Penjualan Daihatsu Terios Meroket 208 Persen

Automotive | Senin, 16 September 2019 06:36
Penjualan Daihatsu Terios Meroket 208 Persen

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Daihatsu mencatat kenaikan penjualan.

Dream - Daihatsu membukukan angka penjualan retail sales Daihatsu sebanyak 13.696 unit pada Agustus 2019. Sedangkan untuk penjualan whole sales, angkanya mencapai 15.415 unit.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu yang diterima Dream, Sabtu 14 September 2019, penjualan ritel Daihatsu pada Agustus 2019, mengalami peningkatan menjadi 13.696 unit, atau naik sebesar 7 persen dari Juli 2019 yang sebanyak 12.805 unit.

Pada periode yang sama, untuk whole sales Daihatsu juga mengalami peningkatan suplai sebesar 15.415 unit, naik 18,5 persen dari whole sales 13.013 unit.

Penjualan ritel sales Daihatsu masih didominasi oleh Sigra. Angka penjualannya mencapai 3.795 unit, disusul oleh GranMax PU 2.989 unit, GranMax MB 1.763 unit, dan Ayla 1.711 unit.

Untuk wholesales, Sigra masih berada di posisi puncak dengan angka penjualan 4.371 unit, GranMax PU 3.384 unit, dan Terios 3.335 unit.

Penjualan Terios sendiri naik 208 persen untuk wholesales, dari 1.080 unit pada Juli 2019 menjadi 3.335 unit pada Agustus 2019. Penjualan ini juga meroket 78 persen dari 923 unit pada Juli 2019 menjadi 1.643 unit pada Agustus 2019.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan pasokan Terios sudah meningkat ke level 3.300 unit.

" Kami berharap ke depannya, pencapaian angka retail sales dapat segera mengikuti angka yang telah disuplai pada bulan berikutnya," kata dia.

2 dari 6 halaman

Penjualan Turun, Ini Daftar Mobil Daihatsu Terlaris Hingga Juli 2019

Dream – Daihatsu mencatat total penjualan retail mobil selama Januari-Juli 2019 sebanyak 100.831 unit. Sementara penjualan wholesales tak berbeda jauh yaitu sebanyak 100.036 unit.

Angka penjualan Daihatsu selama 7 bulan pertama 2019 tersebut turun 9,6 persen. Namun dibandingkan penurunan seluruh sektor otomotif, kinerja Daihatsu termasuk masih lebih baik.

“ Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1 persen, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6 persen," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 14 Agustus 2019.

 

 Penjualan Turun, Ini Daftar Mobil Daihatsu Terlaris Hingga Juli 2019

 

Meski mengalami pelemahan penjualan, pangsa pasar Daihatsu di bisnis otomotif nasional justru meningkat 0,3 persen menjadi 17,2 persen.

Penjualan ritel Daihatsu masih didominasi Sigra sebanyak 29.923 unit, disusul Gran Max (PU) 19,658 unit, dan Xenia 14.102 unit.

Sementara mobil LCGC Ayla terjual sebanyak 13.664 unit, Terios 12.221 unit, dan Gran Max MB 8.256 unit.

Di bisnis wholesales, Sigra juga masih mendominasi penjualan Daihatsu dengan angka 29.980 unit, diikuti oleh Gran Max PU 20.217 unit, Xenia 13.969 unit, Ayla 14.941 unit, Terios 9.784 unit, dan Gran Max 7.519 unit.

Penjualan Luxio, Sirion dan Hi-Max sebanyak 3.007 unit untuk ritel dan 3.626 unit untuk wholesales.

3 dari 6 halaman

Dua Hari Mejeng, Daihatsu Terios Special Edition Langsung Sold Out

Dream – Daihatsu Terios Special Edition (SE) yang dibawa Daihatsu ke ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 langsung ludes dalam dua hari. Di ajang tersebut, Daihatsu memang hanya membawa 10 unit Terios edisi khusus.

