Tanda Speedometer Digital Motor Gosong Terjemur Matahari dan Cara Memperbaikinya

Automotive | Rabu, 27 Mei 2020 08:12
Tanda Speedometer Digital Motor Gosong Terjemur Matahari dan Cara Memperbaikinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa itu sunburn speedometer?

Dream – Memiliki speedometer digital memang membuat penampilan sepeda motor terlihat lebih canggih. Namun banyak pemilik roda dua tak mengetahui jika sistem kelistrikan model penunjuk kecepatan serta indikator lain dari sepeda motor ini bisa rusak karena terlalu lama terpapar terik matahari. 

Mungkin kamu pernah mendengar istilah sunburn speedometer? Inilah kondisi dimana perangkat pengukur kecepatan, penunjuk isi tangki bahan bakar, dan lampu sein rusak karena terbakar sinar matahari

Dikutip dari Wahana Honda, Rabu 27 Mei 2020, sunburn speedometer tak selama terjadi pada perangkat yang dimiliki sepeda motor. Kondisi ini sangat tergantung dari seberapa lama motor yang bersangkutan berada di bawah sinar matahari.

Jika motor kesayangan kamu hanya terpapar terik matahari maksimal 1 jam saja, ada kemungkinan tidak ada pengaruh yang signifikan pada speedometer digital kamu.

Lain halnya jika kamu meletakkan motor dengan speedometer digital di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama dan secara terus menerus atau setiap hari. Peluang komponen di alat pengukur kecepatan kamu bisa saja mengalami kerusakan.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Sunburn Speedometer

Tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari.

Dengan terbakar dan menjadi rusaknya polarizer tersebut, peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel.

3 dari 4 halaman

Jangan Ganti Filter Polarizer Secara Manual

Perlu dicatat, jangan mengganti filter polarizer secara manual. Memang ada kalanya merasa sudah mengerti mesin dan akhirnya berani mengganti filter poralizer tersebut secara manual.

Hal tersebut sangat tidak disarankan karena ada kemungkinan sistem pada filter polarizer tersebut tidak dapat kembali normal seperti rakitan awal pabrik. Oleh karena itu, disarankan sekali untuk membawanya ke diler resmi daripada harus membetulkan sendiri atau membawanya ke bengkel umum.

Harga dari filter polarizer baru setiap motor berbeda-beda, hal tersebut disebabkan besar kecilnya ukuran panel layar dan komponen pendukungnya. Apabila dipakai sebagai parameternya saja, harga dari filter polarizer baru kurang lebih sebesar Rp1 jutaan.

4 dari 4 halaman

Ada Cara Atasi Sunburn Speedometer?

Tidak ada cara yang benar-benar teknis untuk dapat mengatasi permasalah sunburn speedometer tersebut. Cara teraman satu-satunya adalah dengan tidak meletakkan motor dengan sistem speedometer digital di bawah sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama.

Apabila terpaksa harus diletakkan di bawah sinar matahari, kamu gunakan penutup agar tidak secara langsung terkena paparan panas. Semoga bermanfaat, Sahabat Dream!

Join Dream.co.id