Hati-Hati, Bensin Jenis Ini Cepat Rusak Injektor Motor

Automotive | Senin, 23 September 2019 10:36
Hati-Hati, Bensin Jenis Ini Cepat Rusak Injektor Motor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Injektor merupakan komponen penting bagi motor injeksi.

Dream – Salah satu komponen yang penting dalam mesin sepeda motor berteknologi injeksi adalah injektor. Komponen ini bertugas menyemprotkab bensin ke ruang bakar dengan cara pengabutan.

Performa maupun daya tahan injektor sangat bergantung pada pemakaian jenis bahan bakar.

Sayangnya, banyak pemilik motor injeksi hanya mengandalkan bensin murah bersubsidi dengan oktan rendah. Padahal, sebenarnya bensin beroktan tinggi lebih disarankan untuk sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi.

Dikutip dari Suzuki, Sabtu 21 September 2019, satu hal yang pasti, pengaruh memakai bensin beroktan rendah pasti ada, terutama karena tingkat ’kebersihan’ bensin yang menjadi kurang baik bisa menyebabkan komponen fuel injection (FI) yang sensitif menjadi lebih mudah tersumbat.

Mesin berteknologi injeksi rata-rata rasio kompresinya tinggi, di atas 9 :1. Tujuannya untuk membuat sepeda motor berteknologi injeksi menjadi lebih irit.

Namun, hal ini baru bisa tercapai jika diisi oleh bensin yang sesuai spesifikasi alias beroktan tinggi.

2 dari 8 halaman

Gejala Detonasi Akan Muncul

Semakin besar kompresi mesin, maka akan semakin butuh bahan bakar berkualitas. Dengan memakai bensin beroktan rendah, gejala detonasi (ngelitik) cepat atau lambat akan muncul.

Pada dasarnya mesin injeksi memang minim perawatan, asal dibarengi dengan selalu memakai bahan bakar beroktan tinggi, sesuai spesifikasi.

Sering dijumpai pompa bensin sepeda motor sport injeksi macet karena selalu diisi dengan bensin beroktan rendah.

3 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Motor yang Selalu Minum Bensin Oktan Rendah

Ciri-ciri sepeda motor injeksi yang selalu ‘minum’ bensin beroktan rendah gampang dikenali dan salah satunya adalah aki tekor terus karena pompa bekerja lebih keras akibat kotoran menyumbat filter bensin. Lama-kelamaan injektornya yang akan mampet.

Ketika sepeda motor injeksi, isilah bensin beroktan tinggi, sesuai spesifikasi agar sepeda motor tidak mengalami masalah.

4 dari 8 halaman

Bahaya Keseringan Membiarkan Bensin Motor Skutik Habis

Dream – Sebagian besar sepeda motor saat ini sudah menggunakan teknologi injeksi. Motor dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi diklaim lebih irit dan bertenaga dibaindingkan karburator.

Meskipun motor injeksi mudah dirawat, bukan berarti kuda besi tidak cepat rusak.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 18 September 2019, jika kamu malas merawat, apalagi ganti oli, motor jenis apa pun akan lebih cepat rusak. Aturan yang sama berlaku jika motor kamu sering kehabisan bensin.

 

 Bahaya Keseringan Membiarkan Bensin Motor Skutik Habis

 

Tangki bensin yang minim apalagi sampai kering bisa merusak fuel pump. Pasokan bahan bakar dilakukan dengan sistem injeksi dengan pompa yang berbentuk dinamo.

Nah, komponen ini memerlukan pendinginan melalui bahan bakar pada kendaraan. Kalau sampai habis, pompa akan bekerja lebih berat karena tak ada pendinginannya.

5 dari 8 halaman

Jangan Tertipu! Ini Cara Sederhana Bedakan Bensin Oplosan dan Asli

Dream - Bensin oplosan sangat berbahaya bagi kendaraan bermotor, terutama motor-motor tua. Bensin hasil campuran dari minima dua jenis bahan bakar ini bisa membuat motor pensiun sebelum waktunya. 

Dikutip dari Wahana Honda, Jumat 2 Agustus 2019, bensin oplosan bisa merusak komponen-komponen dalam mesin. Bisa-bisa motormu turun mesin. Berkaca dari hal tersebut, kamu harus waspada ketika membeli bensin, terutama di warung-warung teori jalan.

 Jangan Tertipu! Ini Cara Sederhana Bedakan Bensin Oplosan dan Asli

Jangan sampai niat mengisi bahan bakar karena lebih irit, motormu malah masuk bengkel. Apalagi kalau harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk memperbaikinya.

Agar kamu tak tertipu antara bensin murni dan oplosan, berikut adalah tiga cara yang bisa kamu lakukan:

6 dari 8 halaman

Pakai Jari

Pertama, kamu bisa menggunakan jari tangan untuk menguji bensin yang dibeli ini ori atau abal-abal. Kamu cukup memasukkan jari ke bensin yang dijual. Tunggulah beberapa saat.

Kalau bensinnya lekas mengering, itu artinya asli. Jika sebaliknya, ada sisa di jarimu, itu artinya bensinnya oplosan.

Sekadar informasi, bensin merupakan zat cair yang cepat menguap. Makanya ruang bensin motor dibuat kedap udara dan rapat-rapat.

7 dari 8 halaman

Pakai Koran Bekas

Yang kedua, kamu bisa menggunakan koran bekas. Bensin KW akan membuat tulisan di koran lekas luntur.

Mengapa? Pengoplos biasanya menggunakan minyak tanah sebagai bahan campuran. Tinta koran tak tahan dengan minyak tanah.

Kalau tulisan di koran terbaca dengan jelas, itu artinya bensin yang kamu beli benar-benar bensin, bukan kaleng-kaleng.

8 dari 8 halaman

Perhatikan Warna

Warna bahan bakar juga menjadi solusi, lho. Pada umumnya, bensin yang asli akan berwarna bagus kalau premium ya kuning cerah, pertalite hijau, sedangkan pertamax merah layaknya sirup dan biru tua untuk yang 92.

Kalau kalian menemui selain warna tersebut saat mengisi bensin di pengecer, bisa dipastikan kalau itu adalah bensi oplosan.

Satu lagi, semua bensin yang asli tidak akan meninggalkan banyak edapan di dasar botol. Bahan bakar tersebut selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id