“ Bukan hanya kesan sporty dan tangguh, kami ingin Terios Special Edition memiliki kesan luxury dan youthful,” kata Research and Development Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pradipto Sugondo, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu 24 Juli 2019.

Pradipto mengatakan mobil Terios ini hadir dalam balutan warna hitam dengan aksen kuning pada fog lamp cover, pelek, dan bodi samping.

Untuk memperkuat kesan sporty, Terios SE dilengkapi dengan chrome front grille yang berjajar menyatu dengan LED Headlamp, black chrome fog lamp cover, serta black window glass film.

Kesan mewah juga terasa di interior Daihatsu Terios yang serba hitam di panel, center clusterdoor trimshift knob and frame, steering wheel bezel, dan console box accent. Sentuhan aksen kuning pada AC ring ornament, jahitan karpet, jok kulit, dan door trim melengkapi nuansa sporty pada interior Daihatsu Terios.

Tampilan Terios yang keren ini dilengkapi dengan fitur 2-DIN Audio dengan Around View Camera yang membuat berkendara menjadi semakin nyaman. Daihatsu Terios SE tersedia dalam varian transmisi automatic dengan harga Rp258 juta dan manual seharga Rp248 juta dengan masing-masing sebanyak lima unit.

“ Bagi pengunjung yang belum kebagian, masih ada unit special edition model lain dan existing lainnya,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Mirip Ponsel, Pintu MVP Konsep Daihatsu Bisa Dibuka Pakai Face Recognition

Dream – Daihatsu menampilkan mobil konsep MPV Hy-Fun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Mobil MPV ini menggendong platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Daihatsu mengklaim mobil ini cocok bagi keluarga dan generasi milenial.

“ Hy-Fun sangat cocok untuk digunakan bagi generasi dan keluarga milenial yang sangat erat terhubung dengan device dan teknologi,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di ICE BSD, Tangerang, Banten, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 24 Juli 2019.

 Mirip Ponsel, Pintu MVP Konsep Daihatsu Bisa Dibuka Pakai Face Recognition

Amelia menjelaskan mobil MPV ini mengusung konsep Smart Entertainment MPV, dilengkapi dengan mesin berteknologi Hybrid, dan beragam fitur canggih di dalamnya.

“ Daihatsu menampilkan Hy-Fun sebagai World Premiere Concept Car berbasis DNGA dengan beragam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi di dalamnya,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Desain Eksterior

Di sisi eksterior, bodi mobil ini berdesain aerodinamis sehingga terlihat agresif dan sporty. Mobil Hy-Fun dibalut dengan warna silver metalik dan grill yang bisa menyala. Ini memberikan kesan mobil ini berteknologi tinggi.

Untuk mempercantikan penampilannya, Daihatsu membekali mobil dengan pelek 20 inci.

Di bagian pintu, kendaraan konsep dibekali dengan side door closing motion di baris pertama dan kedua. Teknologi ini mempermudah penumpang masuk ke kabin yang lebih luas.

 Daihatsu Hy-Fun (1)

Walaupun didesain tanpa handle, pintu dapat dibuka melalui sensor pada mobil yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini.

Fitur Face Recognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman.

6 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Interior?

Untuk sisi interior, ambience lamp dalam kabin memberikan nuansa hi-tech di dalamnya. Pada baris pertama, desain kursi mobil ini dapat diputar sampai menghadap belakang (baris kedua).

Fitur ini mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk masuk-keluar kendaraan dan komunikasi antar penumpang di dalam.

Dengan menggunakan platform DNGA, Hy-Fun ini sudah full connected, memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner), dan membuka jendela melalui device smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil.

Pengguna juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui device, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu, sehingga lebih aman dan nyaman. 

 Daihatsu Hy-Fun (2)

Hy-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna, untuk mendengar lagu, dan bermain games yang didukung dengan 4 unit VR (Virtual Reality) masing-masing pada baris pertama dan kedua.

“ Fitur voice command dan New Smart Assist, semakin memberikan kemudahan dan keamanan pada pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari,” kata dia.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id