Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

Automotive | Senin, 25 Januari 2021 10:33
Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Motor seken menjadi jalan keluar jika belum punya duit cukup untuk membeli yang baru.

Dream – Motor bekas menjadi alternatif ketika kondisi finansial belum memadai untuk memboyong sebuah motor anyar. Saat membeli motor bekas, termasuk matic, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Federal Oil, Minggu 24 Januari 2021, Hengky, pemilik showroom motor bekas Hengky Motor, menyarankan, untuk membeli motor yang usianya baru 1-2 tahun.

“ Kalau ada part yang harus diganti, biayanya tidak terlalu besar,” kata dia.

Selain tahun pembuatan, kamu juga perlu juga cek jarak tempuhnya. Biasanya ada perbedaan jarak tempuh motor yang baru digunakan setahun dengan yang dua tahun.

“ Contohnya, ada motor yang dipakai baru 1 tahun, tapi jarak tempuh lebih dari 10 ribu km, tapi ada yang 2 tahun tapi belum sampai 10 ribu km,” tambah Hengki.

2 dari 2 halaman

Lalu Cek Apa Lagi?

Selain itu, beberapa komponen pendukung juga perlu diperhatikan, bagian mesin apakah ada oli yang rembes atau tidak, jika ada rembesan dipastikan kondisi mesin kurang bagus.

Kemudian cek suara dari CVT, jika suaranya sudah kasar bisa dipastikan beberapa partnya seperti V-belt sudah mular melar atau laher puli sudah kendur.

Part lain yang harus di cek bagian suspensi, perhatikan bagian suspensi depan dan belakangnya, apakah ada rembesan oli atau tidak, jika ada rembesan oli, maka kualitas suspensi sudah tidak maksimal lagi.

Agar supaya tidak salah pilih, sebaiknya ajak teman atau mekanik yang mengerti mesin motor, jika hendak membeli motor bekas.

“ Ajak teman atau mekanik yang lebih mengerti soal mesin motor, jadi supaya yakin. Kalau kami memang tidak menerima motor yang kondisi mesinnya sudah tidak baik, apalagi kalau sudah pernah di bore-up kami tidak terima,” kata dia.

Join Dream.co.id