Ambisi Xpander Jadi MPV Pertama Ikut Rally Dunia Tertunda

Automotive | Rabu, 21 Agustus 2019 11:36
Ambisi Xpander Jadi MPV Pertama Ikut Rally Dunia Tertunda

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa yang membuat Xpander A4 batal unjuk gigi di Rally Selandia Baru?

Dream – Ambisi Mitsubishi Xpander mengukir sejarah sebagai mobil low multi purpose vehicle (LMPV) pertama yang mengikuti reli tingkat dunia sementara tertunda. Mengusung pembalap reli Indonesia, Rifat Sungkar, Mitsubishi Xpander AP4 batal unjuk gigi karena harus menjalani pengecekan ulang faktor keselamatan.

Namun berdera Xpander Rallly Team masih tetap berkibat di ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Moewai Park, Selandia Baru, yang berlangsung pada 17 Agustus 2019 lalu.

Rifat tampil dengan menaiki Mistubishi Lancer Evo keluaran tahun 1999 dan meraih peringkat 25 dari 63 peserta dari seluruh dunia. 

Mengutip laman Otosia, Selasa 20 Agustus 2019, Rifat menjelaskan Mitsubishi Xpander AP4 yang rencananya akan dipakai di ajang rally tersebut harus menjalani tahap pemeriksaan homoglasi safety oleh federasi otomotif di Selandia Baru.

 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan badan tersebut untuk melakukan homologasi tambahan, yaitu terkait body shell dan roll cage. Proses ini membutuhkan waktu lebih kurang enam pekan sebelum homologasi bisa dikeluarkan.

“ Masalah homologasi yang memakan waktu lebih lama, bisa kami terima dengan besar hati karena faktor yang diperhatikan adalah safety. Ini selalu menjadi yang utama bagi saya,” kata Rifat.

2 dari 5 halaman

Misi HUT RI

Meskipun gagal menunggangi Xpander AP4 di ajang tersebut, Rifat dan navigator M. Redwin tetap bisa menyelesaikan misinya mengibarkan bendera merah putih tepat pada 17 Agustus 2019 di Selandia Baru.

“ Saya dengan Xpander Rally Team memiliki misi utama untuk membela Indonesia di ajang reli internasional,” kata dia.

Menurut Rifat, timnya kala itu berusaha mencari berbagai cara agar mereka tetap dapat berlaga demi bisa mengibarkan merah putih di salah satu ajang reli paling besar di Selandia baru tersebut. 

3 dari 5 halaman

Sasis Adopsi Lancer Evo X, Mitsubishi Xpander Dibawa `Ngegas` di Trek Rally

Dream – Mitsubishi Xpander sering kali dipandang hanya sebagai mobil keluarga. Namun di tangan Rifat Sungkar, mobil small MPV akan menguji ketangguhannya di kejuaraan rally.

Rifat rencananya akan membawa Xpander AP4 ngegas di Kejuaraan NZRC Goldrush Rally of Coromandel.

Dikutip dari Otosia, Rabu 24 Juli 2019, distributor Mitsubishi Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan mobil balap reli ini yang akan dikemudikan Rifat Sungkar.

Tim balap reli bernama Xpander Rally Team (XRT) juga ikut diluncurkan dalam ajang tersebut.

Rifat melihat sasis yang digunakan Xpander, mengadopsi konstruksi Mitsubishi Lancer Evo X, menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Xpander memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

" Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli," kata dia.

4 dari 5 halaman

Pergeseran Tren

Xpander sendiri lebih sering dilihat sebagai mobil keluarga. Kelengkapan fiturnya bisa mengakomodasi kebutuhan konsumen keluarga dan kondisi jalan Indonesia. Tapi Rifat punya pandangan berbeda soal Xpander yang memiliki keseimbangan sasis sangat baik.

" Mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4," tambah Rifat.

Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat menerangkan jika AP4 adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

" Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan," paparnya.

5 dari 5 halaman

Kejayaan Rally Indonesia

Rifat sendiri memiliki misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia dengan menghadirkan generasi mobil terbaru yang menggunakan teknologi tercanggih. Selain itu, Xpander Rally Team diharapkan juga bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Mitsubishi Xpander bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

" Harapan saya dan MMKSI adalah agar Xpander AP4 tak hanya juara sebagai mobil keluarga atau operasional namun juga juara di setiap kompetisi yang diikuti dengan R&D yang sangat serius yang telah dilakukan beberapa waktu terakhir," tutup Rifat.

Selain terjun di NZRC Goldrush Rally of Coromandel, Moewai Park Whitianga, Selandia Baru, Xander AP4 akan ambil bagian di Kejurnas Sprint Rally, Meikarta Sprint Aspal, dan Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 sampai 5.

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id