Salah Ambil Jalur Tol, Mobil Jimny Nekat Putar Balik di Jembatan

Automotive | Rabu, 15 April 2020 12:48
Salah Ambil Jalur Tol, Mobil Jimny Nekat Putar Balik di Jembatan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Salah jalan, Pak?

Dream – Meski sudah tahu dilarang, banyak pengendara sepeda motor yang tetap nekat menggunakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) untuk berputar arah. Aksi nekat itu biasanya dilakukan karena tempet berputar terlampau jauh.

Namun kamu pasti tak pernah membayangkan apalagi melihat sebuah mobil yang menggunakan jembatan itu untuk berputar balik?

Dikutip dari video yang dimuat South China Morning Post, Rabu 15 April 2020, pengemudi Suzuki Jimny di Tiongkok nekat melintasi JPO Pengemudi di Tiongkok. JPO tersebut terletak di atas jalur jalan bebas hambatan.

Pria ini melintas JPO lantaran salah mengambil jalur. Alih-alih keluar di pintu tol terdekat, si sopir memilih mendorong Jimmy-nya menaiki tangga, dan bermanuver melalui jalan layang yang sempit dan turun di sisi lain jalan.

 Suzuki Jimny U-Turn lewat jembatan.© Carscoops

Namun, keberuntungan sedang tidak ada di pihaknya. Pada hari itu, seorang petugas polisi sedang menunggunya di ujung jalan layang.

Polisi tersebut jelas tidak terkesan dengan cara sang sopir untuk mengambil jalan pintas. Hal tersebut merupakan pelanggaran. Jangan ditiru, ya!

2 dari 5 halaman

Mobil Dinas Polres Pakai Jimny Anyar, Warganet `Ngiler`

Dream – Suzuki Jimny generasi teranyar menyita perhatian publik. Selain kolektor dan penyuka otomotif, mobil jip ini juga menarik perhatian aparat keamanan.

Sayangnya, saking tingginya minat, masa inden Jimny lumayan lama.

Dikutip dari akun Instagram @suzukijimnyindonesia, Selasa 14 April 2020, mobil ini digunakan sebagai kendaraan dinas Polresta Barelang, Batam, Kepulauan Riau.

“ Kendaraan dinas R4 @satlantas.barelang,” tulis @suzukijimnyindonesia.

Mobil dinas ini menggunakan warna dasar putih dengan kombinasi hitam di atap. Di fender belakang, tertulis “ B9 Polresta Barelang”. Di pintu, terdapat livery merah dan biru khas polisi. Tak lupa tercantum logo Kepolisian Republik Indonesia.

Mobil dinas juga dilengkapi dengan lampu sirine. Kap mobil dipoles dengan warna biru.

 

 Suzuki Jimny jadi mobil dinas polisi© Akun Instagram @suzukijimnyindonesia

3 dari 5 halaman

Warganet Naksir

Penampakan Jimny jadi mobil dinas membuat warganet berdecak kagum. Mereka menyebut jip ini oke juga jika dijadikan kendaraan dinas polisi.

“ Keren broooo,” tulis @yudi_eko_wicaksono.

“ Keren coy, apalagi yang 5 door,” tulis @mpgamersindonesia.

“ Aih susah dapat ini mobil,” tulis @khoen.

“ Ngarai braaay,” tulis @anugerahhafid. 

4 dari 5 halaman

Masih Inden di Negeri Asalnya, Indomobil Heran Suzuki Jimny Ikut Diselundupkan

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku heran mobil andalannya, Suzuki Jimny, termasuk satu dari 19 unit mobil mewah yang diselundupkan ke Indonesia. Padahal di negeri asalnya Jepang, pemesan mobil ini masih inden.

Seperti diketahui, Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengungkap penyelundupan mobil dan motor mewah. Sepanjang 2016-2019, ada 19 unit mobil mewah dan 35 motor/rangka motor/mesin motor mewah dalam berbagai merek yang telah diamankan.

" Saya sendiri heran karena di sana (Jepang) pun masih inden, kenapa mereka bisa dapet unit (yang diselundupkan) ini," ujar Direktur Pemasaran 4W SIS Donny Saputra di Suzuki Indomobil Sales Head Office, Pulogadung, Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 19 Desember 2019,

 

 Masih Inden di Negeri Asalnya, Indomobil Heran Suzuki Jimny Ikut Diselundupkan© Dream

 

Donny menyebut kasus penyelundupan ini bisa jadi terjadi karena lamanya inden di Indonesia sangat lama. Pemesn bisa menunggu mobilny datang sampai 5 tahun. Sejauh ini, baru ada 300 unit yang disalurkan kepada konsumen.

Berkaca pada kasus penyelundupan ini, Donny mengimbau agar masyarakat membeli mobil melalui jalur yang benar alias diler resmi Suzuki. Selain garansi terjamin, mobil yang dibeli di dealer resmi memiliki spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

" Buat calon konsumen, produk yang dijual di luar negeri itu secara spesifikasi berbeda dengan yang dijual di Indonesia. Kami dari APM menyarankan, untuk membeli mobil resmi yang dikeluarkan oleh APM karena garansi maupun spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia," kata dia.

5 dari 5 halaman

Kerugian Puluhan Miliar Rupiah

Disebutkan, dalam kurun waktu 2016-2019 sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor atau rangka motor atau mesin motor mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 48 miliar.

Berbagai modus digunakan dalam tangkapan kali ini. Importasi kendaraan tersebut diberitahukan dalam dokumen sebagai batu bara, suku cadang mobil, aksesori, dan perkakas serta dilakukan oleh tujuh perusahaan berbeda. Perusahaan-perusahaan tersebut mengimpor mobil dan motor mewah dari negara Singapura dan Jepang.

Penyelundupan dilakukan oleh PT SLK, PT TJI, PT NILD, PT MPMP, PT IRS, PT TNA, dan PT TSP. Dengan manifest tertanggal 29-09-2019, PT SLK kedapatan menyelundupkan mobil Porsche GT3RS dan Alfa Romeo dari Singapura dengan total perkiraan nilai barang mencapai Rp2,9 miliar, namun pemberitahuannya hanya dinyatakan sebagai refractory bricks.

(Sumber: Liputan6.com/Septian Pamungkas)

Join Dream.co.id