Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pasar Otomotif Ringsek Diterjang Corona, Berapa Mobil Daihatsu yang Laku?

Pasar Otomotif Ringsek Diterjang Corona, Berapa Mobil Daihatsu yang Laku? Daihatsu Berharap Pasar Otomotif Indonesia Membaik. (Foto: Shutterstock)

Dream – Pandemi virus corona membuat pasar otomotif ringsek. Data penjualan hingga Mei 2020 menunjukkan pasar otomotif terus turun karena daya beli masyarakat turun akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai tempat.

Penurunan penjualan juga dialami oleh Daihatsu. Menurut data, pasar otomotif nasional selama Januari – Mei 2020 mencapai 260 ribu unit atau turun 40 persen dari tahun lalu.

Sementara, penjualan retail Daihatsu menjadi 48.019 unit atau turun 39 persen dari tahun lalu, lebih kecil dari penurunan pasar, sehingga market share Daihatsu mengalami kenaikan, dari 18,0 persen year to date (YTD) Mei 2019 menjadi 18,4 persen YTD Mei 2020.

Untuk whole sales, Daihatsu mengikuti arahan pemerintah dengan membatasi operasionalnya, sehingga produksi atau pencapaian whole sales di bulan Mei 2020: 0 unit.

Pencapaian pasar mobil secara whole sales selama periode Januari–Mei 2020 sebesar 248 ribu unit atau turun 41 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun 2019. Sementara, pencapaian whole sales Daihatsu periode Januari–Mei 2020 sebesar 49.443 unit atau turun 39 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Pangsa pasar Daihatsu secara whole sales naik, dari 19,2 persen pada 2019 menjadi 19,9 persen pada 2020.

Penjualan Mei Turun, Daihatsu Berharap Pasar Kembali Membaik

Melihat penurunan ini, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motors (ADM), Amelia Tjandra, berharap pasar otomotif Indonesia akan membaik.

“Memasuki bulan Juni 2020, sudah banyak area di Indonesia yang melakukan relaksasi PSBB, sehingga roda perekonomian mulai menggeliat kembali. Kami berharap pasar mobil Indonesia akan membaik seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia,” kata Amelia dalam keterangan tertulis.

Penjualan retail sales Daihatsu secara model, masih tetap didominasi oleh Sigra dengan raihan 13.846 unit, berkontribusi sebesar 28,8 persen, lalu diikuti oleh Gran Max (PU) 9.483 unit (19,7 persen), dan Terios 7.687 unit (16,0 persen). 

Pabrik Daihatsu Kembali Beroperasi Setelah 2 Bulan Stop Produksi

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memulai aktivitas produksi setelah sekitar dua bulan memutuskan menutup pabrik sejak 10 April 2020. Mulai berjalan sejak kemarin, (Selasa, 3 Juni 2020), perusahaan berharap bisa segera memenuhi permintaan pasar ekspor.

“Walaupun pandemi Covid-19 masih belum selesai, roda perekonomian diharapkan dapat terus berjalan dengan tetap meminimalisir penyebaran Covid-19,” kata Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis 4 Juni 2020.

Amelia memastikan seluruh proses produksi dijalankan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah. Para pegawai diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh saat masuk area kerja, menjaga jarak antar karyawan minimal 1 meter serta pemberian dan penggunaan masker.

 

 

Daihatsu juga membatasi jumlah karyawan dan waktu kerja di setiap area, serta peraturan lainnya yang diperlukan demi menjaga keamanan dan kesehatan karyawan.

Seluruh protokol yang diterapkan Daihatsu di pabriknya mengikuti peraturan yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi New Normal.

“Seperti yang dilakukan banyak negara lain, aktivitas ekonomi dan publik telah dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami berharap, penerapan New Normal akan berdampak positif pada pasar mobil Indonesia,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Tergantikan! Perusahaan Ini Jadi Runner-Up Penjualan Otomotif RI Selama 15 Tahun Berturut-turut

Tak Tergantikan! Perusahaan Ini Jadi Runner-Up Penjualan Otomotif RI Selama 15 Tahun Berturut-turut

Daihatsu mampu pertahankan posisi selama 15 tahun berturut-turut

Baca Selengkapnya
Daihatsu Terkena Skandal Uji Keselamatan, Toyota Setop Kirim Mobil

Daihatsu Terkena Skandal Uji Keselamatan, Toyota Setop Kirim Mobil

Toyota setop kirim mobil akibat skandal uji keselamatan Daihatsu

Baca Selengkapnya
Tiga Mobil Terlaris Daihatsu di Tahun 2023

Tiga Mobil Terlaris Daihatsu di Tahun 2023

Ini 3 mobil terlaris produksi Daihatsu selama tahun 2023

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.