Motor Juga Butuh Losion, Ini Tips Rawat Jok Agar Awet

Automotive | Jumat, 22 Januari 2021 08:12
Motor Juga Butuh Losion, Ini Tips Rawat Jok Agar Awet

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Begini caranya.

Dream – Merawat motor tidak hanya mengganti oli mesin dan membersihkan bodi, tetapi juga bagian lain, seperti jok motor. Meskipun terlihat sepele, jok motor sebenarnya perlu perawatan terlebih jika sering kehujanan seperti saat ini. 

Dikutip dari Federal Oil, Jumat 22 Januari 2021, busa jok motor pada umumnya dilapisi oleh kulit dengan berbagai bahan. Tapi, pada umumnya, jok menggunakan pelapis kulit sintesis.

Pelapis kulit sintetis ini memang tidak bisa bertahan lama seperti bahan kulit sapi atau domba. Dengan ketahanan yang singkat itu membuat pemilik harus rutin merawat pelapis Jok motor supaya awet.

Perawatan jok motor sangat mudah. Kamu bisa menggunakan losion khusus kulit jok motor. Saat ini, sudah banyak losion khusus jok motor yang dijual di pasar.

Cukup rutin mengoleskan setiap satu dua bulan sekali.

2 dari 4 halaman

Ini Alasan Pakai Losion

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika sudah kering, jok motor akan pecah-pecah.

Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah. Kamu harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering.

Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

Selain harus menggunakan lotion khusus, Sahabat Dream juga harus menggunakan penutup jok motor ketika diparkir di tempat yang terbuka.

3 dari 4 halaman

Alat Ini Bisa Bikin Maling Motor Gampang Ditangkap

Dream – Global Positioning System (GPS) tentu tak asing di telinga. Alat ini merupakan inovasi teknologi terbaru yang dirancang khusus untuk menunjukkan posisi seseorang atau objek dari suatu tempat.

GPS merupakan kompas digital yang didesin modern. Seiring perkembangan waktu, inovasi GPS mulai bermunculan. Salah satunya adalah GPS tracker yang biasa dipasang di kendaraan, seperti bisnis ekspedisi maupun rental kendaraan. Alat ini pun juga bisa dipasang di sepeda motor.

Sesuai dengan namanya, GPS Tracker merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk melacak keberadaan suatu barang atau objek tertentu. Alat ini biasanya digunakan pada kendaraan baik mobil, truk maupun motor demi mengantisipasi terjadinya tindak pencurian.

 

 Alat Ini Bisa Bikin Maling Motor Gampang Ditangkap
© Dream

 

Nantinya kendaraan yang dipasangi oleh alat ini akan lebih mudah untuk dilacak. Kamu pun bisa mengetahui lokasi keberadaan kendaraan tersebut dengan lebih akurat. Jika suatu saat kendaraan dicuri, Sahabat Dream bisa mengetahui lokasi keberadaannya melalui smartphone atau laptop yang telah terhubung dengan alat GPS.

Alat ini memang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis terutama yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan serta ekspedisi pengiriman barang. Kedua bidang bisnis tersebut sangat berisiko terjadi pencurian atau penggelapan barang yang dilakukan oleh karyawan maupun orang yang menyewa kendaraannya.

4 dari 4 halaman

Kelebihan GPS Tracker

Alat ini memiliki berbagai macam fitur unggulan yang biasa ditawarkan. Tak hanya dapat melacak keberadaan motor atau mobil secara real-time, GPS tracker juga bisa mengetahui rute mana saja yang sudah dilewati oleh kendaraan tersebut, berapa perkiraan kecepatan laju kendaraan, apakah mesin dalam kondisi hidup atau mati, mendengar suara atau pembicaraan orang yang berada di dalam kabin (untuk mobil/truk) bahkan yang paling mutakhir Anda juga bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh hanya lewat ponsel.

Tentu dengan serangkaian kelebihan yang ditawarkan, GPS tracker dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang menginginkan proteksi lebih pada kendaraan. Tak hanya dapat digunakan oleh mobil, truk maupun bus saja, beberapa layanan GPS tracker juga dapat dipasang pada motor, ponsel dan objek yang lain.

GPS tracker menjadi salah satu perangkat canggih yang sangat direkomendasikan bagimu untuk meningkatkan proteksi pada kendaraan. Terlebih jika Anda adalah seorang pelaku usaha travel, ekspedisi ataupun jasa penyewaan kendaraan.

Kamu tak perlu khawatir jika alat GPS tracker tersebut dilepas oleh para pelaku pencurian. Alat ini biasanya dipasang pada komponen tersembunyi pada kendaraan yang tidak mudah terjangkau atau dilihat secara gamblang. Sehingga risiko alat tersebut dilepaskan oleh para pelaku kejahatan akan sangat kecil karena mereka tidak akan menyadarinya.

Sumber: Wahana Honda

Join Dream.co.id