Titisan `Truntung` Buat Penjualan Suzuki Makin Melambung

Automotive | Selasa, 25 Juni 2019 06:36
Titisan `Truntung` Buat Penjualan Suzuki Makin Melambung

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bukti jika si Truntung masih jadi pilihan masyarakat Indonesia.

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan sebanyak 9.633 unit kendaraan pada akhir Mei 2019. Penjualannya yang naik 18,3 persen dibandingkan April 2019 didongkrak larisnya All New Ertiga dan New Suzuki Carry Pick Up.

" Pencapaian ini menjadi bukti bahwa kendaraan Suzuki, khususnya New Carry Pick Up dan All New Ertiga mendapat sambutan positif dari masyarakat serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan" kata 4W Sales Director SIS, Makmur, di Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

Makmur mengatakan kontributor terbesar penjualan Suzuki berasal dari kendaraan komersial New Carry Pick Up yang baru dirilis pada 25 April 2019. Sebulan pasca mengaspal, Suzuki telah memasarkan 4.825 unit kendaraan niaga ringan secara ritel atau naik 18 persen dari bulan sebelumnya.

Raihan ini menjadikan New Carry penguasa 55,2 persen pangsa pasar kendaraan niaga ringan di Indonesia.

Sementara untuk penjualan All New Ertiga, Makmur mencatat ada pertumbuhan 2 persen dibandingkan April 2019 yang mencapai 2.567 unit.

Selain dua merek terkenal itu, Suzuki juga melaporkan penjualan mobil Karimun Wagon R pada pada Mei 219 sebanyak 603 unit, Baleno 512 unit, Ignis 431 unit, APV 331 unit, dan SX4 S-Cross 165 unit.

2 dari 7 halaman

Kok Penjualan New Carry Pick Up Tinggi?

Mengapa penjualan New Carry Pick tinggi? Makmur mengatakan penjualan mobil ini didukung oleh beragam program menarik yang mempermudah konsumen mendapatkan mobil.

Misalnya, kerja sama dengan beberapa perusahaan leasing, ada uang muka ringan, sampai angsuran mulai dari Rp3 juta.

Dari segi wilayah, Jabodetabek menjadi wilayah dengan kontribusi penjualan terbesar di bulan Mei 2019. Jabodetabek memberikan kontribusi penjualan mencapai 3.075 unit atau 31,9 persen dari total penjualan Suzuki pada Mei 2019.

3 dari 7 halaman

Suzuki Jual Mobil Murah Harga Rp85 Jutaan

Dream – Pabrikan Suzuki di India belum lama ini merilis produk anyarnya, Suzuki Alto. Kendaraan ini telah dibekali dengan fitur pengamanan dan telah melalui serangkaian tes kecelakaan.

Kini, produsen otomotif ini merilis mobil Alto yang diklaim ramah lingkungan.

Dikutip dari Autocar India, Senin 17 Juli 2019, ada dua jenis mobil Alto yang tergolong low cost green car (LCGV), yaitu Alto Lxi dan Lxi (O). Kedua mobil ini mengkonsumsi bahan bakar gas, CNG.

Mobil ini dijual seharga 411 ribu rupee sekitar Rp84,45 juta dan 414 ribu rupee atau Rp85,04 juta. Harganya lebih murah 60 ribu rupee (Rp12,33 juta) dari mobil bensin.

Mobil Alto ramah lingkungan ini belum dibeberkan spesifikasi teknisnya. Ada bocoran bahwa mobil itu mengusung mesin berkapasitas 796 cc dan torsi 60 Nm.

Tak ada perbedaan antara Alto bensin dengan LCGC. Dua jenis mobil ini punya fitur-fitur seperti power steering, AC, jendela, dan fitur rear child locks.

4 dari 7 halaman

Deretan Mobil Suzuki Terlaris di Ajang IIMS 2019

Dream – Selama ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, tunggangan yang dibawa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ke ajang tersebut sukses menarik perhatian pengunjung. Dari event selama 11 hari itu, Suzuki membukukan pemesanan sebanyak 1.350 unit.

“ Kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan konsumen kepada kami membuat capaian penjualan Suzuki mencapai ribuan unit,” kata Sales Director SIS, Makmur, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 9 Mei 2019.

Dia mengatakan prestasi tersebut memotivasi perusahaan otomotif ini untuk terus menghadirkan berbagai program penjualan yang menarik serta menghadirkan beragam produk yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan.

