Suzuki Perpanjang Setop Produksi Hingga 8 Mei 2020

Automotive | Selasa, 28 April 2020 08:41
Suzuki Perpanjang Setop Produksi Hingga 8 Mei 2020

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan ini tetap memberikan gaji kepada karyawan.

Dream – Suzuki Indonesia memperpanjang penghentian sementara produksi di pabrik, mulai dari 27 April 2020-8 Mei 2020. Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan keselamatan karyawan dan perkembangan regulasi terkini mengenai pandemi Covid-19.

Sebelumnya, perusahaan otomotif ini memberlakukan penghentian kegiatan produksi selama dua minggu dari 13-24 April 2020.

“ Ini adalah langkah terbaik yang harus kami ambil demi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Di samping itu, kebijakan ini adalah komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang menambah periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” kata President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 27 April 2020.

Untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, bagian power train di pabrik Cakung dan Cikarang serta bagian motorcycle assembly di pabrik Tambun I tetap beroperasi, hanya selama empat hari, yaitu dari 27 sampai 30 April 2020.

Seluruh kegiatan operasional dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing.

“ Hal ini sebagai upaya Suzuki mencegah penyebaran virus Corona namun tetap dapat berkontribusi dalam menjaga perekonomian Indonesia,” kata Itayama.

Selama perpanjangan periode penghentian sementara tersebut, Suzuki tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2 dari 5 halaman

Fokus Pada Layanan Pelanggan

Di samping memprioritaskan keselamatan karyawan, Suzuki tetap fokus pada kualitas layanan pelanggan. Produsen otomotif asal Jepang ini memberikan layanan melalui Halo Suzuki agar bisa mendapatkan bantuan darurat.

“ Kami ingin pelanggan Suzuki tetap merasa aman dan tenang di saat seperti ini,” kata Itayama.

Untuk mengakses Halo Suzuki, pelanggan bisa menghubungi nomor 0800-1100-800 dan meminta bantuan seperti Home Serive, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA).

Selain itu, ada juga layanan digital Suzuki seperti website www.suzuki.co.id dan aplikasi My Suzuki untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta website Auto Value www.autovalue.co.id untuk mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online.

“ Tentu semua layanan tersebut telah memenuhi standar langkah pencegahan COVID-19,” kata dia.

3 dari 5 halaman

Penjualan Suku Cadang Suzuki Lewat Aplikasi Meningkat Selama Pandemi Corona

Dream – Dampak pandemi virus Corona (COVID-19) mempengaruhi banyak sektor industri di Indonesia, salah satunya otomotif. Banyak produsen otomotif menghentikan sementara produk kendaraan atau menutup bengkel resmi demi mengurangi penyebaran viru tersebut.

Meski tak berproduksi, para produsen kendaraan tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Inilah yang dijanjikan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjamin kebutuhan para penggunanya. 

Suzuki menjamin stok suku cadang, baik untuk motor dan mobil, sampai kemudahan pembelian suku cadang resmi Suzuki secara online melalui MySuzuki.

 

 Penjualan Suku Cadang Suzuki Lewat Aplikasi Meningkat Selama Pandemi Corona© Dream

 

“ Kami menjamin bahwa ketersediaan suku cadang dipastikan aman,” kata Sparepart Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Christiana Yuwantie, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 22 April 2020.

Christiana mengatakan suku cadang yang paling dicari pelanggan saat ini berupa filter oli, bulb, dan kampas kopling. Dengan aplikasi MySuzuki, pelanggan bisa membeli suku cadang tanpa kontak langsung saat pembelian.

“ Kami terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, terutama di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Pembelian Lewat Apikasi Naik 23 Persen

Selain didukung dengan adanya promo tambahan diskon untuk item tertentu khusus bulan April, penjualan spare parts Suzuki juga didukung dengan adanya kemudahan pembelian untuk konsumen, yaitu dengan menggunakan aplikasi My Suzuki maupun menggunakan layanan Halo Suzuki.

Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan dalam mempermudah proses pembelian karena menyediakan layanan informasi lengkap mengenai suku cadang resmi Suzuki untuk konsumen.

Hal ini didukung dengan adanya data yang menunjukkan peningkatan pengguna aplikasi My Suzuki selama bulan Maret 2020 sebanyak 23% hingga mencapai lebih dari 30 ribu pengguna.

5 dari 5 halaman

Harga Tak Berbeda

Seluruh harga suku cadang yang ditawarkan kepada pelanggan melalui aplikasi My Suzuki tidak berbeda dengan harga yang tercantum di diler resmi Suzuki se-Indonesia. Christiana juga meminta pelanggan tak khawatir karena suku cadang yang dipesan bisa dikirim langsung melalui jasa ekspedisi yang tersedia.

“ Walaupun #DiRumahAja namun pelanggan tetap bisa memastikan kendaraan mereka terawat dan dapat digunakan saat terpaksa keluar rumah,” kata dia.

Suzuki mencatat saat ini, wilayah penyumbang kontribusi penjualan suku cadang terbesar ada di Jabodetabek (34 persen), Jawa Tengah 15 persen, dan Jawa Barat 12 persen.

“ Untuk itu, kami memastikan diler di daerah tersebut dan di daerah lain, termasuk Makassar, Padang, Jambi, Medan dan Banjarmasin untuk turut melayani pelanggan melalui aplikasi My Suzuki,” kata dia.  

Terkait
Join Dream.co.id