PSBB Jakarta Mulai Hari Ini, Outlet dan Bengkel Resmi Daihatsu Tutup

Automotive | Jumat, 10 April 2020 10:30
PSBB Jakarta Mulai Hari Ini, Outlet dan Bengkel Resmi Daihatsu Tutup

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Produsen otomotif ini mengikuti aturan PSBB.

Dream – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang mulai berlaku hari ini, (Jumat, 10 April 2020) diikuti PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan menyetop sementara produksi kendaran.

PSBB di DKI Jakarta rencananya akan berlangsung selama dua pekan mulai 10-23 April 2020.

Dikutip dari keterangan Daihatsu, keputusan pembukaan kembali pabrik Daihatsu akan ditetapkan menyesuaikan kondisi di lapangan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama ekspor.

“ Upaya pemerintah melawan penyebaran wabah Covid-19 patut didukung semua pihak. Daihatsu berkomitmen bersama pemerintah memenangkan perang ini,” kata Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra, di Jakarta.

Amelia mengatakan keputusan ini dilakukan karena Daihatsu mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan serta stakeholders lainnya. Sesuai dengan kebijakan pemerintah. Perusahaan juga meminta kepada seluruh karyawan untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari resiko terinfeksi.

2 dari 6 halaman

Juga Tutup Sementara Bengkel dan Outlet Resmi di Jakarta

Selain menghentikan produksi pabrik Daihatsu, seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta juga diputuskan untuk tidak beroperasi sementara, mulai dari 10 April 2020 sampai 24 April 2020.

Daihatsu sangat mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat dalam peperangan melawan Covid-19 di Indonesia. Pemerintah sebagai otoritas tertinggi yang terus melakukan segala upaya untuk mencegah penyebaran pandemi dan seluruh dokter, perawat, mahasiswa, serta sukarelawan yang berperan aktif sebagai garda terdepan dalam merawat dan mengobati pasien Covid-19.

“ Kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat segera beraktivitas normal kembali,” kata Amelia

3 dari 6 halaman

Layani Servis Mobil di Rumah, Teknisi Daihatsu Pakai APD dan Hand Sanitizer

Dream – Imbauan dan beragam kebijakan tentang pencegahan penyebaran virus corona terus digalakkan masyarakat. Sebut saja “ jaga jarak”, “ jaga kontak fisik”, sampai bekerja dari rumah.

Agar masyarakat tetap bisa beraktivitas di rumah dan mengurangi kegiatan di luar, seperti pergi ke bengkel, PT Astra Daihatsu Motors (ADM) memberikan layanan servis kendaraan ke rumah (Home Service).

 

 Layani Servis Mobil di Rumah, Teknisi Daihatsu Pakai APD dan Hand Sanitizer© Dream

 

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Jumat 3 April 2020, layanan home service ini bernama Daihatsu Mobile Service. Marketing Director Daihatsu, Amelia Tjandra, mengatakan pelanggan bisa menghubungi Daihatsu Access pada nomor 1-500-898. Daihatsu akan membantu menjadwalkan kedatangan DMS ke rumah.

“ Sahabat dapat memanfaatkan layanan Daihatsu Mobile Service dengan menghubungi Daihatsu access di 1-500-898, atau bengkel resmi Daihatsu terdekat. Daihatsu melakukan segala usaha dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para pelanggan,” kata Amelia di Jakarta.

4 dari 6 halaman

Terapkan Protokol Keamanan

Produsen otomotif ini menerapkan protokol keamanan standar layanan DMS, seperti teknisi menggunakan alat pelindung diri dan menyediakan hand sanitizer. Teknisi ini juga diukur terlebih dahulu suhu badannya. Para montir juga dilengkapi dengan peralatan yng lengkap.

Layanan DMS meliputi perbaikan dan perawatan seperti ganti oli, ganti aki, tune up, dan perbaikan Bberkala. Layanan ini dapat Sahabat manfaatkan di seluruh jaringan bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia yang memiliki ketersediaan armada DMS.

“ Dengan DMS ini semoga kendaraan pelanggan tetap prima untuk dapat beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang ada”, kata dia. 

5 dari 6 halaman

Cegah Penularan Corona, Daihatsu Kurangi Shift Kerja Pegawai

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap menjalankan aktivitas produksi kendaraan meski harus membatasi operasional pabrik dengan hanya memberlakukan satu shift kerja.

“ Waktu produksi lebih singkat dari biasanya,” kata Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 2 April 2020.

Menurut Amelia kebijakan pengurangan jam operasional produksi merupakan tindak lanjut dari imbauan pemerintah untuk jaga kontak fisik (physical distancing). Dengan sistem kerja ini, Karyawan pabrik bisa tetap di rumah dengan jadwal bergantian

 

 Cegah Penularan Corona, Daihatsu Kurangi Shift Kerja Pegawai© Dream

 

Meski jadwal bekerja menjadi dua hari sekali, Amelia memastikan, para pegawai akan tetap menerima upah penuh.

“ Karyawan merupakan asset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic Covid-19,” kata Amelia.

6 dari 6 halaman

Jurus Cegah Penularan Corona

Amelia mengatakan Daihatsu telah melaksanakan beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Perusahaan ini membuat tempat mencuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau yang membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan.

“ Sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya,” kata dia.

Perusahaan jua mengubah fasilitas kesehatan. Karyawan bisa membeli vitamin secara bebas tanpa resep dokter. Tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli. Upaya ini untuk memberi rasa aman bagi karyawan.

Jika ada karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulan.

“ Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” kata dia. 

Join Dream.co.id