5 Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Rawat Rem ABS Motor

Automotive | Selasa, 21 September 2021 13:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sistem pengereman ABS ini mencegah roda motor terkunci saat ngerem dadakan.

Dream – Pabrikan otomotif, sepeda motor dan mobil, makin gencar menawarkan fitur sistem pengereman anti lock braking system (ABS) kepada konsumennya. Sistem pengereman ini dibuat untuk mencegah ban mengalami slip akibat pengereman mendadak.

Dikutip dari Otosia, Selasa 21 September 2021, rem ABS mencegah kedua roda motor terkunci dan kehilangan traksi saat mengerem dadakan. Dengan begitu motor bisa lebih mudah dikendalikan.

“ Agar sistem pengereman ABS ini dapat berfungsi secara optimal, konsumen juga disarankan untuk rutin mengecek kondisi komponen rem ABS dan pendukung lainnya,” kata Manager Public Relation Yamaha Riding Academy and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro.

Nah buat Sahabat Dream yang mau mengoprek sendiri cara perawatan ABS motor, ada beberapa kompone yang harus mendapatkan perhatian agar bisa berfungsi optimal. Apa saja, ya? Berikut ini adalah rinciannya.

5 Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Rawat Rem ABS Motor
Ada Beberapa Komponen Yang Harus Diperhatikan Ketika Merawat Rem Motor ABS. (foto: Ilustrasi Rem Motor/Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Minyak Rem

Sebaiknya kamu mengecek minyak rem secara rutin. Jika kamu memiliki sepeda motor Yamah, penggantian biasanya disarankan rutin dilakukan setiap 20 ribu kilometer atau 1-2 tahun sekali sesuai pemakaiannya. 

Pastikan volume minyak rem di tangki reservoir tetap sesuai dengan standar. Ingat, tak lebih dan tak kurang ari batas yang tertera di tangki.

Kondisi Kanvas Rem

 5 Penyebab Rem Motor Berdecit yang Perlu Kamu Tahu© MEN

Sering mendengar bunyi berdecit ketika tuas rem ditarik. Itu tandanya kanvas rem atau kampas rem sudah semakin menipis. Komponen ini berguna untuk menjepit piringan cakram (dengan bantuan caliper) saat tuas rem ditekan oleh pengendara ketika ingin mengurangi kecepatan.

Upayakan selalu rutin mengecek dan membersihkan secara rutin kanvas rem untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang mungkin menempel di permukaan kampas rem.

Kalau kanvas sudah mulai aus, gantilah dengan yang baru untuk membuat fungsi pengereman menjadi makin maksimal.

Kampas rem yang sudah mulai habis ditandai dengan permukaan yang menipis seperti garis tanda batas hilang tergerus.

3 dari 4 halaman

Selang Rem

 Setang Motor Goyang? Coba Cek 6 Komponen Ini© MEN

Jangan lupa untuk mengecek kondisi selang rem. Selang ini menghubungkan tuas rem dengan caliper.

Selang rem ini juga berfungsi yang tidak kalah penting. Melalui selang ini, minyak rem akan mendorong caliper secara hidrolik untuk menekan piringan cakram.

Masalah selang rem bisa saja terjadi, seperti retak, bocor, hingga tertekuk. Kalau pengendara tidak merawatnya dengan baik, kondisi ini akan berimbas kepada sistem pengereman yang tidak maksimal.

4 dari 4 halaman

Selang Kaliper dan Cakram Rem

Caliper dan cakram rem juga tak boleh luput dari perhatian, Sahabat Dream. Kamu cukup membersihkannya dari debu, minyak, dan kotoran lain yang menempel di komponen.

Jangan lupa juga untuk mengecek proses pemasangan. Pastikan juga komponennya tidak kendor. Kalau bergoyang atau bergetar, komponen-komponen tersebut rentan saling bergesekan dan cepat aus sehingga perlu diganti.

Indikator ABS

Beberapa motor seperti All New NMax 155 Connected ABS, terdapat lampu indikator ABS di bagian speedometer. Fungsi dari kehadirannya adalah untuk memberikan notifikasi kepada pengendara, terkait kondisi peranti ABS yang tertanam pada motor.

Jika lampu indikator tersebut menyala selama motor dikendarai, artinya telah terjadi malfungsi pada sistem pengereman ABS. Dalam kondisi ini, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk segara membawa bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut.

Join Dream.co.id