Makmur mengatakan, dari beragam tipe yang dipasarkan Suzuki, mobil All New Ertiga memimpin penjualan mobil penumpang. Raihan angka pemesanannya mencapai 620 unit atau 46 persen dari penjualan keseluruhan Suzuki selama IIMS 2019 berlangsung.

All New Suzuki Ertiga Sport berkontribusi 21,5 persen dari total penjualan model All New Ertiga selama pameran.

5 dari 7 halaman

Mobil Niaga Juga Sumbang Penjualan

Makmur mengatakan model kedua yang berkontribusi terbesar selama IIMS adalah mobil niaga Suzuki, Suzuki Carry. Angka penjualannya mencapai 454 unit.

Raihan tersebut didukung oleh kehadiran New Carry Pick Up yang diluncurkan secara world premiere pada pembukaan IIMS 2019.

Dengan keandalan mesin dan konsep ILMU (Irit bahan bakar, Lama umur pakai, Muat banyak dan Untung di ujung), mobil pikap ini berhasil memberikan kontribusi sebesar 34 persen dari penjualan keseluruhan Suzuki selama IIMS 2019 berlangsung.

Sementara 20 persen penjualan lainnya ditopang oleh lini produk Suzuki seperti Ignis, SX4 S-Cross, Baleno, Karimun Wagon R dan APV yang turut berkontribusi dalam penjualan unit mobil Suzuki pada saat IIMS 2019.

“ Kami harap seluruh lini produk serta program penjualan yang kami hadirkan selama IIMS 2019 sesuai dengan harapan pelanggan. Pencapaian kami pada kesempatan ini juga akan terus menjadi tolak ukur bagi Suzuki untuk terus menghadirkan yang terbaik untuk seluruh konsumen,” kata dia. (Sah)

6 dari 7 halaman

Glanza, Suzuki Baleno Rasa Toyota dari India

Dream – Sudah awam kita tahu pabrikan otomotif menjalin kerjasama dengan kompetitornya. Biasanya hal itu dilakukan dengan menghadirkan produk kendaraan dengan wajah yang sekilas terlihat mirip.

Kerjasama ini juga dibuat Suzuki dan Toyota. Di India, dua pabrikan itu tidak menggunakan strategi produk baru, tetapi menawarkan model baru yang di-rebadge.

Dikutip dari Rushlane, Selasa 7 Mei 2019, Toyota “ meminjam” bodi Suzuki Baleno untuk membuat Toyota Glaza. Mobil rebadged Toyota ini sama dengan Suzuki Baleno, mulai dari kualitas sampai interior.

 

 Penampakan Toyota Glanza (1)

Dari bocoran foto yang bereda di sosial media, interior mobil paling menonjol saat pertama kali melihat mobil ini. Glanza akan menggunakan sistem infotainment SmartPlay, sama seperti di mobil Suzuki.

Namun netizen akan melihat logo Toyota yang terlihat di depan grill Glanza.

 Penampakan Toyota Glanza (2)

Untuk bagian dapur pacu, Glanza mengusung mesin berbeda dari Baleno. Kalau Baleno menawarkan 2 pillihan mesin—bensin atau solar, lain halnya dengan Glanza. Mobil ini hanya menawarkan mesin bensin BS6 1,2 liter. Mesin tersebut bisa menyemburkan kekuatan 83 PS dan 114 NM.

Mesin tersebut bisa menghasilkan 5 percepatan transmisi manual atau otomatis.

7 dari 7 halaman

Apa Fitur Lainnya?

Toyota Glanza memiliki lampu DRL LED yang terintegrasi lima pilihan warna, yaitu abu-abu, merah, biru, perak, dan putih. Mobil rebadged ini memiliki 6 logo di eksterior dan 1 di setir. Mobil ini punya pelek sama dengan Baleno.

Dari sisi keamanan, mobil ini punya airbag ganda, pengatur iklim, kamera, sensor parkir, dan lampu depan otomatis. Sistem pengeremannya menggunakan ABS dan EBD.

 Penampakan Toyota Glanza (3)

Toyota Glanza akan ditawarkan dengan masa garansi 3 tahun atau 1 juta kilometer. Garansinya berbeda dengan Baleno yang hanya 2 tahun atau 40 ribu km. Perusahaan juga akan menawarkan garansi 5 tahun dan 7 tahun.

Mobil ini telah diproduksi di Suzuki Motor, Gujarat, India. Pabrik ini sama dengan tempat memproduksi Baleno. 

Mungkinkah langkah serupa akan diterapkan di Indonesia?

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id