Mobil Mogok di Jalan Tol, Lakukan 2 Hal Ini Saat Menunggu Derek Datang

Automotive | Senin, 11 November 2019 19:36
Mobil Mogok di Jalan Tol, Lakukan 2 Hal Ini Saat Menunggu Derek Datang

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Segera lakukan ini, Sahabat Dream.

Dream – Bagi pengendara motor, terlebih roda empat, mobil mogok di tengah jalan tentu tak menyenangkan. Apalagi, kalau datangnya tanpa aba-aba terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana tindakan pertama yang harus dilakukan kalau kendaraan mogok di jalan?

Dikutip dari NTMC Polri, Selasa 12 November 2019, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan pengemudi harus mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan. Kalau berada di jalan tol, pengemudi harus meminggirkan kendaraan, kemudian menghubungi nomor darurat tol tempat kamu berada untuk diderek.

" Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman di samping menyalakan hazard lamp," kata Sony.

Dia mengatakan hazard lamp dinyalakan dan segitiga pengaman diletakkan agar pengemudi lainnya lebih awas.

2 dari 6 halaman

Jangan Kelamaan Diparkir di Bahu Jalan

Terkait penggunaan bahu jalan, sebagaimana tertulis pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 Pasal 41 (2), berbunyi penggunaan bahu jalan digunakan bagi arus lalu lintas dalam keadaan darurat, diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

Bahu jalan tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan, tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan serta tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Sementara terkait aturan segitiga pengaman, tercantum pada Keputusan Menteri Perhubungan No.72 Tahun 1993, tentang Perlengkapan Kendaraan Bermotor, tepatnya di pasal 12.

3 dari 6 halaman

Kriteria Segitiga Pengaman

Segitia pengaman perlu dibawa agar bisa menjadi penanda bagi pengendara lainnya jika sewaktu-waktu kendaraanmu mogok di tengah jalan. Alat ini memiliki ketentuan-ketentuan berikut.

1. Berukuran sama sisi.

2. Terbuat dari bahan yang tidak berkarat dengan panjang sisi sekurang-kurangnya 40 cm.

3. Tepinya berwarna merah dan lebarnya tak kurang dari 0,50 meter dari bagian dalam berlubang.

4. Warna merah harus dapat memantulkan cahaya pada waktu terkena lampu.

5. Posisinya harus melintang jalan dengan sudut runcing menghadap ke atas dan warna merah menghadap arus lalu lintas. 

4 dari 6 halaman

Solusi Jika Mobil Matik Terpaksa `Diderek` Saat Mogok

Dream – Sahabat Dream yang memiliki mobil bertransmisi otomatis pasti pernah mendengar larangan tak menggunakan jasa derek saat kendaraan mogok di jalan.

Namun larangan tersebut tak sepenuhnya tepat. Mobil kamu sebetulnya masih bisa diderek asal memperhatikan sejumlah persyaratan ketat. 

Penggunaan mobil bertransmisi otomatis saat ini memang semakin berkembang. Terlebih di kota besar. Cukup menginjak gas dan rem, pengendara bisa melalui jalanan macet dengan lebih tenang.

 

 Solusi Jika Mobil Matik Terpaksa Diderek Saat Mogok

 

Tak ada lagi istilah kaki pegal karena harus menahan pedal kopling di kendaraan matic.

Mempunyai mobil matic di kota metropolitas memang menyenangkan. Tapi kamu harus bersiap saat kendaraan mogok di tengah perjalanan. 

Banyak masyarakat menyarankan untuk tidak menderek mobil matic saat mogok. Banyak orang berpendapat mobil yang diderek akan rusak, apalagi mobil matik.

Benarkah demikian?

5 dari 6 halaman

Tak Boleh Diderek Sembarangan

Kepala Bengkel Auto2000 Kebayoran Lama, Rocky Yonathan, menjelaskan mobil matic sejatinya harus menghindari diderek saat mogok karena akan merusak komponen transmisi.

Secara spesifik Rocky mengatakan mobil matic tak boleh diderek dengan kecepatan lebih dari 20 kilometer per jam.

" Akan merusak sistem mekanis matiknya," kata Rocky kepada Liputan6.com di Jakarta, dikutip Dream, Kamis 17 Oktober 2019.

Menurut dia, sistem mekanis untuk transmisi matik memang lebih kompleks daripada manual. Saat mobil matik diderek paksa, sistem transmisi akan rusak.

6 dari 6 halaman

Diderek dengan Cara Digendong

Alternatif sousinya adalah dengan menggendong mobil matik saat diderek. Usahakan ban mobil tidak menyentuh tanah.

Sebelum memesan mobil derek, pastikan dahulu kamu mengenal dua jenis mobil matik, yaitu penggerak depan dan belakang. Mobil berpenggerak belakang seperti Toyota Rush dan Fortuner bisa digendong.

“ Untuk penggerak depan seperti Toyota Yaris, Sienta, dan Alphard bisa digantung dan ban belakang menyentuh tanah,” kata dia.

Sementara itu, untuk mobil bertransmisi manual memang tidak ada masalah jika harus diderek. " Kalau manual tidak masalah, yang harus diperhatikan agar tidak salah prosedur ini mobil matik," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id