Salah Isi BBM untuk Mobil Diesel, Pemilik Kendaraan Harus Bagaimana?

Automotive | Rabu, 7 April 2021 11:47
Salah Isi BBM untuk Mobil Diesel, Pemilik Kendaraan Harus Bagaimana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Salah isi BBM mobil sering terjadi.

Dream – Sebelum muncul mobil listrik, pembakaran internal kendaraan umumnya masih terbagi menjadi dua. Keduanya adalah mesin berbahan bakar bensin dan diesel.

Meski sama-sama berbentuk cairan, kesalahan menggunakan jenis bahan bakar untuk dua tipe kendaraan ini bisa menimbulkan masalah. Tak heran jik seseorang hendak meminjam mobil kepada saudara, tetangga atau teman akan terlebih dahulu menanyakaan jenis bahan bakar yang digunakan. 

Sayangnya masih ada orang yang lupa untuk melakukannya. Mereka yang tak paham dengan model mobil diesel karena tarikannya kini semakin hallus, tahu-tahu saja memilih mengisi tangki kendaraan dengan bensin. 

Nah kalau kondisinya sudah seperti itu, apa yang harus kamu lakukan jika tangki bahan bakar sudah terlanjur diisi?

Dikutip dari Hyundai, Rabu 7 April 2021, cara satu-satunya adalah jangan menyalakan mesin. Segeralah kuras tangki bahan bakar.

2 dari 2 halaman

Mengapa?

Hal ini terjadi karena diesel dan bensin merupakan bahan bakar yang memiliki sifat yang sangat berbeda. Bensin sangat mudah terbakar, sedangkan diesel cenderung sulit terbakar karena perlu tekanan dan suhu ekstrem.

Jika mesin diesel misalnya kemasukan bensin ke tangkinya, tangki tersebut dan bensin sudah tercemar oleh bensin. Mengurasnya pun harus kuras total untuk memastikan tidak ada bensin sedikitpun di tangki.

Apabila mesin sudah terlanjur sempat menyala, Sahabat Dream harus menguras dan membersihkan sistem bahan bakar. Misalnya, fuel pump dan injektor.

Untuk menguras dan memperbaiki tangki bahan bakar, kamu bisa melakukannya di bengkel resmi. Semua pengurasan dan perbaikan akan membuat kendaraan tak pernah mengalami salah isi sebelumnya.

Join Dream.co.id