Jangan Cuma Bisa Nebeng, Ini yang Wajib Diperhatikan Jika Naik Motor Boncengan

Automotive | Senin, 14 Oktober 2019 06:24
Jangan Cuma Bisa Nebeng, Ini yang Wajib Diperhatikan Jika Naik Motor Boncengan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tak cuma pengendara motor, orang yang dibonceng juga punya kewajiban untuk menjaga keselamatan saat berkendara motor.

Dream – Berboncengan memiliki risiko lebih besar daripada berkendara sepeda motor sendiri (single riding). Selain beban sepeda motor bertambah, pengemudia harus bisa menjaga keseimbangannya sepanjang perjalanan.

Tak hanya bagi pengendara, risiko besar juga siap menghadapi orang yang dibonceng. Bahkan kita sering mendengar, luka yang dialami orang dibonceng lebih serius dibandingkan pembonceng. 

Ketika berkendara dengan berboncengan, wajib memakai perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Hal tersebut berlaku untuk pengemudi maupun yang dibonceng.

" Gunakanalah helm yang sudah mempunyai label SNI. Karena dengan menggunakan helm adalah poin utama keselamatan dalam berkendara juga untuk melindungi bagian tubuh yang lain," kata Safety Riding Development PT Daya Adicipta Motor—main dealer motor Honda di Jawa Barat, Janwar Hasan S, dikutip dari Otosia, Minggu 13 Oktober 2019.

2 dari 6 halaman

Posisi yang Dibonceng

Janwar menyarankan keduanya menggunakan pakaian yang melindungi bagian tubuh untuk meminimalisir gesekan saat terjatuh, seperti jaket, celana panjang dan sepatu. Pemilihan pakaian juga bisa disesuaikan dengan cuaca saat berkendara.

Penumpang diharapkan untuk berpegangan kepada pengemudi dan mengikuti gerak tubuh pengemudi agar tetap seirama.

“ (Agar) keseimbangan saat berkendara sepeda motor tetap terjaga,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Ingatkan Potensi Bahaya

Selanjutnya sebagai orang yang dibonceng, wajib mempunyai peran untuk mengingatkan potensi bahaya, rambu lalu lintas, dan etika kepada pengemudi. Misalnya, mengingatkam pengemudi untuk gantian menyetir saat terlihat sangat lelah.

“ Ketika pengemudi mengantuk atau sudah mulai terlihat lelah sangat disarankan untuk istirahat. Atau juga bisa bergantian mengemudi sepeda motor, karena jika dipaksakan dapat menimbulkan potensi bahaya,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Bahaya Mengerikan Naik Motor Pakai Sandal, Masih Mau Nekat?

Dream – Beberapa pemilik motor pasti merasa mengendarai roda dua akan terasa lebih menyenangkan jika menggunakan sandal dibandingkan sepatu. Alasan yang dipakai biasanya karena faktor kepraktisan.

Apalagi saat musim hujan, banyak pemotor yang rela melepas sepatunya karena tidak mau basah. Sepertinya lebih rela kakinya terluka ketimbang sepatunya basah.

Padahal mereka yang memakai sandal tahu jika mengendari sepeda motor dianjurkan menggunakan alas kaki berupa sepatu. 

 

 Bahaya Mengerikan Naik Motor Pakai Sandal, Masih Mau Nekat?

 

Sebetulnya apa alasan sepatu dianjurkan dipakai saat berkendara motor?

Mengutip laman Federal Oil, Sabtu, 12 Oktober 2019, mengendarai motor menggunakan sandal memang lebih praktis dibandingkan sepatu. Tetapi, risiko bahaya yang lebih besar mengintai mereka.

 

5 dari 6 halaman

Risiko Kecilnya

Salah satu yang sering dialami para pengendara motor adalah kaki menyentuh blok mesin yang panas.

Kejadian ini terutama banyak dialami para pengendara motor sport. Alhasil kulit mereka akan meninggalkan luka bakar.

Risiko berikutnya adalah kaki akan mudah tergores jika tiba-tiba di jalan ada ranting atau kena pentalan batu. Tanpa pelindung yang memadai, bagian kaki kita memang akan mudah terkena berbagai macam benda berbahaya di jalanan. 

6 dari 6 halaman

Kalau Senggolan, Lebih Parah Lagi

 Naik Motor Seperti Ini Dijamin Bisa Makin Irit Bensin

Parahnya lagi kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah akibat bersenggolan dengan objek lain seperti motor yang ada di sebelah kanan atau kiri kita.

Namun, bagian kaki tersebut tetap tidak terlindungi ketika pengendaranya terpisah dengan motor, misalnya saat terjatuh.

Sangat disarankan para bikers menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki supaya lebih aman. Gunakan sepatu yang nyaman di kaki kamu.

(Sah, Sumber: Federaloil)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id