Mobil Via Vallen Hangus Terbakar, Asuransi Ganti Baru atau Bayar Klaim?

Automotive | Rabu, 1 Juli 2020 16:36
Mobil Via Vallen Hangus Terbakar, Asuransi Ganti Baru atau Bayar Klaim?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apakah asuransi bisa memperbaiki atau mengganti mobil yang hangus terbakar?

Dream – Terbakarnya mobil Via Vallen membuat masyarakat harus berhati-hati saat memarkir kendaraan di luar rumah. Mobil mewah keluaran Toyota yang diparkir di samping rumah tersebut terbakar oleh seorang pria yang telah ditangkap polisi.

Dalam kasus lain, ada juga pemilik kendaraan yang mengalami kejadian mobil kesayangannya terbakar akibat kerusakan dalam sistem kelistrikan. 

Jika mobil hangus terbakar, apakah bisa diperbaiki dengan asuransi? Atau meminta ganto mobil baru?

Marketing Communication & Public Relations Head Asuransi Astra Buana (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto menegaskan mobil akan diganti dengan unit baru apabila mengalami kerusakan lebih dari 75 persen.

" Asuransi kan janjinya mengembalikan kondisi mobil seperti sesaat sebelum kejadian. Kalau bisa diperbaiki ya perbaiki, kalau perlu ganti ya harus ganti," katanya kepada Liputan6.com, dikutip dari Rabu 1 Juli 2020.

Iwan mengatakan penggantian unit kendaraan berupa dana yang sesuai dengan nilai jual kendaraan yang berlaku saat ini. Tujuannya untuk mempermudah pemilik kendaraan membeli kembali mobil yang diinginkan.

" Jika biaya perbaikan di atas 75 persen artinya total loss, maka akan diganti dalam bentuk dana. Bukan digantiin dalam bentuk mobil," kata dia.

2 dari 4 halaman

Pengecekan Kendaraan

Namun, pemilik kendaraan harus melengkapi syarat-syarat yang telah ditetapkan, salah satunya keterangan dari pihak kepolisian terkait kecelakaan yang terjadi.

" Pasti perlu surat dan laporan polisi, serta adanya pengecekan di tempat kejadian yang menyatakan penyebab kebakaran itu apa. Semuanya harus jelas," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

3 dari 4 halaman

Mobil Alphard Via Vallen Dibakar Orang Tak Dikenal

Dream - Via Vallen baru mengalami musibah. Mobil mewah Alphard yang diparkir di samping halaman rumahnya di Sidoarjo, Jawa Timur dibakar orang tak kenal. Kejadian tersebut berlangsung subuh tadi, Selasa, 30 Juni 2020. 

Diunggah ke insta stories akun Instagramnya, Via memperlihatkan momen saat si jago merah melalap mobil Alphard putih miliknya.

" Tolong pemadam kebakaran didaerah Sidiarjo toling cepet ke daerah Tanggulangin, tadi ditelepon tapi gak kesini-kesini. Itu ada kebakaran di samping rumah, kalau gak dipadamin takut ke sebelah rumah, tolong ya," kata Via Vallen.

 via© Instagram

Via terdengar semakin panik karena apinya terus membesar bahkan sempat terdengar ledakan dari dalam mobil.

" Pemadam ke bakaran tolong segera, ini tadi katanya ada yang bakar. Kamu bakal saya laporin ya," ujarnya lagi

 

4 dari 4 halaman

Pembakar Mobil Via Vallen

 val© Dream.co.id

Api yang melalap mobil Via akhirnya bisa dipadamkan. Mobil Via terlihat sudah hangus dan tak layak pakai lagi. Kendati begitu ia masih bersyukur rumahnya yang berada disamping mobil, masih selamat dan tidak terbakar.

" Ya Allah astagfirulloah alazim, wes selamaet ya allah rumah ku. Alhamdulillah nggak apa-apa, gak masuk rumah. Cuma kenal mobilnya," ungkap dia.

 val© Instagram

Kini kata Via tersangka yang membakar mobilnya sudsh ditangkap aparat kepolisian.

" Dan tersangka nya sudah di kantor polisi," imbuh Via.

Join Dream.co.id