Mobil Tanpa Kaca Depan dan Atap Berani Dibanderol Rp23 Miliar

Automotive | Jumat, 15 November 2019 19:12
Mobil Tanpa Kaca Depan dan Atap Berani Dibanderol Rp23 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Padahal, kaca depan punya fungsi vital bagi pengendara.

Dream - Mobil mewah tentu selalu membuat orang penasaran. Banyak yang ingin duduk di dalamnya meski mesinnya tidak dinyalakan. 

Tapi, mobil mewah yang satu ini bisa dibilang unik. Mobil ini didesain tanpa atap maupun kaca depan. 

 McLaren Elva


Dikutip dari Motor1, Jumat 15 November 2019, mobil ini dinamai Elva, seri terbaru mobil mewah besutan McLaren. Kuda besi ini ditawarkan dengan harga US$1,69 juta, setara Rp23,75 miliar.

Desain mobil ini mirip dengan pendahulunya, McLaren-Elva M1A yang diluncurkan pada 1960-an. Sama seperti pendahulunya, Elva memang tidak dirancang memiliki atap maupun kaca depan.

2 dari 5 halaman

Alasan Kaca dan Atap Ditiadakan

Produsen mobil asal Inggris percaya pengendara mobil balap tak keberatan jika kaca depan dilepas. Alasannya, Elva dirancang untuk “ melindungi” penumpang dengan gelembung aerodinamis.

Mobil ini memiliki lubang di bagian moncong. Udara yang masuk lewat lubang itu disalurkan melewati kap mesin dan keluar dari ventilasi yang terletak di depan area penumpang.

Dengan bantuan deflektor aktif yang naik sampai 5,9 inci, udara akan melesat melalui ventilasi depan melintasi area penumpang. Ini akan membuat pengendara mobil relatif tenang.

 Ada infotainment.

McLaren Elva mengusung mesin twin turbocharged V8 berkapasitas 4 liter. Dilengkapi transmisi 7 percepatan, mesin mobil ini bisa mengeluarkan tenaga 804 hp dan melaju 124 mil per jam dalam 6,7 detik.

Mobil ini juga dilengkapi layar infotainment selebar 8 inci di headunit. McLaren membuat kendaraan ini terbatas hanya 399 unit.

3 dari 5 halaman

Tukang Kayu Boyong McLaren Usai Registrasi Ulang Sim Card

Dream Kisah Singh ini ibarat mendapatkan durian runtuh. Pria yang sudah sepuluh tahun bekerja sebagai tukang kayu di Uni Emirat Arab ini mendapatkan supercar McLaren 570 S Spider setelah mendaftarkan ulang nomor teleponnya.

Dikutip dari Khaleej Times, Senin 4 Maret 2019, perusahaan telekomunikasi di Uni Emirat Arab, Emirates Integrated Telecommunications Company (EITC), mengundang pelanggan yang akun pendaftarannya sudah kedaluwarsa untuk memperbarui nomornya setelah 31 Januari 2019.

Jika tidak, layanannya akan disetop. Dan, Singh termasuk salah satu konsumen yang diundang untuk memperbarui nomor registrasi.

Singh dan teman-temannya memang selalu mengisi kupon undian di toko grosir atau online shop. Harapannya, ya, bisa memenangkan undian.

Singh pun melakukan hal yang sama saat meregistrasi ulang kartu SIM-nya. Dia mengisi undian berhadiah McLaren 570 S Spider. Mobil berpintu gunting ini dijual seharga 750 ribu dirham (Rp2,89 miliar).

 Balvir Singh memenangkan mobil McLaren 570s Spider.

(Sumber: Khaleej Times)

Undian ini dimenangkannya pada Senin 11 Februari 2019. “ Hari Senin merupakan hari yang spesial untuk saya dan anak tertua saya,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Dikira Penipuan

Singh mengatakan, pada 14 Januari 2019, dia mendapatkan pesan bahwa registrasi ulang kartu SIM berhasil. Pada 11 Februari 2019, Singh mendapatkan telepon bahwa undian mobil dimenangkannya.

Semula, pria ini mengira itu adalah penipuan dan temannya juga mengatakan hal yang sama. “ Setelah saya cek kebenarannya, ternyata itu benar,” kata dia.

 Dia tak menyangka bisa memenangkan mobil ini.

(Sumber: Khaleej Times)

Pria ini mengantongi gaji sebesar 2.200 dirham (Rp8,46 juta). Singh merupakan pria yang sederhana dan ingin membantu siapa saja.

Setelah memenangkan mobil, Singh mengaku hanya ingin berkendara dengan sepeda. Dia belum pernah menyetir mobil dan tidak punya Surat Izin Mengemudi (SIM).

5 dari 5 halaman

Mobilnya Dijual

Singh menjual mobil mewahnya seharga 625 ribu dirham (Rp2,4 miliar). Sebagian uangnya akan digunakan untuk berinvestasi dan membangun perusahaan. Sisanya digunakan untuk membeli rumah.

Singh pulang kampung selama 3-4 bulan untuk menikmati waktu keluarga yang berkualitas dan juga membawa mereka ke Dubai untuk bertamasya. Namun, pria ini tidak keluar dari perusahaannya. “ Saya tetap bekerja di Uni Emirat Arab sampai perusahaan baru diluncurkan.

Deputi CEO Telco EITC, Fahad Al Hassawi, memberikan selamat untuk Balvir Singh yang sudah memenangkan undian mobil.

“ Kami mengucapkan selamat kepada Balvir Singh karena memenangkan hadiah ini dan mendorong pelanggan untuk ikut serta dalam kompetisi mendatang,” kata Fahad.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id