Cara Mengatasi Suara Berisik Rantai Roda Sepeda Motor

Automotive | Rabu, 1 Juli 2020 10:48
Cara Mengatasi Suara Berisik Rantai Roda Sepeda Motor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sudah motor keren tapi suaranya bikin berisik. Siapa yang tak keki mendengarnya

Dream – Saat mengendarai sepeda motor, ketenangan dan kenyamaan jadi faktor yang penting banget bagi para biker. Apalagi, tunggangan yang digeber adalah motor keren.

Terkadang ada saja hal yang bisa mengganggu saat kamu menggeber mesin dengan kecepatan tinggi. Gangguan muncul terutama dari suara-suara berisik dari motor salah satunya rantai motor.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 1 Juli 2020, suara rantai motor yang berisik bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara. Ini juga mengurangi kenyaman dalam berkendara.

Penyebab rantai mengeluarkan suara brisik bisa saja karena rantai kering atau setelannya kendur. Jika rantai yang kering dibiarkan dalam waktu yang lama bisa merusak gir dan risiko paling berbahaya adalah putus rantai.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Suara Berisik Karena Rantai Motor

Agar tak mengalami kedua masalah tersebut, kamu harus memastikan rantai selalu bersih. Bersihkan rantai sepeda motor minimal 2 hari sekali. Kalau bisa, setiap hari diperhatikan supaya rantai motor kamu awet.

Jangan lupa selalu berikan pelumas terbaik agar rantai motor tidak kaku dan gampang putus. Jika rantai kendur, setting rantai dengan ketegangan rantai 2,5–3 cm.

Pastikan penggantian rantai menggunakan suku cadang yang asli. Jika menggunakan rantai after market, gunakan yang kualitas produknya terjamin.

3 dari 5 halaman

4 Penyebab Rantai Motor Mengendur, Hati-Hati Putus!

Dream – Rantai motor adalah komponen penting sebuah sepeda motor. Rantai ini bertujuan untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke bagian roda sehingga motor bisa bergerak dan melaju di jalan raya.

Kondisi rantai motor cepat atau lambat akan akan kendur seiring dengan pemakaiannya. Kondisi rantai motor ini tentu bisa mengganggu pengendara dalam berkendara.

 

 4 Penyebab Rantai Motor Mengendur, Hati-Hati Putus!© Dream

 

Biasnaya pengendara motor yang memiliki rantai kendur akan mendengar suara yang lebih berisik di bagian tersebut. Tenaga dari motor juga bisa berkurang akibat rantai motor kendur. Yang lebih parah, rantai kamu bisa jadi putus saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Lantas, apa penyebab rantai motor kendur? Mengutip laman Suzuki, berikut adalah beberapa pemicu rantai sepeda motor kamu menjadi kendur. 

4 dari 5 halaman

Dikutip dari Suzuki, Senin 8 Juni 2020, penyebab pertama rantai motor cepat kendur adalah medan jalan yang bergelombang dan kondisi jalan yang tidak rata dan rusak. Jalan yang bergelombang ini bisa berakibat pada swing arm yang terlalu sering bergerak dan rantai motor kita menjadi tersentak-sentak. Kondisi inilah yang bisa membuat rantai motor cepat kendur.

Kedua, kotoran di rantai membuatnya menjadi cepat kendur.

Air hujan yang bercampur lumpur yang menggenang di jalan saat dilewati terkadang menyemprot ke rantai motor. Air lumpur inilah yang membuat kotoran di rantai motor menjadi semakin banyak.

Kotoran pada rantai motor ini yang membuat grease atau biasa disebut dengan gemuk menghilang. Jika gemuk atau grease ini menghilang maka rantai motor akan jadi cepat panas dan secara lama kelamaan rantai motor akan mengendur saat keadaan dingin.

5 dari 5 halaman

Ketiga, kelebihan muatan

Kelebihan muatan ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kendur. Hal ini disebabkan oleh rantai motor kendur. Sebab, rantai tidak kuat untuk menarik beban yang terlalu berat sehingga jarak antar sambungan rantai menjadi goyah.

Beban motor yang melebihi kapasitas aslinya tentu saja membuat beban kerja dari rantai menjadi bertambah dua kali lipat, akibatnya jika rantai tidak kuat bisa-bisa rantai motor pun jadi putus.

Keempat, pengaturan rantai

Pengaturan arm kiri dan kanan berbeda tentu saja berakibat masalah lain menjadi muncul. Termasuk, rantai menjadi lebih mudah kendur akibat settingan rantai yang tidak sempurna. Untuk itu, selalu perhatikan pengaturan antara arm kiri dan kanan agar roda belakang menjadi center. 

Join Dream.co.id