Negara Kaya Minyak tapi Mobil BBM Tak Laku, Kok Bisa?

Automotive | Minggu, 6 Januari 2019 07:01
Negara Kaya Minyak tapi Mobil BBM Tak Laku, Kok Bisa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Negara manakah itu?

Dream – Mobil listrik menjadi tren dunia otomotif belakangan ini. Masyarakat di negara maju umumnya memilih kendaraan ini karena dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil berbahan bakar BBM atau BBG.

Dikutip dari Carbuzz, Sabtu 5 Januari 2019, mobil-mobil listrik ini menjadi favorit banyak negara, seperti Norwegia. Mobil listrik yang dijual di negeri ini adalah mobil listrik murni, bukan hybrid atau plug-in hybrid.

Padahal, Norwegia adalah negara yang kaya minyak.

Norwegia Road Federation (NRF) mengatakan penjualan mobil listrik pada 2018 sebesar 31,2 persen dari jumlah mobil yang dijual. Angkanya naik 20,3 persen pada 2013 yang sebesar 5,5 persen dari total penjualan mobil. Mobil listrik yang laris manis di Norwegia adalah Nissan Leaf, BMW i3, dan Tesla.

Bagaimana dengan mobil berbahan bakar BBM? NRF mencatat mobil bermesin diesel turun 28 persen, sedangkan bensin 17 persen.

“ Itu adalah langkah kecil untuk menuju ke target 2025,” kata Kepala NRF, Oeyvind Solberg Thorsen.

Parlemen Norwegia menginginkan tahun 2025, mobil baru di Norwegia bebas dari emisi. Pada 2018, ada 148 ribu unit mobil yang terjual di Norwegia, mayoritas merupakan mobil BBM. Namun, persentase penjualan mobil listrik di Norwegia naik 10,4 persen.

Lantas, mengapa mobil listrik lebih digemari, padahal negara itu merupakan salah satu produsen minyak dan gas bumi terbesar di Eropa Barat? Ada sejumlah alasan, contohnya ada insentif pajak bagi produsen mobil listrik dan masyarakat yang lebih peduli untuk ekonomi yang lebih hijau.

2 dari 3 halaman

Kebingungan Isi Bensin di SPBU, Ternyata Wanita Isi Bawa Mobil Listrik

Dream – Pastikan kamu mengenali jenis bahan bakar sebelum meminjam mobil ke teman atau saudara. Jangan sampai kamu mengisi bahan bakar jenis premium pada si empunya biasa mengisi pertamax. Bisa-bisa mesin mobil jadi rusak.

Apalagi jika kamu punya mobil listrik. Sudah pasti kamu pusing bukan kepalang saat sudah berada di pom bensin. 

Pengalaman kocak ini dialami seorang wanita yang mengendarai mobil listrik keluaran brand ternama Tesla. 

Dikutip Dream dari Carscoops, Senin, 24 Desember 2018, wanita yang tak disebutkan namanya ini mengisi Tesla Model S dengan Bahan Bakar Gas (BBG). Tentu saja pilihan wanita itu salah. Mobil Model S adalah mobil listrik. 

Dia berhenti di SPBU dan terlihat bersusah payah mengisi ulang mobil listrik dengan selang dari BBG. Perempuan itu keluar dari mobil dan berjalan ke SPBU untuk membayar bahan bakar yang dengan kartu kredit.

Untuk diketahui, di negara maju umumnya pengendara mobil mengisi sendiri bahan bakar kendaraannya.

Singkat kata, wanita itu sudah membawa selang berisi gas cap dan mencoba untuk mengisi gas melalui lubang pengisian listrik. Ternyata, selangnya tidak muat.

 Perempuan ini mengisi mobil listrik dengan gas.

 

3 dari 3 halaman

Bingung

Bingung, dia membuka bagasinya mobil dan meraih telepon untuk meminta bantuan.

Sebelum sempat menelepon, datang seorang pria. Dia memberi tahu wanita tersebut bahwa yang dilakukan itu salah.

Syukurlah, pria itu datang tepat waktu dan yang wanita tidak memencet selang. Kalau tidak, bisa terjadi kebakaran. 

Kamu bisa melihat videonya di sini.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id