Tarif Tol Dalam Kota Naik Jadi Rp10 Ribu Mulai Bulan Depan

Automotive | Selasa, 28 Januari 2020 14:36
Tarif Tol Dalam Kota Naik Jadi Rp10 Ribu Mulai Bulan Depan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Cek daftar tarif tol dalam kota terbaru.

Dream - Tarif tol dalam kota direncanakan naik menjadi Rp10 ribu pada awal Februari 2020. Kenaikan tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1231/KPTS/M/2019.

“ Iya, bakal naik di awal Februari,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, kepada Liputan6.com, di Jakarta, dikutip pada Selasa 28 Januari 2020.

Saat ini, operator jalan tol dalam kota, yaitu PT Jasa Marga Tbk (Persero) dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk sedang melakukan sosialisasi.

“ Dalam waktu dekat, akan diberlakukan penyesuaian tarif ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 1231/KPTS/M2019,” seperti yang dicuit dari akun Twitter resmi Jasa Marga, yaitu @PTJASAMARGA.

Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP) lewat akun resminya di instagram @official.cmnp juga memberitahukan penyesuaian tarif tol dalam kota berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 1231/KPTS/M/2019.

Kenaikan tarif tol tersebut menyesuaikan dengan perhitungan inflasi di DKI Jakarta yaitu sebesar 6,86 persen. Dengan adanya kenaikan tersebut, tarif tol dalam kota berkisar antara Rp10 ribu-Rp17 ribu.

Berikut ini adalah rinciannya.

2 dari 6 halaman

1. Ruas Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit

-Golongan I dari Rp9 ribu menjadi Rp10 ribu.

-Golongan II dari Rp11 ribu menjadi Rp15 ribu.

-Golongan III dari Rp14.500 menjadi Rp15 ribu.

-Golongan IV dari Rp18 ribu menjadi Rp17 ribu.

-Golongan V dari Rp21.500 menjadi Rp17 ribu.

3 dari 6 halaman

2. Ruas Cawang-Tomang-Grogol-Pluit

-Golongan I dari Rp9.500 menjadi Rp10 ribu.

-Golongan II dari Rp11.500 menjadi Rp15 ribu.

-Golongan III dari Rp14.500 menjadi Rp15 ribu

-Golongan IV dari Rp19 ribu menjadi Rp17 ribu.

-Golongan V dari Rp23 ribu menjadi Rp17 ribu

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

4 dari 6 halaman

Tarif Tol Dalam Kota Kembali Berlaku Mulai Siang Ini

Dream – Pengelola jalan tol dalam kota Jakarta telah menghentikan masa akses gratis selama ibukota dikepung banjir. Terhitung mulai Jumat, 3 Januari 2020, jam 12 tadi, pengakses tol dalam kota berangsur akan kembali dikenakan biaya.

Sebelumnya, tarif tol ini gratis sebagai kompensasi banjir yang melanda Jabodetabek sejak Rabu 1 Januari 2020.

Tarif Tol Dalam Kota yan berlaku normal kembali adalah Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola PT Jasa Marga Tbk (Persero) dan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga yang diterima Dream, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, memastikan Tol Dalam Kota, baik jalannya maupun gerbang tol sudah beroperasi normal.

 

 Tarif Tol Dalam Kota Kembali Berlaku Mulai Siang Ini © Dream

 

“ Untuk mengantisipasi cuaca Jadetabek ke depan dan tidak terjadi genangan yang terdampak pada tidak berfungsinya tol dengan baik, kami telah menyiapkan pompa-pompa air, sand bag, dan mengecek saluran drainase agar berfungsi dengan baik, terutama di lokasi yang rawan genangan,” kata dia di Jakarta.

Direktur Citra Marga Nusaphala Persada, Djoko Sapto juga menambahkan, selama jalan tol Dalam Kota dibebaskan tarifnya, pihaknya menambah kapasitas pompa air di setiap area genangan air, peninggian tanggul kali cipinang di dekat terowongan Cawang di ruas Jalan Tol Dalam Kota, serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan normalisasi kali Cipinang dan pengerukan lumpur Sungai Cipinang.

Saat ini, Jalan Tol Dalam Kota telah beroperasi normal dan tidak ada genangan yang mengganggu operasional Jalan Tol Dalam Kota, sehingga bisa kembali dilintasi kendaraan seperti biasa.

“ Terhitung pukul 12.00 WIB hari ini, tarif di Jalan Tol Dalam Kota kembali diberlakukan secara normal. Telah dikoordinasikan juga kepada pihak BUJT Jalan Tol Dalam Kota untuk terus berupaya memiliki kesiapsiagaan terkait kondisi curah hujan tinggi,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

5 dari 6 halaman

Macet Parah di Tol Cikampek-Jakarta, Contraflow Diberlakukan!

Dream - Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow Tol Cikampek-Jakarta. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan yang terjadi akibat genangan di Tol Cikampek Km 24 arah Jakarta.

Dikutip dari Liputan6.com, kebijakan ini mulai berlaku dari Cikarang Barat Km 29 sampai Cibitung Km 23+800 arah Jakarta sejak pukul 08.15 WIB

" Contraflow ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di beberapa akses keluar Jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Cikarang dan Cibitung akibat genangan air yang menutup lajur 1 sampai lajur 4 di Km 24+000 arah Jakarta," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Kamis 2 Januari 2020.

 

 Macet Parah di Tol Cikampek-Jakarta, Contraflow Diberlakukan! © Dream

 

Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Jasa Marga juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Akibat kemacetan parah di Tol Cikampek arah Jakarta, para pengendara harus memarkirkan kendaraannya sejak sekitar pukul 04.00 WIB. Kondisi ini pun dirasakan para netizen. Mereka menumpahkan keluh kesahnya dalam akun twitternya.

6 dari 6 halaman

Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik per 3 Januari 2020

Dream – Selain Cikampek-Palimanan, ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif per 3 Januari 2020 pukul 06.00 adalah Surabaya-Mojokerto. Ruas tol ini meliputi empat wilayah, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto.

Penyesuaian ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1220/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga yang diterima Dream, Selasa 31 Desember 2019, penyesuaian tarif tol ini telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

 

 Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik per 3 Januari 2020 © Dream

 

Penyesuaian tarif ini sebesar Rp1.000-Rp2.000. Misalnya, tarif tol Driyoerjo ke Kriyan untuk golongan I naik dari Rp6.500 menjadi Rp7 ribu, Rp9.500 menjadi Rp11 ribu untuk golongan II, golongan IV naik dari Rp16 ribu jadi Rp17 ribu, dan golongan V dari Rp15 ribu jadi Rp17 ribu.

Ada juga yang tarifnya turun, seperti ruas Driyorejo-Kriyan golongan III dari Rp13 ribu menjadi Rp11 ribu

Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan pengaruh inflasi.

Berikut ini adalah rincian tarif tol Surabaya-Mojokerto per 3 Januari 2020.

 Tarif Tol Surabaya-Mojokerto. © Dream

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id