Sistem Autopilot Nyerah dengan Kemacetan di Vietnam, Gimana Jakarta?

Automotive | Selasa, 6 April 2021 12:42
Sistem Autopilot Nyerah dengan Kemacetan di Vietnam, Gimana Jakarta?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dalam video itu, terlihat bahwa sistem ini terlalu cepat `mengibarkan bendera putih` terhadap kemacetan di jalan raya di Vietnam.

Dream – Fitur autopilot tak jarang membuat orang-orang berdecak kagum. Fitur ini bisa mengemudikan kendaraan tanpa campur tangan pengemudi.

Belakangan ini, sistem autopilot terbaik masih disandang oleh Tesla.

Merek ini memiliki rekam jejak yang baik untuk fitur autopilot. Sistem ini tak jarang mengambil alih kendali mobil secara keseluruhan, bahkan ketika pengemudi tertidur.

Sistem autopilot Tesla ini bisa menangani kemacetan di Amerika Serikat. Lantas, bagaimana dengan negara-negara lainnya, sebut saja Vietnam?

2 dari 3 halaman

Begini Awalnya

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 6 April 2021, belum lama ini beredar video di media sosial tentang autopilot Tesla VS kemacetan di Vietnam. Dalam video itu, terlihat bahwa sistem ini terlalu cepat `mengibarkan bendera putih` terhadap kemacetan di jalan raya di Vietnam.

 Tesla VS kemacetan (1)
© World of Buzz

Dikatakan bahwa lalu lintas terlalu berbahaya dan sistem tidak bisa mengatasi kemacetan dan pergerakan di sekitar mobil di Vietnam.

Berdasarkan video yang viral, sensor yang terpasang di mobil Tesla, mendeteksi situasi lalu lintas dan sekitarnya. Saat itu, kendaraan dalam keadaan diam.

 

3 dari 3 halaman

Wah, Menyerah

Untuk sementara, sensor cerdas mobil ini mencoba mendeteksi rute potensial untuk memungkinkan kendaraan terus bergerak. Tapi, akhirnya sistem ini menyerah sebelum simbol roda kemudi muncul di layar.

Tak lama, muncul juga kalimat ‘take over immediately’. Kalimat ini menginstruksikan pengemudi untuk mengambil alih setir mobil.

 Tesla VS kemacetan (2)
© World of Buzz

Tak hanya itu, sensor mobil juga menginformasikan bahwa cruise control is available. Ini menandakan bahwa autopilot tak bekerja saat itu.

Waduh, ternyata, kecanggihan teknologi pun harus bertekuk lutut terhadap kemacetan jalan raya. Jika di Vietnam sistem autopilot bisa menyerah begitu saja, lantas bagaimana dengan di Jakarta? Ada yang sudah pernah mencobanya?

Join Dream.co.id