Siapa Pembeli Mobil 'Hijau' Mitsubishi Seharga Rp1,2 Miliar?

Automotive | Jumat, 7 Februari 2020 18:49
Siapa Pembeli Mobil 'Hijau' Mitsubishi Seharga Rp1,2 Miliar?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Lebih dari setengah pemesan Outlander PHEV datang dari...

Dream - Langkah Mitsubishi memasarkan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) ke Indonesia terbilang nekat.

Maklum mobil itu 'lahir' tanpa keringanan dari pemerintah, baik lewat Peraturan Presiden (Perpes) maupun Peraturan Pemerintah (PP). Otomatis harganya pun cukup tinggi, Rp1,2 miliar

Meskipun terbilang mahal untuk kebanyakan masyarakat, mobil ini ternyata telah mendapat pesanan lebih dari 50 unit.

“ Sudah 21 unit yang sudah dikirim ke konsumen. Sedangkan sisanya diusahakan bakal dipenuhi akhir bulan depan," ujar Head of Public Relation & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Aditya Wardani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat 7 Februari 2020.

 Outlander PHEV© shutterstock.com

Lebih dari setengah pemesan tersebut datang dari konsumen fleet atau perusahaan. Termasuk dari BUMN dan corporate lainnya. Selain itu ada juga konsumen biasa, tapi paling banyak dari kalangan perusahaan di wilayah Jabodetabek.

Minimnya angka penjualan Outlander PHEV tak jadi masalah buat Mitsubishi. Sebab, tujuan utama mereka memasarkan SUV 4x4 ini ke Tanah Air bukan pada volume penjualan.

" Masih tahap sosialisasi, belum ada target penjualan. Outlander PHEV memang disediakan sebagai pilihan bagi mereka yang ingin beralih ke mobil ramah lingkungan. Merasakan pengalaman berkendara lebih futuristik. itu ada sensasi tersendiri," kata Aditya.

 Outlander PHEV© shutterstock.com

Mitsubishi Outlander PHEV untuk pasar Indonesia dibanderol Rp1,294 miliar. Estimasi harga itu sudah mempertimbangkan banyak faktor, termasuk adalah PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah).

Luxury tax untuk model Sport Utility Vehicle (SUV) 4x4 mencapai 40 persen, sehingga harga kendaraan bisa tembus Rp1,2 miliar.

Dari hitung-hitungan harga itu, masih menggunakan tarif yang berlaku sekarang. Namun ke depannya bisa saja berubah, karena pemerintah sedang merencanakan memberikan insentif (kendaraan listrik).

2 dari 6 halaman

Pamer Kecanggihan

Dream - Selain menguji performa kendaraan Mitsubishi di Pulau Lombok, jurnalis Dream dan awak media lainnya juga dapat melihat secara langsung kemampuan discharging yang dimiliki Outlander PHEV.

Mobil yang dibanderol Rp1,294 miliar itu punya fitur keren. Salah satunya dengan memasok tenaga listrik untuk melakukan acara dinner di tepi pantai Novotel Beach, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pada aktivitas ini, peralatan elektrik di sesi BBQ dinner dengan konsep glamping disokong dari tenaga listrik yang disalurkan oleh kendaraan ramah lingkungan ini. Keren!

 Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Baterai yang tersemat di Outlander PHEV memang menjadi sumber listrik rumah untuk jangka waktu 10 jam. Di negeri asalnya, Jepang, mobil ini sangat membantu menjadi generator bila terjadi bencana.

 Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Nah, bila energi baterai hampir habis, mesin bensin 2.4L akan otomatis menyala untuk mengisi ulang baterainya lagi

3 dari 6 halaman

Cara Gunakan Outlander PHEV Jadi Genset

Colokan tipe F sebagai sumber listrik bantuan ini memiliki tegangan 1500 Watt. Letaknya di konsol tengah bagian bawah dan di bagian bagasi.

Adapun baterai berkapasitas 13,8 kWh tersimpan di lantai mobil. Posisinya memberikan nilai lebih berupa ruang yang memadai dan meningkatkan distribusi bobot. Melihat kondisi ketersediaan baterai dan mesin diperlukan untuk pengisian ulang baterai bisa dilihat melalui panel dasbor.

 Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Mobil SUV 4x4 ini mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), menggabungkan mesin konvensional (bensin) dengan motor bertenaga listrik.

Distributor resmi Mitsubishi di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pernah melakukan uji coba bagaimana konsumsi baterai dan bensin mobil ini.

 Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Mereka mengklaim Outlander PHEV bisa menempuh jarak 695 kilometer dalam kondisi full tangki sekitar 45 liter bensin dan full baterai listrik.

4 dari 6 halaman

Bikin Nadine Chandrawinata Kesengsem

Dream - Hari pertama Media Drive Mitsubishi sudah usai. Dimulai dari belajar menganyam di Pasar Seni Sesela, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), makan siang di restoran yang berada di atas bukit, mengunjungi pantai Kuta Mandalika hingga ke Bukit Merese.

Jurnalis Dream yang turut dalam perjalanan menuju semua tempat yang instagrammable itu, merasa tertantang. Akses ke beberapa tempat sangat menanjak, berbatu, dan berliku.

Bahkan ramainya kendaraan yang parkir di pinggir jalan, atau keluar masuk dari gang atau warung, membuat pengendara 4 jenis mobil test drive Mitsubishi harus lebih lincah dalam berkendara.

Termasuk Nadine Chandrawinata yang sempat merasakan di belakang kemudi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Namun, ia berhasil melewati tantangan itu dengan lancar dan nyaman.

 Mitsubishi Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Istri Dimas Anggara ini mengaku sangat nyaman menggunakan mobil berbahan bakar listrik dan mesin ini.

" Suaranya terlalu senyap dan goncangannya empuk banget. Cocok untuk dipakai di Jakarta. Manuvernya enak banget," kata pemain film Generasi Biru ini di Novotel Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis 6 Februari 2020.

Pemain film Labuan Hati ini juga mengklaim mobil yang berkonsep lebih ramah lingkungan ini juga cocok untuk bayi, karena terlalu senyap serta hentakannya sangat halus.

" Suaranya sepi banget. Gue sih suka ya, mobil yang sepi banget. Dan kalau gasnya diinjak, langsung jalan gitu. Lembut banget dan nggak bersuara. Kalau mobil biasa kan, ada suara meraungnya waktu digas" .

Desain interior yang elegan, minimalis, ground clearance tinggi serta ruangan luas, membuatnya semakin merasa nyaman.

Selain itu, SUV ini juga cocok bagi pengendara wanita karena kenyamanan dan desainnya. Terutama, untuk penyuka otomotif dan ingin mulai peduli lingkungan.

" Gue pengin nunjukin bahwa orang nggak harus pakai cara gue untuk peduli sama lingkungan. Ini bisa jadi alternatif untuk yang suka traveling dan otomotif," tutup wanita 35 tahun ini.

Outlander PHEV merupakan salah satu SUV berteknologi tinggi yang sudah dilengkapi 4WD. Memiliki motor listrik dan baterai dengan mesin berbahan bakar 2,4 L. Mobil yang dilego di atas Rp1 miliar ini hadir dengan tiga mode yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

5 dari 6 halaman

Jadi Armada Tanggap Darurat Bencana PMI

Dream - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan dukungan terhadap aktivitas Palang Merah Indonesia (PMI), terutama berkaitan dengan tanggap darurat bencana. Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk peminjaman mobil listrik Outlander PHEV untuk kebutuhan operasional di lokasi bencana.

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura dengan Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita dan disaksikan oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla. 

" Kendaraan listrik ini tentunya akan menambah armada PMI yang diturunkan di lapangan pada saat tanggap darurat dan akan membantu kerja kemanusiaan PMI di lapangan, terutama saat terjadi padam lampu yang sering terjadi saat bencana,” kata Ginandjar melalui keterangan tertulis diterima Dream

Outlander PHEV merupakan mobil listrik yang mengintegrasikan stabilitas dan durabilitas SUV, teknologi 4WD, serta bisa dimanfaatkan sebagai generator listrik. Mobil ini mampu menyalurkan listrik sampai 1,5 KW.

Nakamura mengatakan mobil ini cocok untuk mendukung aktivitas kemanusiaan di area bencana terutama yang minim pasokan listrik. Dengan kendaraan ini, produsen otomotif berlambang tiga berlian ini bisa memberikan kontribusi lebih besar untuk kemanusiaan.

" Mitsubishi Outlander PHEV ini menjadi kendaraan tanggap darurat bencana pertama yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya,” kata dia.

Secara global, kendaraan ini telah diluncurkan di lebih dari 50 negara dengan total populasi lebih dari 229 ribu unit hingga Oktober 2019. Selain itu, pada Mei 2019, Outlander PHEV berhasil meraih penghargaan World Best Selling PHEV.

6 dari 6 halaman

Kamu Bisa Isi Baterai Mitsubishi Outlander dalam Waktu Singkat di Sini

Dream - PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat di Plaza Senayan, Jakarta. Dengan infrastruktur pengisian daya ini, pengguna bisa mengisi baterai mobil listrik dalam waktu 25 menit.

MMKSI juga menghadirkan fasilitas pengisian daya di samping merilis Mitubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pada Juli 2019. Fasilitas ini bertujuan untuk mendukung mobil hybrid berlogo tiga berlian.

“ Sejak dipasarkannya Outlander PHEV di Indonesia, keberadaan fasilitas pengisian daya menjadi faktor yang menunjang terwujudnya mobilitas ramah lingkungan,” kata Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 27 November 2019.

 Fasiltias pengisian Outlander PHEV.© Mitsubishi Motors

MMKSI juga menyediakan fasilitas pengisian daya cepat di 12 diler MMKSI di Jabodetabek, 2 di Bali, dan 1 di kantor MMKSI di Pulomas, Jakarta. “ Ke depannya, kami akan berkolaborasi dengan beberapa pihak lain untuk lebih memperluas wilayah infrastruktur quick charger sebagai bagian dari upaya tersebut,” kata dia.

Berikut ini rinciannya:

1.Kantor PT MMKSI, Jakarta
2.Plaza Senayan, Jakarta
3.Diler Srikandi Alam Sutera, Serpong, Tangerang
4.Diler Srikandi Sunter, Jakarta
5.Diler Srikandi, Mampang, Jakarta
6.Diler SUN Fatmawati, Jakarta
7.Diler SUN Cempaka Putih, Jakarta
8.Diler DIPO Setiakawan, Jakarta
9.Diler DIPO Prabu, Jakarta
10.Diler DIPO Ciwangi, Pondok Indah, Jakarta
11.Diler BRA Tebet, Jakarta
12.Diler DWINDO Bintaro, Banten
13.Diler Radin Inten, Jakarta
14.Diler Nusantara, Sudirman, Banten
15.Diler SUN Badung, Bali
16.Diler BRA Denpasar, Bali

Join Dream.co.id