Nissan dan Mitsubishi Luncurkan Mobil Listrik Rp200 Jutaan

Automotive | Selasa, 24 Mei 2022 12:46

Reporter : Alfi Salima Puteri

Model mobil listrik tersebut akan memiliki daya jangkau sejauh 180 km.

Dream - Mitsubishi Motors Corporation dan Nissan Motor Co meluncurkan kendaraan listrik (EV) murah yang dikembangkan bersama untuk pasar Jepang.

Tujuannya tentu untuk menarik minat konsumen berlalih ke mobil bertenaga baterai. Strategi lanjutannya mereka akan menawarkan mobil listrik mungil berharga murah.

Kedua pembuat mobil Jepang ini, yang merupakan bagian dari aliansi bersama Renault, sempat dianggap sebagai pelopor pasar kendaraan listrik di Negeri Matahari Terbit

Nissan dan Mitsubishi Luncurkan Mobil Listrik Rp200 Jutaan
Foto: India Times
2 dari 3 halaman

Namun, butuh kerja keras untuk saat ini demi menarik konsumen, dan menghadapi tantangan dari pemain yang berkembang sangat cepat, seperti Tesla.

" Saya yakin bahwa (kendaraan baru) yang mewakili aliansi akan menjadi pengubah permainan untuk kendaraan listrik di Jepang," ujar Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida, dikutip dari India Times.

Sementara itu, para pembuat mobil berharap untuk memanfaatkan kehadiran di pasar Jepang untuk mobil berdimensi mini atau kei car, yang mencakup hampir 40 persen kendaraan di jalan raya.

3 dari 3 halaman

Aliansi tiga perusahaan ini, awal 2022 telah merinci rencana lima tahun untuk menginvestasikan US$ 26 miliar dalam pengembangan kendaraan listrik, termasuk kei car.

Nissan akan menawarkan kendaraan listrik mungil pertamanya, Sakura dengan harga 1,78 juta yen  (Rp204 juta) sesudah dikurangi insentif pajak dari pemerintah. Model tersebut, akan memiliki daya jangkau sejauh 180 km.

Sementara itu, Mitsubishi akan menawarkan mobil listrik eK Cross. Mobil ini dijual murah dengan banderol 1,85 juta yen (Rp212 juta), sudah termasuk subsidi yang diberikan pemerintah.

Terkait
Join Dream.co.id