Mudik Gratis Tahun Ini Dibatalkan

Automotive | Selasa, 24 Maret 2020 06:12
Mudik Gratis Tahun Ini Dibatalkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pembatalan ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona.

Dream – Progam Mudik Gratis 2020 batal karena ada pandemi corona. Pembatalan ini tak diketahui sampai kapan akhirnya. Demikian pula mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian BUMN. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Perhubungan.

“ Betul (dibatalkan). Sama dibatalkan juga (mudik gratis BUMN),” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi, kepada Liputan6.com, dikutip pada Senin 23 Maret 2020.

Dengan demikian, seluruh proses pendaftaran Mudik Gratis 2020 yang telah dilakukan beberapa waktu lalu tidak berlaku.

Kemenhub sendiri sebenarnya akan mengkaji opsi pelarangan mudik demi mencegah penularan virus Corona.

" Apakah akan dilarang, apakah akan dibatasi atau diberi imbauan, kita masih akan kaji," ujar juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati beberapa waktu lalu.

 

2 dari 5 halaman

Imbau Masyarakat Tidak Mudik

Budi kemudian mengimbau masyarakat yang mungkin ke depannya berencana akan melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi untuk membatalkan rencana tersebut karena pergerakan dari kota berpotensi menularkan virus ke masyarakat di daerah.

" Jangan dulu, selama ini masih darurat. Kasihan saudara kita di daerah," kata dia,

Namun, urusan dilarang atau tidaknya, Kemenhub masih terus mendiskusikan hal ini. " Ini pelarangan (mudik) belum ada pernyataan lebih lanjut, masih dibahas," kata Budi.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

3 dari 5 halaman

Mau Ikut Mudik Gratis BUMN, Begini Caranya

Dream - Kementerian BUMN kembali membuka program mudik gratis pada Lebaran tahun ini. Kementerian BUMN menunjuk PT Jasa Raharja (Persero) sebagai ketua Satuan Tugas Mudik Gratis 2020. 

Menurut keterangan tertulis yan diterima Dream, Selasa 10 Maret 2020, tahun ini ada 107 BUMN yang ikut serta dalam program mudik gratis. Jumlahnya naik tiga BUMN dari 2019, yang sebanyak 104 perusahaan pelat merah. 

 

 Mau Ikut Mudik Gratis BUMN, Begini Caranya© Dream



Jumlah peserta ditargetkan mencapai 275 ribu orang. Angkanya naik 10 persen dari tahun lalu sebanyak 250 ribu peserta. Angkutan mudik yang disediakan terdiri atas bus, kapal laut, kereta api, dan pesawat terbang. 

Ada 83 kota keberangkatan dan 109 kota tujuan yang tersebar di wilayah Indonesia.

4 dari 5 halaman

Begini Cara Pendaftarannya

Kementerian BUMN membuka pendaftaran mudik gratis bareng BUMN melalui online di portal https://mudikbumn.co.id. Pembukaan pendaftara ini dilakukan sejak Februari 2020. 

Calon pemudik yang berminat, harus menyiapkan persyaratan yang diminta, seperti SIM C, KTP, Kartu Keluarga, dan STNK Motor. 

Pengadaan transportasi dilakukan oleh Damri untuk bus, Pelni kapal laut, KAI kereta api, Garuda Indonesia pesawat, dan Sarinah untuk atribut pemudik.

5 dari 5 halaman

Jasa Raharja Juga Buka 44 Ribu Kursi Mudik Gratis

Salah satu BUMN yang turut serta dalam program mudik gratis adalah Jasa Raharja. Perusahaan asuransi pelat merah itu membidik peserta mudik gratis tahun sebanyak 44 ribu orang. Angkutan yang dibuka adalah kereta api, bus, dan kapal laut. 

Berikut ini rincian pendaftaran mudik gratis yang digelar Jasa Raharja:

  1. Moda Kereta Api : 10 – 14 Maret 2020 melalui Aplikasi mobile JRku yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store
  2. Moda Bus dibuka mulai tanggal 31 Maret – 17 April 2020 melalui website mudik.jasaraharja.co.id atau Aplikasi JRku
  3. Moda Kapal Laut dibuka mulai 31 Maret – 11 Mei 2020. 

Adapun persyaratan yang dibutuhkan bagi calon pemudik, antara lain SIM C, KTP, Kartu Keluarga, dan STNK Motor.

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id