Sudah Bisa Dipesan, Berapa Lama Inden Suzuki XL7?

Automotive | Sabtu, 15 Februari 2020 16:45
Sudah Bisa Dipesan, Berapa Lama Inden Suzuki XL7?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini menyasar pasar SUV murah.

Dream - Suzuki Indonesia baru saja merilis Suzuki XL7. Kendaraan bermotor ini dilengkapi dengan fitur-fitur kekiian seperti smart e-mirror, power socket di setiap baris, dan keyless push start stop button.

Apakah mobil ini sudah bisa langsung dipesan? Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Makmur, mengatakan pada dasarnya mobil ini sudah didistribusikan ke diler-diler sejak sebulan yang lalu. Saat diluncurkan, mobil ini sudah siap untuk dipesan. Hanya, ada sedikit kendala di bagian perjalanan untuk diler yang jaraknya jauh.

“ Pemesanan mungkin terjadi di beberapa diler. Hanya karena kami belum izinkan untuk delivery, jadi masih ditahan. Tapi, mulai hari ini sudah boleh di-delivery,” kata Makmur di Jakarta, Sabtu 15 Februari 2020.

 

2 dari 7 halaman

Indennya Berapa Lama?

Makmur belum bisa memastikan apakah ada inden mobil Suzuki XL7 atau tidak. Dikatakan bahwa ada inden atau tidak bergantung permintaan di daerah.

“ Tergantung daerah tersebut dan masing-masing diler. Kalau untuk berapa lamanya, saya belum tahu. Saya juga belum menerima data,” kata dia.

Mobil ini memiliki 6 varian warna serta 3 varian jenis, yaitu, Alpha, Beta, Zeta serta 2 transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk permasalahan inden atau tidaknya mobil ini itu tergantung dari dealer yang mendistribusikannya ada di daerah mana serta warna dan variannya.

(Laporan: Sania Suha Marwan)

3 dari 7 halaman

Suzuki XL-7 Coba Menantang Terios, Daihatsu: Mau Coba `Kue Manis`

Dream - Suzuki XL7 akan segera hadir untuk pasar otomotif Tanah Air. Mobil kategori SUV ini siap bersaing dengan pemain lama yang sudah membawa kuda pacu unggulannya seperti Daihatsu Terios dan Mitsubishi Xpander.

Jika tak ada halangan, XL-7 akan diperkenalkan secara resmi pada akhir pekan ini, tepatnya, Sabtu, 15 Februari 2020.  

Menanggapi kemunculan Suzuki XL-7, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan kehadiran pesaing baru di industri otomotif adalah fenomena normal.

“ Kalau melihat pasar SUV, semua mau coba ‘kue manis’ ini seperti Xpander kan? Itu saya pikir normal. Yang diuntungkan sudah pasti customer,” kata Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 12 Februari 2020.

 

 Suzuki XL-7 Coba Menantang Terios, Daihatsu: Mau Coba Kue Manis© Dream

 

Daihatsu sendiri masih percaya dengan Daihatsu Terios yang memiliki peminat cukup besar. Amelia mengatakan Terios telah didesain untuk kondisi jalan di Indonesia sehingga yakin bisa bersaing dengan mobil dari pabrikan lain.

“ Buat Daihatsu menanggapinya normal dan biasa saja, karena Terios dibuat sesuai dengan kondisi Indonesia. Jadi mereka yang memilih pasti akan memilih yang terbaik. Kami siap untuk bersaing,” kata dia.

Sekedar informasi, secara tampilan memang tidak ada perbedaan Suzuki XL7 dengan Suzuki XL6 yang telah dirilis di India. Mobil ini tampak kental dengan nuansa crossover berkat terpasangnya body-cladding hitam, gril dan bumper baru, serta roof-rail.

Sementara itu, bagian belakangnya masih menggunakan stoplamp dari Suzuki Ertiga, namun telah memiliki skid-plate silver. Perbedaan kemungkinan besar ada di interior Suzuki XL7

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

4 dari 7 halaman

Suzuki XL7 Meluncur Pekan Depan, Siap Tantang Terios dan Xpander?

Dream - Suzuki XL7 dipastikan akan mengaspal di jalanan Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan akan memboyong mobil low SUV tersebut pekan depan, tepatnya 15 Februari 2020.

