Peraturan Skuter Listrik Keluar, GrabWheels Kembali Meluncur

Automotive | Jumat, 14 Agustus 2020 17:45
Peraturan Skuter Listrik Keluar, GrabWheels Kembali Meluncur

Reporter :

Kamu siap beraksi kembali di jalan?

Dream - Pemilik skuter pribadi maupun perusahaan bisa bernapas lega lagi. Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah mengeluarkan payung hukum untuk transportasi alternatif ini untuk berlalu-lalang di jalanan umum.  

Sebelum dihentikan beroperasi, skuter online banyak menjadi pilihan karena dianggap bisa menjadi saranan untuk sekaligus rekreasi. Mode ini menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk transportasi first-mile-and-last-mile yang ramah lingkungan.

Diketahui Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 45/2020 mengenai Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Untuk kembali menyemarakkan skuter online, Grab Indonesia dengan dukungan Kementerian Perhubungan dan Polda Metrojaya kembali meresmikan GrabWheels, sebagai model transportasi listrik yang juga ramah lingkungan di beberapa titik di Jakarta.

2 dari 6 halaman

Diharapkan Kurangi Kepadatan Lalu Lintas

Grabwheels© Shutterstock

Kementerian Perhubungan RI menyambut baik kehadiran kembali GrabWheels di Provinsi DKI Jakarta. Di ibukota ini Grabwheel hadir di tujuh titik di Jakarta, Intiland, Thamrin 10, Blok M Square, Gedung BRI 2, Kuningan City, dan Lotte Shopping Mall.

“ Kehadiran GrabWheels diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas yang disebabkan kendaraan bermotor," ucap Menhub Budi Karya Sumadi.

" Dengan aturan yang sudah resmi diberlakukan, dan ditunjang protokol keamanan dan kesehatan yang ketat, serta jalur sepeda yang ditingkatkan, maka akan banyak masyarakat yang menggunakan alat mobilitas pribadi seperti GrabWheels. Hal ini akan membantu lingkungan lebih sehat dan udara lebih bersih," jelasnya lagi.

3 dari 6 halaman

Dilangkapi protokol kesehatan & keamanan

Grabwheels© Shutterstock

Mode transportasi listrik ini diharapkan bisa jadi pilihan transportasi untuk masyarakat. Grab juga bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas jalur sepeda di sekitar lokasi GrabWheels.

Berdasarkan data riset SBM ITB, sebanyak 35% responden memiliki ketertarikan untuk memgendarai alternatif tranportasi seperti skuter listrik.

Hal ini menjadi alasan juga untuk Grab menghadirkan kembali GrabWheels yang dilengkapi dengan peningkatan protokol keamanan dan kesehatan.

4 dari 6 halaman

Tips Aman Naik Skuter Listrik, No. 3 Wajib Dipatuhi

Dream - Skuter listrik tengah menjadi tren moda transportasi baru khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Penyedia jasa transportasi online, Grab Indonesia, belum lama ini juga menghadirkan penyewaan skuter listrik berbayar, Grabwheels.

Perusahaan ini menempatkan otoped listrik di tempat-tempat yang strategis. Namun, penggunaan skuter listrik tengah menjadi perhatian publik.

Diketahui dua orang pengguna skuter listrik menjadi korban kecelakaan setelah ditabrak sebuah kendaraan. Pengguna skuter tersebut meninggal dunia.

Banyak pihak mendesak pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan, untuk mengatur operasional skuter listrik. Tujuannya agar pengguna skuter, kendaraan bermotor, dan masyarakat umum bisa terjaga keamanannya. 

Nah, jika ingin menggunakan skuter listrik ini dengan aman, setidaknya Sahabat Dream bisa mengikuti tips-tips berkendara dengan Grabwheels dengan aman.

Berikut ini tips-tips berkendara aman dengan skuter listrik, dikutip dari akun YouTube Grab Indonesia, dikutip Dream, Jumat 15 November 2019.

 

 

5 dari 6 halaman

1.Usia 18 Tahun ke Atas dan Wajib Pakai Helm

Perlu diingat, satu skuter listrik hanya bisa dinaiki oleh satu orang dan berat yang diangkut kurang dari 100 kilogram. Pengguna juga wajib berusia 18 tahun ke atas. Jadi, buat kamu yang masih berusia di bawah 18 tahun, sebaiknya jangan coba-coba meminjam otopet listrik Grab.

Kamu juga wajib memakai helm untuk melindungi kepala dari benturan jika mengalami kecelakaan saat mengendarai skuter listrik.

Jangan lupa juga memakai baju warna terang agar bisa terlihat oleh pengendara lain. Plus, lindungilah kakimu dengan sepatu tertutup.

2. Cek Rem Sampai Baterai

Sebelum berkendara, Sahabat Dream harus mengecek rem, baterai, gas, lampu, dan bel. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kendala dalam perjalanan.

Saat ingin memulai berkendara, terlebih dahulu, pindailah QR Code Grabwheels untuk membuka kunci.

Kayuhlah sekali untuk meluncur dan tekan tombol hijau untuk menambah kecepatan. Jika ingin mengurangi kecepatan, kamu bisa menekan tombol merah.

6 dari 6 halaman

3. Jangan Ngebut!

Ada baiknya, Sahabat Dream merencanakan perjalanan sebelum berkendara dengan skuter listrik. Misalnya, memperhatikan keadaan sekitar.

Dalam perjalanan, kamu tidak boleh ngebut. Maksimal kecepatannya hanya 15 km per jam.

Patut dicatat juga bahwa kamu harus mendahulukan pejalan kaki dan memperhatikan lalu lintas. Pengguna juga harus fokus berkendara.

4. Catat Ini Jika Berkendara di Jalan Raya

Kalau kamu ingin mencoba melaju di jalan raya, pastikan berada di sisi jalan raya. Jangan sampai melawan arah karena bisa membahayakanmu dan pengendara lainnya.

Sebaiknya turun dari skuter dan menuntunnya jika melewati jalanan yang basah, turunan, dan jalan yang tak rata.

Setelah selesai berkendara dengan skuter listrik, kamu bisa memarkir kendaraan ini di tempat khusus skuter listrik. Jangan lupa memindai QR Code untuk mengakhiri perjalanan.

Selamat berkendara dengan aman, Sahabat Dream!

Join Dream.co.id