Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mobil Tiba-Tiba Blong, Tarik Rem Tangan Pelan-Pelan Biar Selamat

Mobil Tiba-Tiba Blong, Tarik Rem Tangan Pelan-Pelan Biar Selamat Rem Tangan Bisa Digunakan Saat Kondisi Darurat. (Foto: Shutterstock)

Dream – Rem blong merupakan mimpi terburuk bagi para pengemudi mobil. Tak peduli kamu termasuk pengendara mahir atau pemula, kondisi rem yang tak berfungsi bisa membuat sopir pani dan berujung kecelakaan fatal.

Saat menghadapi situasi darurat tersebut, pengemudi membutuhkan ketenangan agar tetap bisa berpikir. Jika sudah menguasai diri dan kondisi lalu lintas dipastikan aman, ada satu trik darurat yang bisa kamu praktikkan.

Dikutip dari Hyundai, Senin 22 Maret 2021, kamu bisa menggunakan rem tangan ketika alat penghenti kendaraan itu tiba-tiba blong. 

Rem tangan diketahui mempunyai jalur yang berbeda dengan rem pedal.

Mengapa Rem Kaki Bisa Blong?

Rem kaki diketahui beroperasi dengan cairan minyak rem. Rem akan menekan caliper dan memperlambat laju mobil. Kondisi rem blong bisa terjadi karena ada tekanan yang hilang atau rem overheat.

Kerusakan yang terjadi adalah karena rem kehilangan tekanan, ada kebocoran, udara dalam sistem, ataupun cairan mendidih karena panas.

Dalam kondisi ini rem tangan bisa membantu memperlambat laju mobil.

Begini Cara Kerja Rem Tangan

Rem tangan bekerja dengan kabel yang ditarik oleh tuas rem tangan. Rem belakang yang diatur rem tangan ini bisa `menggigit`. Itulah sebabnya rem tangan disebut dengan emergency brake atau e-brake.

Ingat, saat terpaksa menarik menarik rem tangan ketika kondisi darurat, lakukanlah secara perlahan. Tindakan menaarik rek secara cepat dan langsung, hanya akan mengunci roda belakang. Alhasil bisa mengakibatkan kendaraan oversteer yang tentunya membahayakan pengendara dan penumpang.

Kamu yang sudah dilengkapi teknologi rem tangan elektronik bisa sedikit bernapas lega. Alasannya, ketika tuas ditarik rem, akan secara otomatis diaplikasikan secara perlahan sehingga kemungkinan oversteer akan sangat minim.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP