Ini Penyebab Pengendara Mobil Mewah Arogan & Agresif di Jalan

Automotive | Jumat, 7 Februari 2020 06:14
Ini Penyebab Pengendara Mobil Mewah Arogan & Agresif di Jalan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penelitian menunjukkan bahwa pengendara mobil mewah cenderung melanggar rambu-rambu lalu lintas dan bersikap agresif.

Dream - Sebuah studi yang dilakukan Profesor Psikologi University of Helsinki’s Swedish School of Social Science, Jan-Erik Lonngvist, menunjukkan bahwa pengendara mobil mewah cenderung melanggar rambu-rambu lalu lintas dan bersikap agresif.

Dikutip dari World of Buzz, Jumat 7 Februari 2020, kajian yang terbit dalam Journal of International Psychology ini menyebut pemilik dan pengendara mobil mewah sembrono. 

Mereka termasuk pengguna jalan yang paling tidak memperhatikan aturan lalu lintas. Misalnya, ngebut, tidak meberikan lampu sein, cenderung mengemudi agresif.

Kajian ini berdasarkan pada asumsi kekayaan bisa merusak pola pikir seseorang, membentuk perilaku konsumtif, dan berperilaku tidak etis. Ditambahkan juga orang-orang yang menyukai mobil mewah adalah berkarakteristik narsisme dan ingin menonjolkan status sosial.

Jan Erik menilai pengemudi mobil mahal cenderung lebih rentan terhadap pelanggaran lalu lintas dan membuat mereka lebih sering memotong jalan pejalan kaki. Dikatakan juga pria pengemudi mobil mewah lebih ceroboh daripada yang wanita.

2 dari 6 halaman

Banyak Mobil Mewah `Mangkrak` di Jalanan Dubai, Ini Penyebabnya

Dream - Dubai, Uni Emirat Arab terkenal sebagai kota yang menawarkan kemewahan. Ingin merasakan pengalaman jadi orang kaya sehari saja, Dubai tempatnya.  

Di balik kemewahan itu, terselip catatan miris. Sejumlah mobil mewah, bahkan yang langka sekalipun, dapat ditemukan dengan mudah dalam keadaan " mangkrak" alias terlantar di jalanan atau parkiran bandara.

Dikutip dari Auto Evolution, Kamis, 12 Desember 2019, hal ini menjadi perhatian serius otoritas UEA. Mereka pun menyusun sejumlah langkah untuk menangani masalah ini.  

Mobil-mobil seperti Ferrari, Jaguar, dan Porsche sering ditinggalkan begitu di jalan raya. Ada juga mobil langka seperti Ferrari Enzo milik seorang pengusaha tambang dibiarkan tak terurus.

 

 Banyak Mobil Mewah Mangkrak di Jalanan Dubai, Ini Penyebabnya© Dream

 

Kabarnya, pemilik mobil itu juga meninggalkan pekerjaan dan rumahnya. Padahal, Ferrari Enzo hanya diproduksi 399 unit di seluruh dunia.

Ternyata, mobil-mobil mewah itu terlantar lantaran pemiliknya mengalami krisis keuangan. Dalam banyak kasus, saat seseorang tak punya uang cukup untuk menutup utangnya, dia dengan cepat kabur agar tidak dipenjara.

Masalah finansial di UEA tidaklah main-main. Utang yang belum dibayar bisa menyeret orang ke bui.

Tentu saja, melunasi utang memang solusi yang terbaik. Tapi, kadang cara ini makan banyak waktu. Makanya, mereka memilih jalan pintas dengan menelantarkan kendaraannya di jalan.

3 dari 6 halaman

Niat Blokir Motor di Samsat, Penjual Sepatu Bingung Tercatat Punya 3 Mobil Mewah

Dream - Bukannya senang, Edi Hartono malah terlihat sedih saat namanya tercatat sebagai pemilik tiga mobil mewah di kantor Samsat.

Bagaimana tidak bingung dan stres? Edi hanyalah seorang tukang penjual sepatu keliling di sekitar Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan.

 

 Niat Blokir Motor di Samsat, Penjual Sepatu Bingung Tercatat Punya 3 Mobil Mewah© Dream

 

Menurut data di Samsat, nama Edi dipakai untuk membeli tiga mobil mewah. Masing-masing adalah Mercedes-Benz 220, Mercedes-Benz 190, dan supercar Ferrari Dino.

4 dari 6 halaman

Tahu Saat Akan Memblokir STNK

Edi memang patut kaget karena saat mengurus pemblokiran STNK di Samsat, namanya tercatat sebagai pemilik tiga mobil mewah tersebut.

Padahal, Edi mengaku hanya punya satu motor atas namanya sendiri. Dia ke Samsat untuk memblokir STNK karena motornya sudah dia jual.

" Saya awalnya punya motor tiga, tapi udah saya jual dua, dan tinggal satu, lalu saya ke Samsat sana untuk blokir motor dua yang saya udah jual, cuma saya gak baca bahwa disitu tertulis ada roda empat ada mobil satu Ferrari, dan dua mobil Mercedes Benz," kata Edi dikutip Dream dari Merdeka.com

5 dari 6 halaman

Semua Cocok dengan Data KTP-nya

Edi mengaku tidak habis pikir kenapa namanya bisa terdata sebagai pemilik tiga mobil mewah di Samsat.

Tetapi, ketiga kendaraan mewah itu benar-benar memang atas namanya. Tidak itu saja, mulai dari alamat hingga tanggal lahir juga atas nama Edi Hartono.

" Ya pokoknya semua yang ada di KTP saya," katanya setelah melihat data yang dibeberkan oleh petugas Samsat.

 

6 dari 6 halaman

Berawal dari Kartu Jakarta Pintar (KJP) Bermasalah

Edi kemudian menceritakan bahwa pada tanggal 29 Oktober, dia mendapat pemberitahuan dari sekolah anaknya di SMPN 265 Kebon Baru.

Pihak sekolah memberitahukan bahwa Kartu Jakarta Pintar (KJP) anaknya bermasalah. Karena namanya tercatat memiliki banyak mobil mewah.

" KJP itu kan buat orang tidak mampu. Kalau orang tuanya punya lebih kendaraan ya anak tidak bisa dapat KJP," kata Edi.

Karena cemas anaknya tidak dapat subsidi pemerintah, Edi cepat-cepat mengurus KJP anaknya.

Edi masih belum tahu apakah subsidi pendidikan untuk anaknya sudah diberhentikan atau belum.

Menurut Edi, KJP biasanya akan cair tepat pada saat tanggal 20 atau sebelumnya.

(Sumber: Merdeka.com)

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id