Motor Sering Kejeblos Saat Pakai Standar Samping? Ini Solusinya

Automotive | Senin, 5 April 2021 06:45

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tak sedikit motor sering kejeblos saat diparkir dengan standar samping.

Dream – Sahabat Dream, apakah sepeda motor kamu pernah kejeblos saat diparkir menggunakan standar samping? Tenang permasalahan sepele namun membuat kita malu itu tidak hanya kamu yang mengalaminya. 

Biasanya masalah motor terselip ketika diparkir terjadi ketika permukaan lincin. Bisa juga masalah ini terjadi karena kealfaan seprti tak memastikan standar samping terpasang dengan benar. 

Biar kamu tak menghadapi kerepotan mengangkat body motor yang berat, dan pastiny terhindar dari rasa malu, mengutip Wahana Honda, Senin, 5 April 2021, ada beberapa tips untuk membuat sepeda motor tetap aman saat diparkir.

Pertama, mengganti shock breaker. Kamu bisa menggantinya dengan shock breaker yang lebih tinggi. Dengan begitu, standar samping akan menjadi lebih tegak.

Motor Sering Kejeblos Saat Pakai Standar Samping? Ini Solusinya
Motormu Sering Kejeblos Saat Diparkir Dengan Standar Samping? (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Ganti Ban

 3 Efek Buruk Gunakan Standar Samping, yang Terakhir Sering Kejadian!
© MEN

Kedua, mengganti ban. Dengan tujuan yang sama seperti tips pertama, kamu sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begini, risiko motor terjatuh ketika diparkir dengan standar samping pun bisa berkurang.

Ketiga, memasang kickstand shoe. Selain itu, pasanglah kickstand shoe sebagai alas tambahan. Pemasangan alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor secara lebih menyebar.

Oleh karena itu, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Soalnya, tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin kokoh untuk menopang berat motor.

3 dari 3 halaman

Tetap Pakai Standar Tengah

Meski ada ‘resep’ aman untuk memarkirkan motor dengan standar samping, ada baiknya untuk memakai standar tengah. Mengapa?

 Lebih Aman Mana, Standar Tengah atau Standar Samping?
© MEN

Standar tengah ini lebih aman daripada standar samping. Suspense bagian kiri semakin berat jika memarkir kendaraan dengan standar kiri. Dengan begitu, shock breaker akan cepat rusak. Belum lagi motor juga diduduki saat diparkir dengan standar samping.

Selain itu, kualitas ban akan turun jika keseringan menggunakan standar samping waktu motor diparkir. Soalnya, baik itu ban depan maupun ban belakang, akan condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Ban pun jadi cepat gundul.

Join Dream.co.id