaftar di Kenya, sebagian besar mobil ini berjenis station wagon.

“ Permintaan tinggi akan ruangan mendorong pelangan untuk mencari mobil yang berkabin luas dan Ertiga baru memenuhi ini,” kata Reel.

Reel mengatakan mobil MPV biasanya digunakan warga Kenya untuk kendaraan bisnis UKM. Selain orang, mobil itu juga bisa mengangkut barang.

Sekadar informasi, Ertiga baru yang dijual di Kenya ini merupakan yang terbaru yang diluncurkan di India belum lama ini. Mobil MPV itu mengusung mesin bensin 1,5 liter dan bergaransi 3 tahun.

Di pasar Kenya, Toyota melepas Suzuki Ertiga senilai 2,65 juta shiling Kenya. Jika dirupiahkan dengan kurs saat ini, Ertiga dijual seharga Rp364,71 juta. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan bank-bank untuk menfasilitasi pembiayaan kendaraan.

Dibandingkan Ertiga di Indonesia, harga jual MPV unggulan Suzuki di Kenya ternyata jauh lebih mahal. 

Mengutip daftar harga All New Ertiga laman Suzuki.co.id, Varian Ertiga paling murah dilepas seharga Rp196 juta. Sementara versi termahalnya dilepas senilai Rp240 juta. Dengan kata lain ada selisih harga antara Rp125 juta sampai Rp169 juta.(Sah)

5 dari 7 halaman

Suzuki Ertiga Rasa Toyota Segera Mengaspal?

Dream – Kerja sama Suzuki dan Toyota yang telah dilakukan awal 2017 sepertinya akan segera membuahkan hasil. Dua produsen otomotif ini saling berbagi platform untuk menunjang penjualan.

Dikutip dari Gaadi Waadi, Kamis 21 Maret 2019, belakangan, Suzuki akan mengirim Vitara Brezza dan Baleno untuk diproduksi di Toyota. Nantinya mobil-mobil ini akan menggunakan emblem Toyota. 

Sebagai timbal baliknya, Toyota Corolla akan menggunakan emblem Suzuki. 

Rupanya bukan hanya dua merek itu saja yang akan dikerjasamakan dua produsen otomotif ini. Suzuki Ertiga dikabarkan akan terlibat dalam kerja sama ini. Mobil itu akan dipasok ke Toyota dan dikembangkan bersama MPV c-segmen Toyota.

Nantinya Toyota akan memposisikan mobil ini di bawah Innova Crysta.

Sementara itu, Suzuki Vitara Brezza akan diproduksi di Toyota Kirloskar Motor (TKM), Karnataka, India, pada 2022. Dan Baleno versi Toyota akan dirilis beberapa bulan mendatang.

Dikatakan juga bahwa Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga akan menggunakan emblem Toyota untuk pasar-pasar di Afrika, dikutip dari Otosia.com.

6 dari 7 halaman

Penampakan Interior Serba Hitam Suzuki Ertiga, Yay or Nay?

Dream – Sebelum meluncurkan versi sporty, Suzuki memperkenalkan mobil Ertiga hasil kreasi terbarunya, Diluncurkan di Filipina, Suzuki mengubah seluruh tampilan interior kuda besinya menjadi serba hitam.

Dikutip dari Auto Car India, Selasa 19 Maret 2019, mobil serba hitam ini merupakan produk Ertiga Black Edition yang diluncurkan pabrikan Suzuki. Sesuai temanya, tampilan eksterior Ertiga Black Edition ini sama sekali tak mengalami perubahan 

 Interior Ertiga Black Edition serba hitam.

(Foto: Auto Car India)

Ertiga Black Edition ini memiliki kursi mobil dan pintu yang berlapis plastik hitam. Lapisan hitam ini juga digunakan untuk bagian dashboard dan pintu.

Meski tak memiliki fitur Smartplay Studio, Ertiga Black Edition menawarkan head unit layar sentuh 10 inchi.

Di bagian dapur pacu, mobil tujuh kursi penumpang ini mengusung mesin bensin berkapasitas 1,5 liter yang bertenaga 103 hp. Mesin ini memiliki transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

 

7 dari 7 halaman

Berapa Harganya?

Topgear.com.ph memberitakan mobil Ertiga Black Edition menawarkan dua tipe, yaitu GA dan GLX. Mobil tipe GA menawarkan remote penutup bagasi dan tutup bahan bakar, passive keyless entry, engine start-stop, serta sistem Anti Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

 Ertiga Black Edition memiliki tujuh kursi penumpang

(Foto: Auto Car India)

 

Untuk harga, Suzuki Filipina menjual mobil ini seharga 738 ribu peso Filipina tau sekitar Rp197 juta. untuk tipe GA, sedangkan GLX 988 ribu peso Filipina (Rp266,17 juta).

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id