Seberapa Pintar Fitur WIND di Wuling Almaz?

Automotive | Senin, 22 Juli 2019 17:36
Seberapa Pintar Fitur WIND di Wuling Almaz?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Fitur voice command dibenamkan di Almaz.

Dream – PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling) semakin serius “ bermain” di Indonesia. Selain menawarkan mobil berkursi tujuh, produsen otomotif asak China ini juga merilis, Wuling Indonesia Command (WIND) fitur voice command berbahasa Indonesia.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 22 Juli 2019, fitur voice command ini bukan hal yang baru di dunia otomotif, namun fitur ini terkendala bahasa yang digunakan. Fitur perintah suara baru akan bekerja jika pengemudi lancar berbahasa Inggris.

Tim Liputan6.com menjajal fitur WIND di area test drive GIIAS 2019. Fitur WIND memberikan akses ke berbagai fitur lainnya, seperti hiburan, interaksi, aplikasi, vehicle control, dan telepon.

Sebelum kamu memberikan perintah, kamu wajib menyebutkan kata kunci “ Halo Wuling”. Saat WIND menjawab, kamu akan mendengar nada yang menandakan waktunya untuk memberikan perintah selanjutnya.

Nah, kamu bisa memberikan perintah sesuai apa yang sudah diprogram. Kalau bertanya di luar hal-hal yang di luar program, fitur ini akan kebingungan. Misalnya, pertanyaan “ nama asli kamu siapa” dan “ sudah punya pacar belum”.

Tapi, hal ini tidak menjadi masalah. Fungsi utamai WIND adalah mempermudah penggunanya untuk mengakses fitur-fitur mobil. Lain halnya dengan assistant seperti Google Assistant dan Siri yang punya akses internet dan punya fungsi yang lebih rumit.

2 dari 7 halaman

Bisa Permudah Kamu Cari Lagu

Sebenarnya, kamu bisa mengakses beragam fitur yang penting jika dilakukan menggunakan tangan. Misalnya, mencari frekuensi radio tertentu.

WIND bisa mencari judul lagu yang tersimpan di dalam penyimpanan. Kamu tak perlu repot-repot melihat satu demi satu judul lagu, apalagi kalau koleksinya banyak.

Salah satu fitur yang cukup keren adalah TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Dengan mengatakan " tunjukkan tekanan ban" , maka layar di dasbor akan memperlihatkan tekanan ban setiap roda sekaligus dengan temperaturnya.

3 dari 7 halaman

Mengatur Fitur AC, Jendela, dan Sunroof

Fitur-fitur seperti jendela, sunroof, hingga sistem AC pun bisa diatur melalui WIND. Program perintah untuk pengaturan AC dibuat seunik mungkin dan mudah diingat. Misalkan, dengan kata " saya kedinginan" , WIND akan menambahkan suhu AC sebesar 1 derajat. Begitu pula jika mengatakan " saya kepanasan" , suhu AC akan diturunkan 1 derajat.

Fitur ini bisa membukakan jendela. Namun, jendela ini lebih dikhususkan untuk bagian pengemudi saja. Perintahnya pun sederhana, cukup dengan mengatakan " buka jendela" .

Saat menutupnya pun tinggal mengatakan " tutup jendela" . Hal yang sama berlaku untuk sunroof.

4 dari 7 halaman

Memiliki Potensi untuk Berkembang

Tingkat kerumitan interaksi antara WIND dan penggunanya memang belum serumit Google Assistant atau Siri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur ini mengutamakan interaksi untuk mengakses fitur yang sudah terbenam.

Namun, fitur ini sendiri bisa di-update bersamaan dengan update perangkat lunak pada head unit.

Buktinya, Wuling Almaz yang belum dilengkapi Wind bisa mendapatkan fitur ini tanpa dikenakan biaya jika berkunjung ke bengkel resmi.

Teknologi ini masih memiliki potensi untuk berkembang, dan suatu saat komunikasi mobil dengan manusia seperti di film Knight Rider bisa terwujud.

(Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrahman)

5 dari 7 halaman

Wuling Almaz 7-Seater Plus Voice Command Resmi Mengaspal, Harganya?

Dream - Wuling Motors resmi meluncurkan smart technology untuk SUV Almaz. Teknologi cerdas ini mempermudah pengguna dalam memberikan perintah melalui voice command atau perintah suara.

Vice President Wuling Motors, Cindy Cai, menjelaskan inovasi dan pengembangan teknologi ini dihadirkan melalui inovasi WIND serta formasi 7 seater di varian baru Almaz.

" Ini merupakan langkah kami untuk mewujudkan accelerate technology yang berteknologi cerdas, terintegrasi, dan terhubung," kata Cindy di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis, 18 Juli 2019.

 

 Wuling Almaz 7-Seater Plus Voice Command Resmi Mengaspal, Harganya?

 

Dia mengatakan, WIND merupakan inovasi perintah suara interaktif yang dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan teknologi ini, pengguna bisa memberi perintah pada mobil untuk menyalakan AC, membuka panorama roof, atau akses hiburan musik.

" Fitur canggih ini membentuk smart ecosystem dalam era mobilitas modern," kata dia.

6 dari 7 halaman

Fitur

Sekadar informasi, varian terbaru Almaz ini menggendong mesin bensin turbo berkekuatan 140 hp dan torsi 250 Nm dengan transmisi CVT. SUV cerdas ini juga hadir dengan opsi transmisi manual 6 percepatan.

Mobil ini memiliki fitur-fitur modern, seperti panoramic sunroofstartup button, dan keyless remote. Untuk sistem keamanan dan keselamatan, Wuling menyematkan fitur dual front and frontside airbagelectric parking brakeauto vehicle holdingtraction control systemhill hold control, serta pengereman ABS+EDA+BA.

Mobil ini memiliki desain yang sporty pada bagian depan. Almaz anyar ini memiliki fitur integrated future eyes LED dan lampu proyektor LED.

 Wuling Almaz dikenalkan di Almaz (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Wuling Almaz dikenalkan di Almaz (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Di bagian belakang, Almaz mendapatkan sentuhan bumper pada rear bumper.

Terdapat enam varian pilihan Almaz, yaitu aurora silverstarry blackpristine whitedazzling silvercarnelian red, dan burgundy red.

" Kami berharap inovasi WIND serta opsi 7 seater pada varian smart technology SUV kami ini bisa menghadirkan pengalaman drive for a better life dan memasuki babak baru industri otomotif Tanah Air," kata dia.

7 dari 7 halaman

Harganya?

Wuling Almaz dengan berbagai fitur teknologi canggih itu dibanderol dengan harga Rp263,8 juta-an. Berikut, daftar harga Wuling Almaz pintar dengan harga OTR Jakarta,

1. Almaz Smart Enjoy (MT): Rp263,8 juta
2. Almaz Smart Enjoy CVT: Rp275,8 juta
3. Almaz Exclusive 5 seater: Rp328,8 juta
4. Almaz exclusive 7 seater: Rp338,8 juta.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id