Kasih `Kode` Desain Mobil Anyar di IG, Nissan Leaf Bakal Segera Mengaspal?

Automotive | Selasa, 27 Juli 2021 14:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Siluet mobil ini diunggah oleh Nissan.

Dream – Nissan Motor Indonesia bersiap untuk mendatangkan mobil anyar di Indonesia. Sengaja memberi teka-teki kepada penggemarnya, Nisaa mengunggah siluet dari penampakan  tunggangan barunya tersebut di akun Instagram resminya, @nissanid, Selasa 27 Juli 2021,

“ Nissan Lovers, bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan. Menjadi partner berkendara dengan teknologi mutakhir dari masa depan yang siap menemani Anda,” tulis Nissan.

Penampakan siluet mobil baru Nissan itu hanya memperlihatkan penampakan bagian belakang. Jika melihat dari desain tersebut serta lampu stop yang menyala, banyak pemerhati otomotif menduga mobil yang akan didatangkan tersebut adalah Nissan Leaf.

 Nissan siap merilis mobil baru.
© Akun Instagram @nissanid

Kasih `Kode` Desain Mobil Anyar di IG, Nissan Leaf Bakal Segera Mengaspal?
Nissan Siap Merilis Mobil Baru. (Foto: Aku Instagram @nissanid)
2 dari 5 halaman

Full Electric?

Warganet menduga kendaraan yang akan dirilis itu adalah mobil listrik penuh.

“ Nissan leaf full electric,” tulis @zudiansyah.

“ Uwaw leaf,” tulis @formulagledek.

“ Hampir saja mau ngetik New Juke, ternyata Nissan Leaf,” tulis @wisnu_panjol.

Sinyal Nissan akan merilis kendaraan baru ini memang sudah berhembus sejak setahun yang lalu. Nissan Indonesia bahkan dikabarkan sudah mendaftarkan Leaf di Permendagri No. 8 Tahun 2020.

Dalam lampiran tersebut Nissan LEAF tercatat memiliki NJKB Rp529 juta serta Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) sebesar Rp555,45 juta. Dengan banderol tersebut, hatchback ramah lingkungan itu bisa lebih terjangkau dibanding mobil listrik lainnya.

Di pasar segmen tersebut diketahui sudah meluncur mobil listrik BMW i3S yang dijual seharga Rp1,299 miliar off-the-road atau sekitar Rp1,5 miliaran OTR Jakarta. Selain itu, ada juga Mitsubishi Outlander PHEV yang dibanderol Rp1,289 miliar.

3 dari 5 halaman

Drifter Muda Indonesia Kesengsem Nissan Kicks e-Power

Dream – Nissan Kicks e-Power menjdi gebrakan di dunia otomotif. Pada akhir 2020, mobil dengan teknologi terbaru ini sempat menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #mobilajib karena ramai dibicarakan komunitas otomotif.

Pesona mobil ini juga menarik perhatian drifter muda Indonesia, Ziko Harnadi. Dia langsung menjajal Nissan Kicks di diler Nissan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

“ Awalnya banyak yang tanya saya di Instagram, minta pendapat soal ‘mobil ajib’ ini. Setelah baca-baca fiturnya emang canggih banget. Karena penasaran, akhirnya saya jajal langsung mobilnya,” ujar Ziko, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 8 Februari 2021.

Mobil elektrik tanpa charger ini juga membuatnya takjub. Dikatakan bahwa baru kali ini ada mobil dengan teknologi tanpa charger.

“ Jadi, tidak repot harus menunggu mobil di-charge dan mobil ini pasti akan jauh lebih irit,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Deretan Fitur Ciamik Mobil Listrik Nissan

Sekadar informasi, Nissan Kicks e-POWER memang 100 persen digerakkan oleh motor listrik. Baterai lithium-ion mengoptimalkan tenaga untuk pengalaman berkendara yang lebih hemat energi.

Setelah melakukan Test Drive, Ziko mengomentari fitur yang memungkinkan pengendara untuk melakukan akselerasi dan deselerasi hanya dengan pedal gas. Kendaraan itu cocok untuk orang-orang yang tinggal di kota besar yang sering berhadapan dengan kemacetan.

 Nissan Kicks e-Power
© Istimewa

“ Setting One Pedal bikin kaki anti pegel,” kata Ziko.

Ada juga Intelligent Forward Collision Warning yang dapat mendeteksi pergerakan tiba-tiba dari mobil kedua yang berada di depan pengemudi dalam satu lajur, sehingga pengemudi bisa mengantisipasi potensi tabrakan. Intelligent Emergency Braking akan secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan darurat saat resiko tabrakan meningkat.

Dengan mengaktifkan fitur Intelligent Cruise Control, secara otomatis mobil akan menjaga kecepatan dan jarak yang aman dari kendaraan di depan pengemudi. Dengan teknologi-teknologi ini, pengemudi akan sangat terbantu dan berkendara menjadi lebih aman.

5 dari 5 halaman

Tertarik Beli Nissan Kicks e-Power

Ziko tertarik untuk membeli mobil elektrik ini. Tapi, kata dia, pemesanan mobil itu belum dibuka kembali. Sampai dengan saat ini, pihak Nissan Motor Distributor Indonesia memang belum memberitakan tanggal kembali tersedianya Nissan Kicks e-POWER. Yang penasaran juga, mari kita sama-sama nantikan.

 Nissan Kicks e-Power
© Istimewa

“ Tertarik banget. Tapi, belum dibuka lagi, nih, pemesanannya,” kata dia.

Sekadar informasi, Ziko memang dikenal sering berbagi ilmu otomotif melalui kanal YouTube “ Garasi Drift” yang memiliki 1,1 juta subscribers. Di usianya yang masih muda, Ziko bahkan memiliki usaha towing sendiri dari modal kesuksesannya di media sosial dan sebagai drifter kebanggaan Indonesia.

Sebagai drifter, Ziko memiliki prestasi yang tidak main-main. Di tahun 2018, Ziko dinobatkan menjadi Juara 4 International Class Intersport WorldStage, Juara 4 Pro Class Kejurnas Rd 3 Subang, Juara 2 Rookie Class Kejurnas Rd 3 Subang, Juara 3 Rookie Class Intersport BSD, dan banyak prestasi lainnya.

Join Dream.co.id