Ssst... Ini 3 Bahaya Jika Pakai Helm Tanpa Kaca Pelindung

Automotive | Kamis, 26 November 2020 09:13
Ssst... Ini 3 Bahaya Jika Pakai Helm Tanpa Kaca Pelindung

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa saja, tuh?

Dream – Penggunaan helm saat berkendara sepeda motor merupakan sebuah kewajiban yang tak boleh dilanggar. Komponen yang satu ini berguna untuk melindungi kepala dari benturan benda-benda tumpul, seperti batu, ranting pohon, hingga aspal.

Sayangnya, masih banyak orang tak mau memakai helm saat bepergian. Kalaupun mau, sebagian orang memilih menggunakan helm yang tidak memenuhi standar berkendara.

Misalnya helm-helm yang berbahan tipis hingga tak memiliki visor atau kaca pelindung. Akibatnya, ketika terjadi hal-hal tak terduga selama berkendara di jalan raya. Para pengendara motor yang menggunakan helm non-SNI ini rawan mengalami cedera yang cukup fatal.

Dikutip dari Federal Oil, Kamis 26 November 2020, ada bahaya-bahaya jika memakai helm tanpa visor atau kaca. Pertama, mata mudah kelilipan benda asing.

Visor atau kaca pelindung pada helm berguna sebagai penangkal debu, kotoran hingga hewan-hewan kecil yang berterbangan di jalan agar tidak sampai masuk ke area mata.

Jika berkendara dengan helm tanpa visor ini, risiko benda-benda asing masuk ke mata kamu pun jauh lebih besar. Apabila tidak dapat menguasai diri dan motor, kendaraan yang kamu tumpangi bisa jatuh dan menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas sewaktu-waktu.

Kedua, penglihatan terganggu karena silau. Selain untuk melindungi indra penglihatan kamu dari masuknya benda-benda asing. Kaca visor pada helm juga berguna sebagai penangkal sinar UV dari matahari agar tidak mengganggu penglihatan kamu selama berkendara di siang yang terik.

Tak hanya itu, sinar UV juga dapat merusak penglihatan kamu jika dibiarkan masuk terus menerus. Nah, maka dari itu penggunaan visor pada helm sangat direkomendasikan terutama ketika berkendara di siang hari.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Kendali hingga Silau

Ketiga, kehilangan kendali dan konsentrasi. Jika indra penglihatan kemasukan benda asing atau silau saat berkendara. Secara otomatis, kamu akan memicingkan mata ataupun menguceknya saat itu juga. Hal ini bisa berakibat fatal jika kamu tidak bisa memegang kendali stang motor dengan kuat dan stabil.

Risiko jatuh hingga menabrak objek yang ada di depan merupakan yang paling sering terjadi. Tentu kamu tidak mau mengalaminya, kan? Daripada mengenakan helm yang tidak dilengkapi visor atau kaca pelindung, lebih baik gunakan helm berstandar SNI.

Kamu bisa mengatasinya dengan google atau kacamata pelindung jika dirimu adalah penikmat helm bergaya retro yang tak dilengkapi dengan visor. Dengan demikian, kamu pun akan terhindar dari risiko kelilipan benda asing hingga silau dari cahaya matahari.

3 dari 3 halaman

Saat Pilih Helm, Perhatikan 3 Hal Ini

Dream – Salah satu perlengkapan yang penting digunakan saat mengendarai sepeda motor adalah helm. Barang ini bisa melindungi kepala ketika terjadi benturan.

Dikutip dari Otosia, Jumat 9 Oktober 2020, memilih helm pun tak boleh sembarangan. Unsur perlindungan, kenyamanan, dan style dari pemiliknya juga harus terpenuhi.

“ Jadi ada 3 hal utama ketika memilih helm, yaitu safety atau keselamatan, comfort atau kenyamanan, dan style atau modelnya. Ketiganya ini adalah urutan, tidak boleh dibalik,” kata pemilik Gasoline Rider Station—salah satu toko perlengkapan berkendara di Jakarta.

 

Saat Pilih Helm, Perhatikan 3 Hal Ini© Dream

 

Chris mengatakan, fungsi keselamatan helm dilihat dari standardisasinya. Di Indonesia, pemerintah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), DOT di Amerika Serikat, ECE Eropa, dan yang tertinggi SNELL atau dinyatakan layak turun di kejuaraan balap internasional.

" Kalau sudah safety, aman, lihat kenyamanannya,” kata dia.

Bagaimana cara mengeceknya? Kamu tinggal menekam bagian belakang helm ke depan. Selipkan jari telunjuk ke antara dahi dan helm.

“ Kalau masih masuk, berarti terlalu besar,” kata dia.

Mengenai style atau tampilan, kamu bisa memilih beragam model helm yang tersedia. Sekarang pun sudah banyak pabrikan yang memasarkan helm dengan corak pembalap MotoGP, World Superbike (WSBK), dan ajang lainnya.

Join Dream.co.id