Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Makin Gelap Kaca Film, Mobil Jadi Makin Adem?

Makin Gelap Kaca Film, Mobil Jadi Makin Adem? Ada Anggapan Bahwa Semakin Gelap Kaca Kabin, Semakin Adem Pula Mobil. (foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Dream – Acapkali orang-orang beranggapan bahwa memasang kaca film yang semakin gelap akan membuat mobil semakin adem. Mereka meyakini semakin gelap kaca film bisa memberikan penangkal panas yang lebih baik.

Dikutip dari Hyundai, Kamis 7 Januari 2021, ketika memilih kaca film 60 persen, seringkali dinilai lebih adem dibandingkan dengan 40 persen. Memang tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar karena faktor yang membuatnya lebih adem tidak hanya tingkat kegelapannya.

Secara umum, kaca film pada mobil terbuat dari bahan transparan, umumnya polyester transparan. Jika dilihat, mungkin akan teringat seperti sampul buku secara sekilas.

Namun, hal utama yang mencegah panas masuk ke dalam mobil adalah kandungan diantara bahan polyester tersebut.

Kandungan tersebut biasanya merupakan campuran zat zat besi dan pewarna yang memberikan warnanya. Yang utama dalam mencegah panas tersebut adalah zat-zat besi tersebut yang bisa menyaring sinar UV.

Ini Toh yang Bikin Mobil Adem karena Kaca Film

Tergantung dari kaca film mana yang digunakan, kaca film bisa menyaring hingga 99 persen sinar UV untuk masuk ke dalam kabin. Inilah yang bisa membuat kabin lebih adem dan juga mencegah kulit mengalami panas berlebih ketika berkendara di siang hari. Penyaringan sinar UV juga bisa mencegah kulit terbakar atau bahkan mencegah kanker kulit.

Karena yang utamanya adalah kandungannya, maka sering juga ada kaca film yang terlihat terang atau bahkan bening, namun di dalam kabin tetap adem. Hal ini karena kualitas material yang digunakan pada kandungannya sangat baik.

Justru ketika kita memasang kaca film yang terlalu gelap, bisa bisa malah membahayakan karena ketika malam hari, akan sulit melihat keluar. Meskipun terlihat sepele, jangan salah memilih kaca film ya untuk mobil kesayangan kalian.

Cara Pilih Kaca Film yang Tepat Agar Terlindung dari Terik Matahari

Dream - Situasi terik di kota besar memaksa para pemilik kendaraan untuk memasang kaca film. Selain suhu di dalam kabin lebih adem, kaca film juga membatasi pandangan pejalan kaki dengan pengendara atau penumpang mobil.

Biasanya kaca film di pasang di hampir sleuruh bagian jendela kendaraan. Seperti komponen tambahan lainnya, pemilik kendaraan tak bisa sembarangan memasang kaca film. 

mengutip laman Garda Oto, Senin 16 Desember 2019, ada empat hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kaca film. Pertama, pastikan tingkat kegelapannya pas.

 

 

Bagian tersebut sangat memengaruhi pandangan ketika berkendara, sehingga disarankan untuk memilih jenis kaca yang memiliki tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Dengan tingkat kegelapan tersebut, kamu akan memiliki jarak pandang yang cukup jauh pada siang hari dengan jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan.

Kedua, dari dalam harus terlihat terang. Kaca film mobil yang baik harus tetap terlihat terang jika dilihat dari area dalam mobil. Terdapat jenis tertentu yang tampak gelap dan redup baik dari dalam maupun luar mobil. Hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan jarak pandang menjadi berkurang.

Pilih yang Bisa Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Ketiga, pilihlah kaca film dengan jenis perlindungan UV 400 untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Apakah kamu sering bermacet-macetan di bawah cuaca panas dan terik? Jika iya, kamu membutuhkan kaca film dengan perlindungan UV 400 yang dapat melindungi kulit dari teriknya sinar matahari yang dapat membakar kulit.

Fitur perlindungan UV 400 dapat menolak sinar matahari hingga 99% untuk melindungi pengendara dan berikut penumpang yang berada di dalam mobil.

Keempat, pilihlah kaca film dengan layanan purna jual terbaik.

Sebelum memutuskan untuk memilih kaca film yang diinginkan, pilihlah kaca film dengan kualitas penjualan produk resiko perubahan warna, pengelupasan, keretakan, delaminasi atau demetalisasi yang dapat disebabkan oleh kesalahan manufaktur bahan ataupun instalasi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Sayangnya kecanduan menggunakan telepon pintar bisa membuat seorang ibu hampir membunuh anaknya.

Baca Selengkapnya
Bak Adegan Sinetron! Momen Sedih Bapak Tak Rela Anak Pergi Merantau, Kejar Mobil Sampai Terengah-engah Agar Dapat Kecupan Terakhir

Bak Adegan Sinetron! Momen Sedih Bapak Tak Rela Anak Pergi Merantau, Kejar Mobil Sampai Terengah-engah Agar Dapat Kecupan Terakhir

Momen sedih memperlihatkan bagaimana sang bapak tidak rela anaknya merantau.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya