Stay at Home Berfaedah, Ini Tips Perawatan Ringan Sepeda Motor di Rumah

Automotive | Senin, 30 Maret 2020 06:24
Stay at Home Berfaedah, Ini Tips Perawatan Ringan Sepeda Motor di Rumah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Setidaknya kerja dari rumah akan memberikanmu banyak waktu luang.

Dream – Memanfaatkan waktu kerja di rumah bisa memberikanmu banyak waktu luang di rumah. Tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pulang dari kantor, jam kamu di rumah tentu bisa bertambah.

Mengisi waktu kosong usai bekerja di rumah bisa kamu isi dengan berbagai kegiatan. Jika kamu pecinta sepeda motor, mungkin ini waktunya mendandani roda dua kesayangan kamu.

Tapi tetap ingat ya, merawat motor ini jangan dulu dilakukan di bengkel. Kamu bisa lho melakukan perawatan sederhana untuk sepeda motor kamu sendiri di rumah.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 30 Maret 2020, tim training Technical Service Function Main Dealer Honda Jakarta Tangerang berbagi tips merawat motor dengan mudah di rumah. Pertama, cucilah bodi motor secara menyeluruh.

Selain bersih, kita juga bisa tahu beragam kemungkinan kerusakan seperti lecet di bodi atau bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, atau cairan berpendingin mesin. Jika sudah ketahuan, kamu bisa melakukan tindakan yang lainnya.

Kemudian, kamu bisa memeriksa kondisi oli dengan membuka deepstick oli untuk mengetahui keenceran oli dan level tinggi oli. Cek kondisi kekencangan rantai untuk tipe Cub dan Sport sedangkan tipe AT bisa dilakukan dengan menyalaka motor sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan.

Terakhir, pastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin dan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara.

2 dari 3 halaman

Hujan Bikin Mager ke Bengkel, Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah

Dream - Musim hujan seperti saat ini memang membuat kita malas ke luar rumah apalagi jika harus menggunakan motor. Meski oli sepeda motor sudah waktunya diganti, kita akan cenderung menundanya sampai rasa malas itu hilang.

Pergi ke bengkel untuk ganti oli kadang membuat mood menjadi buyar jika hujan turun. Daripada mesin motor kammu rontok karena mager ke bengkel, mengapa tak melakukannya sendiri di rumah.

Sebelum mulai melakukannya, pastikan kamu sudah membeli oli untuk tunggangan setiamu. 

 

 Hujan Bikin Mager ke Bengkel, Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah© Dream



Mengutip laman Federal Oil, Selasa, 4 Februari 2020, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan oli yang sudah direkomendasikan untuk motor. Jika oli sudah disiapkan, selanjutnya kamu perlu mempersiapkan alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Peralatan ini meliputi kunci pas sesuai dengan ukuran baut pembuangan oli pada motor. Kamu juga membutuhkan tang untuk membuka tutup lubang pengisian oli motor, wadah penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

3 dari 3 halaman

Waktunya Mengganti Oli

Setelah semua peralatan siap, mulai dengan membuka baut pembuangan oli dengan kunci yang sudah disiapkan tadi. Untuk membukanya, kamu cukup memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk menutup, kamu cukup memutarnya searah jarum jam.

Kalau baut pembuangan oli sudah dibuka, biarkan oli yang ada di dalam mesin keluar semuanya. Kalau sudah keluar semua oli bekasnya, tutup kembali baut pembuangan pelumas.

Siapkan oli baru, buka tutup lubang pengisian oli, kemudian masukkan oli baru, bisa juga manfaatkan corong agar mudah memasukkan oli. Kalau oli baru sudah masuk, tutup kembali tutup lubang pengisian oli motornya.

Join Dream.co.id