“ Tadi sudah lihat anagramnya. Pokoknya sebentar lagi kami luncurkan. Kami juga minta model ini kami ekspor. Pastinya kami produksi lokal,”kata Marketing Director 4W SIS, Donny Saputra, di Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

Tentang bocoran penampakan Suzuki XL7 yang beredar di media sosial, termasuk harga, Donny mengatakan unggahan tersebut bukan berasal dari internal perusahaan. Kebenarannya tentang penampakannya pun tak bisa dipertanggungjawabkan.

 

 Suzuki XL7 Meluncur Pekan Depan, Siap Tantang Terios dan Xpander?© Dream

 

“ Karena ini bukan informasi resmi dari kami, jadi saya bilang kemungkinan isinya belum tentu benar. Angka ini dapatnya dari mana. Bisa lebih murah? saya tidak ngomong,” kata dia.

Sekadar informasi, tampilan Suzuki XL7 memang tak terlihat mencolok dari abangnya, Suzuki XL6 yang telah dirilis di India. Mobil ini tampak kental dengan nuansa crossover berkat terpasangnya body-cladding hitam, gril dan bumper baru, serta roof-rail.

Sementara di bagian belakang masih menggunakan stoplamp dari Suzuki Ertiga, namun telah memiliki skid-plate silver. Perbedaan kemungkinan besar ada di interior Suzuki XL7.

5 dari 7 halaman

Beda XL6 dan XL7

Seperti namanya, Suzuki XL6 hanya berkapasitas 6 penumpang, dengan kehadiran captain seat di baris kedua. Sedangkan Suzuki XL7 tampaknya masih menggunakan konfigurasi tempat duduk yang sama dengan Suzuki Ertiga.

Layaknya Suzuki XL6 di India, Suzuki XL7 pun mengusung mesin berkode K15B layaknya Suzuki Ertiga. Dapur pacu 4-silinder 1.500 cc DOHC itu menghasilkan tenaga sebesar 102 Tkdan torsi 138 Nm.

Dengan berbagai informasi tersebut, pihak PT SIS masih tetap enggan angkat bicara mengenai kehadiran Suzuki XL7 di Indonesia. Bocoran terbaru, mobil itu akan dirilis pada 15 Februari 2020 mendatang.

Nantinya, Suzuki XL7 akan berhadapan dengan Mitsubishi Xpander Cross di Indonesia. Kehadirannya pun telah dinanti para penghuni segmen Low SUV, yaitu Honda BR-V, DFSK Glory 560, Daihatsu Terios, dan Toyota Rush.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

6 dari 7 halaman

Suzuki XL7 'Musuh Xpander Cross' Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Harganya

Dream - Setelah menjadi perbincangan pecinta otomotif, Suzuki XL7 sudah bisa dipesan konsumen saat ini. Beberapa diler resmi Suzuki menampilkan wujud eksterior dan interior mobil melalui akun media sosial dan mobil ini sudah bisa dipesan.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 22 Januari 2020, penampakan mobil penantang Mitsubishi Xpander Cross diunggah di akun Instagram @promosuzuki_cinere. Dari sisi eksterior, terlihat jelas Suzuki XL7 memiliki grille besar dan ramping. Ada beberapa detail krom. Sayangnya, tak ada informasi detail spesifikasi kendaraan secara terperinci.

 

 Suzuki XL7 Musuh Xpander Cross Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Harganya© Dream



“ Kalau mau pesan, kami sudah buka pemesanan mobil,” kata seorang tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya kepada Liputan6.com. 

Ada tiga pilihan varian yang ditawarkan oleh XL7, yaitu Zeta, Beta, Alpha. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp230 juta-Rp267 juta.

Berikut ini adalah estimasi harga masing-masing varian XL7 untuk manual transmission (MT) dan automatic transmission (AT).

7 dari 7 halaman

Rincian Harganya

Tipe MT

Zeta MT: Rp230 juta
Beta MT: Rp246,5 juta
Alpha MT: Rp256,5 juta

Tipe AT

Zeta AT: Rp240,5 juta
Beta AT: Rp257 juta
Alpha AT: Rp267 juta

“ Harga ini masih estimasi, ya,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Join Dream.co.id